5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? 

PSIS kirim pemain ke Timnas sejak tahun 2000

Semarang, IDN Times - Timnas Indonesia masuk 16 besar negara yang akan berjuang di Piala Asia 2023. PSIS Semarang sebagai klub sepak bola di Indonesia selalu turut terlibat dengan mengirimkan para pemain di ajang tersebut. 

1. I Komang Putra dan Agung Setyabudi di Piala Asia 2000 dan 2004

5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? Skuat PSIS Semarang di BRI Liga 1 2023/2024. (dok. PSIS)

Pada Piala Asia 2023 di Qatar kali ini, pemain PSIS yang masuk dalam daftar skuat Timnas Indonesia adalah Wahyu Prasetyo. Pemain belakang Laskar Mahesa Jenar ini akan membela Indonesia bersama 26 pemain lainnya.

Namun, tidak hanya Wahyu Prasetyo yang akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia. PSIS Semarang juga rutin mengirimkan para pemain andalannya di Piala Asia pada tahun-tahun sebelumnya.

Saat skuat Garuda lolos ke Piala Asia tahun 2000 di Lebanon, PSIS mengirimkan I Komang Putra menjadi salah satu penggawa yang memperkuat Timnas Indonesia.

Selanjutnya di tahun 2004, I Komang Putra kembali mewakili Laskar Mahesa Jenar membela Timnas Indonesia di Piala Asia. Tidak sendiri, bek sayap PSIS Semarang, Agung Setyabudi juga bergabung di ajang sepak bola kelas Asia yang digelar di China saat itu.

Baca Juga: Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal Sulawesi

2. Muhammad Ridwan dan Maman Abdurrahman di Piala Asia 2007

5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? Skuat PSIS Semarang mengikuti latihan perdana usai libur akhir tahun 2023. (dok. PSIS)

Kemudian di tahun 2007, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand. PSIS mengirimkan dua pemain bergabung dengan Timnas Indonesia, yakni Muhammad Ridwan dan Maman Abdurrahman.

Hal ini tentu menjadi sebuah catatan yang cukup bagus bagi PSIS karena setiap Timnas lolos ke Piala Asia sejak tahun 2000 selalu mengirimkan pemain.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengatakan, masuknya Wahyu Prast ke skuat Garuda pada Piala Asia 2023 ini menjadi sesuatu yang membanggakan.

"Sebuah kebanggaan bagi PSIS dimana setiap Timnas lolos ke Piala Asia sejak tahun 2000 kami selalu mengirim pemain. Semoga ini menjadi sejarah tersendiri dan semoga Wahyu Prast juga mendapat kesempatan tampil di Piala Asia serta belajar banyak di ajang internasional seperti itu," ungkapnya, Minggu (14/1/2024).

3. Wahyu Prasetyo akan berikan yang terbaik

5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? Facebook

Sementara itu, Wahyu Prast sendiri juga mengatakan bahwa ia ingin memberikan yang terbaik untuk Timnas di ajang Piala Asia.

"Saya pribadi bisa sampai sejauh ini di Timnas tentu cukup bangga. Namun, saya tetap harus belajar banyak di Piala Asia nanti dan semoga apabila mendapat kesempatan saya tentu akan memberikan yang terbaik untuk Timnas," tuturnya.

Sementara, Timnas Indonesia sendiri di Piala Asia Qatar 2023 akan bertanding di Grup D dan bertemu dengan Irak (15/1/2024), Vietnam (19/1/2024), dan Jepang (24/1/2024).

Baca Juga: Skuat PSIS Semarang Gelar Latihan Perdana di 2024, Pemain Asing Absen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya