Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola 

Bisa bangun branding bareng antara klub dan apparel

Intinya Sih...

  • Klub sepak bola Nusantara United FC berkolaborasi dengan PT. Mitra Kreasi Garmen untuk memproduksi jersey tim
  • Mills mendukung penuh kebutuhan tim dan memberikan potongan harga 30% untuk setiap item yang dibeli Nusantara United
  • PSIS Semarang memilih jersey buatan Riors yang nyaman dan didesain sesuai identitas klub, serta telah diekspor ke Eropa

Semarang, IDN Times - Belakangan ini bahasan mengenai jersey sepak bola Timnas Indonesia mencuri perhatian masyarakat. Seragam yang dikenakan oleh para pemain saat laga ini memang memiliki peran penting, tidak hanya sebagai kostum tetapi juga identitas sekaligus citra bagi negara atau klub sepak bola.

1. Nusantara United FC gandeng Mills

Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola Pemain Nusantara United FC mengenakan jersey buatan Mills di kompetisi Liga 2. (dok. Nusantara United FC)

Maka, setiap klub sepak bola memiliki cara sendiri dalam memilih kostum bagi skuat yang akan bertarung di lapangan. Selain kenyamanan, tentu desain menjadi sesuatu yang penting demi memompa semangat pemain yang bertanding.

Seperti klub sepak bola Liga 2, Nusantara United FC yang menggandeng PT. Mitra Kreasi Garmen. Perusahaan perlengkapan olahraga dari Indonesia dengan merek Mills itu sudah mendukung pembuatan jersey bagi tim Nusantara United.

Upaya itu dilakukan karena klub sepak bola dibawah naungan PT. Mataram Utama Perkasa itu belum ada wacana untuk memproduksi jersey dengan brand sendiri. Manajemen hingga saat ini masih fokus membangun brand awareness Nusantara United FC itu sendiri.

Senior Marketing Nusantara United, Arbimo Solehudin mengatakan, Nusantara United merupakan klub sepak bola yang baru berdiri dan mengikuti kompetisi Liga 2 Indonesia selama dua tahun terakhir.

‘’Tentunya kami perlu branding yang kuat untuk dapat dikenal oleh seluruh pecinta sepak bola Indonesia. Sehingga, dengan alasan itu kami menggandeng Mills sebagai merek yang sudah punya nilai jual,’’ ungkapnya saat dihubungi, Kamis (4/4/2024).

2. Ingin Nusantara United makin dikenal

Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola Pemain Nusantara United FC mengenakan jersey buatan Mills di kompetisi Liga 2. (dok. Nusantara United FC)

Melalui kolaborasi dengan Mills, klub sepak bola yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah ini bisa makin dikenal secara tidak langsung.

‘’Ya, harapannya dengan memakai jersey dari Mills, nama dan keberadaan klub kami bisa terangkat dan makin dikenal,’’ ujarnya.

Dalam kerja sama antara apparel dan klub sepak bola itu, ada hubungan mutualisme yang dibangun. Mills mendukung penuh semua kebutuhan tim, ofisial, pelatih dan manajemen selama menjalani kompetisi Liga 2. Kemudian, Mills juga memberikan potongan harga sebesar 30 persen dari setiap item yang dibeli Nusantara United.

‘’Semua itu diberikan sebagai keuntungan tersendiri untuk klub dalam menjual merchandise. Adapun, pengelolaan penjualan merchandise dilakukan oleh Nusantara United sendiri,’’ tutur Arbimo.

Baca Juga: Cerita Bos Regarsport Ditawari Kerja Sama Erspo Buat Jersey Timnas

3. Sama-sama saling berkontribusi

Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola Pemain Nusantara United FC mengenakan jersey buatan Mills di kompetisi Liga 2. (dok. Nusantara United FC)

Selanjutnya, Nusantara United juga memiliki kewajiban dalam kerjasama dengan Mills, yakni memberikan keuntungan seperti pemasangan A-Board di setiap pertandingan kandang. Kemudian, juga memasang logo Mills backdrop press conference, mixed zone interview, dan media sosial resmi @nusantarunitedfc.

‘’Terkait dengan konten kami berikan kepada seluruh sponsor agar sama-sama saling memberikan kontribusi yang baik sehingga kerja sama ini senantiasa terjalin dengan baik dan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak,’’ tandasnya.

4. Desain terinspirasi dari budaya Kota Semarang

Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola Pemain PSIS Semarang mengenakan jersey The Pryto buatan Riors dalam laga tandang melawan Barito Putera di BRI Liga 1 2023/2024. (dok. PSIS)

Selanjutnya, klub sepak bola Liga 1 PSIS Semarang memilih jersey buatan Riors untuk mendukung penampilan skuat Mahesa Jenar saat berlaga menghadapi lawan. Terakhir, klub sepak bola dari Ibu Kota Jawa Tengah ini bersama apparel jersey asal Tangerang itu meluncurkan jersey saat memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 2023/2024.

Jersey yang diberi nama "The Pryto" ini memiliki makna dan arti kebanggaan. Desain jersey pun terinspirasi dari nilai-nilai Kota Semarang yang memiliki keberagaman budaya, sejarah dan keindahan. Dari desain itu ada harapan agar para pemain dan pendukung setia selalu memiliki kebanggaan terhadap klub sepakbola asal Kota Semarang itu sampai kapan pun.

5. Kerja sama PSIS-Riors sudah berjalan 6 tahun

Bukan Sekadar Kostum, Jersey Jadi Citra dan Identitas Klub Sepak Bola Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas mengenakan jersey terbaru The Pryto untuk mengarungi BRI Liga 1 2023/2024. (dok. PSIS)

Menurut CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, alasan pihaknya masih menggandeng Riors untuk pembuatan jersey yang ketiga ini karena makin tahun makin baik.

"Sudah enam tahun kami bekerja sama dengan apparel lokal Riors. Pertimbangannya karena Riors sangat berkembang dan makin modern. Selain itu, kami juga bangga jersey PSIS yang diproduksi Riors sudah diekspor ke Eropa seperti Belanda dan Inggris,’’ katanya. 

Riors secara khusus selalu mendesain jersey PSIS sesuai identitas klub sepak bola itu berasal. Seperti ‘’The Pryto’’ menampilkan perpaduan motif grafis dari berbagai lokasi dan situs kebudayaan di Kota Semarang dengan warna dasar abu dan sentuhan manis perpaduan warna navy dan pink.

Selain desain, jersey ini juga mengutamakan kenyamanan karena menggunakkan fitur teknologi terbaik Riors, yaitu Dryknit yang merupakan hasil riset tim RnD RIORS dengan memiliki fitur UV Protection dan Anti Bacterial. Sehingga, membuat jersey tidak mudah lembab dan tetap nyaman saat dipakai dan tentunya dengan fitting slim-fit yang khususnya dibuat mengikuti body-mapping para pemain agar dapat beraksi maksimal saat di lapangan.

Baca Juga: Erspo Ganti Desain Jersey Timnas, Begini Nasib Pesanan di Regarsport 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya