Kiprah Edi Paryono, Pelatih Legendaris Pernah Bawa PSIS Semarang Juara

Edi Paryono tutup usia pada Senin (26/2/2024)

Semarang, IDN Times  - Kabar duka menyelimuti keluarga besar PSIS Semarang dan sepak bola Kota Semarang. Salah satu pelatih sepak bola terbaik asal Kota Semarang, Edy Paryono tutup usia pada Senin (26/2/2024) dini hari karena sakit.

1. Manajemen PSIS rasakan kehilangan

Kiprah Edi Paryono, Pelatih Legendaris Pernah Bawa PSIS Semarang JuaraCEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi menunjukkan aplikasi PSISFC+ yang diluncurkan, Sabtu (31/12/2023). (dok. PSIS)

Keluarga besar PSIS Semarang melalui Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi menyampaikan rasa kehilangan atas meninggalnya sosok pelatih yang memiliki jasa besar untuk Laskar Mahesa Jenar tersebut.

"Hari ini keluarga besar PSIS dan sepak bola Kota Semarang kehilangan sosok penting yang pernah mengantarkan PSIS juara. Selamat jalan coach Edy Paryono, semoga husnul khotimah dan diterima di sisi Allah SWT," tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (26/2/2024).

Almarhum Edy Paryono sendiri akan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Watu Belah, Mijen, Semarang.

Baca Juga: Innalillahi! Mantan Pelatih PSIS Semarang, Edy Paryono Meninggal Dunia

2. Tiga periode asuh skuat PSIS

Kiprah Edi Paryono, Pelatih Legendaris Pernah Bawa PSIS Semarang JuaraPertandingan PSIS Semarang melawan Arema FC pada laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion I Wayan Dipta Bali, Senin (5/2/2024). (dok. PSIS)

Sementara, melihat kiprah Edy Paryono sebagai pelatih sepak bola tentu tidak perlu diragukan lagi. Lelaki kelahiran 14 Juli 1954 ini merupakan pelatih yang pernah mengantarkan PSIS Semarang menjuarai Liga Indonesia pada tahun 1999.

Sebagai pelatih PSIS, Edy mengasuh skuat Mahesa Jenar pada beberapa periode, pertama 1995-2001, kemudian kedua pada 2007-2008, dan terakhir pada 2011-2013.

Selain melatih PSIS Semarang, Edy juga pernah menjadi pelatih di sejumlah klub sepak bola di Indonesia seperti Persik Kediri, PSIM Yogyakarta, Persipur Purwodadi, hingga Semarang United.

3. Pernah jadi asisten pelatih Timnas Indonesia

Kiprah Edi Paryono, Pelatih Legendaris Pernah Bawa PSIS Semarang JuaraPSIS Semarang dalam laga menghadapi Dewa United pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/psisfcofficial)

Atas kepiawaian dan loyalitasnya pada pelatihan olahraga sepak bola, Edy Paryono juga pernah mendapat tugas dari PSSI untuk menjadi asisten Timnas Indonesia.

Ia pernah menjadi asisten pelatih Peter Withe saat menghadapi ajang Piala Tiger 2006, hingga Ivan Kolev ketika skuad Garuda terjun di Piala Asia 2007.

Adapun sebelum jatuh sakit, Edy sempat menjadi pelatih Liga 3 Jawa Tengah, yaitu Persab Brebes dan Persitema Temanggung.

Sebelum meninggal dunia hari ini, Edy sempat dirawat di RSUD Tugurejo Semarang. Selamat jalan coach Edy Paryono, semoga husnul khotimah.

Baca Juga: PSIS Semarang Boyong 21 Pemain Hadapi Persib Bandung

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya