12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason Mount

Nomor punggung 7 dikenal amat keramat di Manchester United

Penggemar The Red Devils pasti sudah tidak asing lagi dengan nomor 7. Bagi kamu yang belum tahu, angka 7 di klub Manchester United merupakan nomor keramat. Nomor ini sendiri sudah banyak digunakan oleh para pemain top dunia.

Di antara mereka ada yang berhasil membawa prestasi gemilang bagi MU dengan nomor ini. Namun, sebagian lainnya malah gagal untuk tampil bagus bagi klub bermarkas di Old Trafford ini.

Usai ditinggalkan oleh Ronaldo pada November 2022 lalu, nomor punggung keramat ini bakal dipakai oleh penggawa baru Manchester United, Mason Mount, di musim 2023-2024 ini.

Sebelum Mount dan Ronaldo, ada beberapa pemain MU lainnya yang pernah menggunakan nomor punggung ini saat membela Setan Merah. Ini dia daftarnya!

1. Bryan Robson

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/bryanrobson

Sebelum nama-nama seperti Cantona hingga Ronaldo, nomor punggung 7 di Manchester United dipakai lebih dulu oleh Bryan Robson. Robson diketahui membela Setan Merah di musim 1981-1982 hingga 1994-1995 silam.

Selama kariernya di MU, Robson merupakan gelandang andalan dan menjadi sosok pemimpin tim yang disegani itu. Di bawah kepemimpinan Robson, MU meraih banyak trofi termasuk dua Liga Inggris, musim 1992-1993 dan 1993-1994.

Robson pun tampil bersama MU sebanyak 461 kali dengan mengemas sebanyak 99 gol.

2. Andrei Kanchelskis

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/andrei_kanchelskis

Pemain sayap andalan kubu Setan Merah di era awal 90-an, Andrei Kanchelskis, rupanya sempat menggunakan nomor punggung 7. Menariknya, Kanchelskis adalah bagian penting yang membantu MU mengamankan gelar pertama klub dalam 26 tahun.

Namun, Andrei Kanchelskis meninggalkan nomor 7 dan memilih menggunakan nomor punggung 14 saat Eric Cantona bergabung dengan MU.

3. Eric Cantona

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/ericcantona

Eric Cantona menjadi pemain MU berikutnya yang pernah menggunakan nomor punggung 7. Dia sendiri bergabung ke MU di tahun 1993 dan menikmati kesuksesan yang luar biasa selama empat tahun.

Bergabung dengan Setan Merah dari Leeds, Cantona hadir sebagai pemain yang arogan dan haus akan kemenangan. Penampilannya di pertandingan bahkan selalu membuat penonton tertarik padanya.

Selama berseragam MU, Cantona sudah tampil sebanyak 185 kali dan mengemas total 82 gol. Tak hanya itu, Cantona pun meraih empat gelar Liga Inggris dan dua Piala FA.

4. David Beckham

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/davidbeckham

Hampir semua orang di dunia pasti pernah mendengar David Beckham. Dalam perjalanan karier di dunia sepakbola, Beckham merupakan produk asli Manchester United. Tak hanya itu saja, ia bahkan dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah ada.

Pasalnya, Beckham memiliki magisnya tersendiri yang bisa diciptakan melalui umpan-umpan akurat serta tendangan bola matinya.

Di kubu Setan Merah, Beckham pernah menggunakan nomor punggung 7. Selama 10 musim berada di tim senior, Beckham tampil sebanyak 387 kali dengan mengemas 85 gol serta 98 assists.

Selama menjadi pemain MU, Beckham juga sempat merasakan kejayaan Setan Merah melalui perolehan berbagai trofi, termasuk juara enam kali Liga Inggris dan satu Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bergabung ke Tottenham Hotspur pada Musim Panas 2023

5. Cristiano Ronaldo

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/cristiano

Lelaki yang satu ini memang sudah identik dengan angka 7. Yups, dialah Cristiano Ronaldo atau yang kini sudah dikenal dengan si CR7.

Menariknya, nomor 7 yang hingga artikel ini ditulis masih dipakai sebenarnya diawali oleh Ronaldo saat bergabung dengan Manchester United. Kala itu, Ronaldo mewarisi nomor 7 yang sebelumnya dipakai oleh Beckham.

Di momen pertama gabung dengan MU, Ronaldo bisa dibilang sangat sukses. Ia berhasil berkembang menjadi pemain terbaik MU, bahkan pemain terbaik dunia. Saat gabung dengan MU untuk pertama kali, Ronaldo meraih tiga gelar Premier League, satu piala FA, dan Liga Champions.

Sayangnya, kesuksesan Ronaldo di masa lalu tak terulang saat dirinya bergabung dengan MU untuk kedua kalinya. Ia diketahui bergabung kembali dengan Setan Merah dari Juventus pada musim 2021-2022 lalu dengan durasi kontrak 2 tahun.

Masa baktinya di MU pun tak sampai habis. Pada November 2022 lalu, Ronaldo didepak oleh Setan Merah setelah dirinya muncul dalam wawancara fenomenal bersama Piers Morgan. Setelah kejadian itu, Ronaldo bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Nassr.

6. Antonio Valencia

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/teamvalencia25

Awalnya, Antonio Valencia menggunakan nomor 25 saat bergabung dengan Manchester United dari Wigan Athletic.

Namun, pada musim 2012-2013, pesepakbola asal Ekuador itu menggunakan nomor 7. Saat memakai nomor 7, Valencia mengalami tekanan dan tampil kurang bagus. Akhirnya, Valencia kembali menggunakan nomor 25.

Mengenakan nomor awalnya saat gabung dengan MU, Valencia bisa kembali tampil impresif di posisi sayap. Selama berseragam MU, Valencia sudah tampil sebanyak 339 kali.

7. Michael Owen

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/themichaelowen

Pemain berikutnya yang menggunakan nomor punggung ini adalah Michael Owen. Ia datang ke Manchester United secara mengejutkan pada tahun 2009 dari Newcastle sebagai free agent. Bagaimana tidak mengejutkan, pasalnya, Owen sendiri merupakan mantan pemain Liverpool.

Di MU, Owen hanya bertahan selama tiga musim hingga tahun 2012 silam. Kariernya di MU diketahui terganggu karena cedera.

Selama berseragam MU, Owen hanya bermain sebanyak 52 kali dalam tiga musim dan mampu mengemas 17 gol. Di tahun 2012, Owen memutuskan untuk hengkang dari MU dan pindah ke Stoke City.

8. Angel Di Maria

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/manchesterunited

Pesepakbola asal Argentina, Angel Di Maria, menjadi pemain berikutnya yang menggunakan nomor punggung 7 di Manchester United. Kala itu, MU merekrut Di Maria dari Real Madrid dan menjadikannya bagian dari skuad Louis van Gaal di 2014-2015.

Di musim pertamanya selama berseragam MU dengan nomor 7, Di Maria hanya mampu mengemas empat gol dan 12 assists bagi Setan Merah dari total 33 penampilannya.

Sayangnya karier Di Maria di MU tak bertahan lama. Di musim panas 2015, Di Maria pindah ke PSG dengan biaya 44,3 juta pounds.

9. Memphis Depay

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/memphisdepay

Setelah ditinggalkan Di Maria, nomor punggung 7 kembali memiliki tuannya di musim 2015-2016. Pemiliknya ialah pemain asal Belanda, Memphis Depay yang dibeli MU setelah tampil apik bersama PSV Eindhoven dan timnas Belanda di Piala Dunia 2014.

Sayangnya, Memphis tak mampu menampilkan performa terbaiknya. Dua tahun membela MU, Memphis hanya membuat tujuh gol dan enam assists dari 53 penampilan.

Baca Juga: 4 Pemain yang Bergabung ke Brighton pada Musim Panas 2023 Liga Inggris

10. Alexis Sanchez

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/manchesterunited

Setelah kepergian Memphis ke Lyon, nomor punggung 7 di MU sempat tidak bertuan. Namun, nomor tersebut kembali mempunyai pemilik di tahun 2018. Pemilik baru saat itu ialah pesepakbola asal Chile, Alexis Sanchez.

Kala itu, Sanchez diboyong oleh MU dari Arsenal. Video perkenalan yang menampilkan Sanchez bermain lagu 'Glory Glory Man United' dengan iringan piano juga menjadi viral dan masih membekas dalam ingatan para fans Setan Merah.

Sayangnya, karier Sanchez di MU tak seindah alunan piano yang dimainkannya dalam video perkenalan tersebut. Selama berseragam MU dengan nomor 7, Sanchez hanya mampu tampil sebanyak 45 kali dan mencetak 5 gol.

Pada musim 2019, Sanchez menjalani masa peminjaman di Inter hingga akhirnya dipermanenkan.

11. Edinson Cavani

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountInstagram.com/cavaniofficial21

Kepergian Sanchez ke Nerazzurri membuat nomor punggung 7 di kubu Setan Merah sempat kembali tak bertuan. Nomor itu baru kembali memiliki tuannya pada 2020. Saat itu, Edinson Cavani datang dari PSG dan mengenakan nomor punggung keramat tersebut.

Di musim perdananya, Cavani tampil cukup mengesankan. Ia berhasil mengemas sebanyak 17 gol dan enam assists dari total 39 penampilannya bagi klub yang bermarkas di Old Trafford itu.

Sayangnya, ia harus berganti nomor punggung ke nomor 21 usai kedatangan Ronaldo untuk kedua kalinya ke MU. Akhirnya, Cavani pergi ke Valencia pada 2022 lalu.

12. Mason Mount

12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason MountMason Mount (instagram.com/manchesterunited)

Setelah tak bertuan sejak kepergian Ronaldo pada November 2022, nomor punggung keramat itu kembali memiliki tuannya pada tahun 2023. Sang pemilik nomor punggung itu ialah Mason Mount, pemain yang dibeli MU dari Chelsea dengan mahar 60 juta pounds.

Setelah tiba di Old Trafford, pemain dengan posisi gelandang serang kelahiran tahun 1999 itu langsung diberi nomor punggung 7. Mount sendiri kabarnya dikontrak oleh Setan Merah hingga tahun 2028 mendatang dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Jadi, itu dia deretan pemain yang memakai nomor punggung 7 di MU. Semua pemain yang pernah menggunakan nomor punggung ini memiliki ceritanya tersendiri.

Lantas, mampukah Mount menorehkan prestasi yang baik bagi MU dengan nomor punggung keramat ini? Mari ditunggu saja aksinya di Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Incaran Manchester United pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

Juan Dwi Photo Community Writer Juan Dwi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya