Penyebab Kerusuhan Suporter saat Laga PSIS Semarang Vs Persib Bandung

Polisi tangkap suporter yang jadi provokator

Semarang, IDN Times - Pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persib Bandung diwarnai kerusuhan antarsuporter di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (21/8/2023) malam. Kerusuhan itu terjadi ditenggarai karena dua kartu merah untuk Mahesa Jenar dan dua gol Maung Bandung lewat penalti. 

1. Pendukung Persib rayakan gol secara berlebihan

Penyebab Kerusuhan Suporter saat Laga PSIS Semarang Vs Persib BandungPertandingan PSIS Semarang melawan Persib Bandung di laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (20/8/2023). (dok. PSIS Semarang)

Kericuhan pertama terjadi saat Persib Bandung mencetak gol lewat Marc Klok pada menit ke-24. Suporter PSIS kesal karena pendukung Persib terlalu berlebihan merayakan kemenangan sementara tim kesayangannya.

Kejadian itu kemudian memicu suporter Persib yang memadati tribun timur sisi utara lantai dasar melempar botol ke pendukung PSIS yang berada di lantai atas dan sisi kanan kiri tribun. Mereka saling lempar botol.

Setelah itu, kerusuhan sempat mereda setelah Mahesa Jenar berhasil menyamakan skor lewat gol Gali Freitas pada menit ke-57. Namun, kerusuhan kembali terjadi saat Maung Bandung kembali mendapat hadiah penalti dari wasit di menit-menit akhir jelang pertandingan selesai.

Baca Juga: Hujan Kartu Merah untuk PSIS Semarang VS Persib Bandung, Ini Kata Gilbert Agius

2. Suporter kembali ricuh di akhir babak kedua

Penyebab Kerusuhan Suporter saat Laga PSIS Semarang Vs Persib BandungPertandingan PSIS Semarang melawan Persib Bandung di laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (20/8/2023). (dok. PSIS Semarang)

Gol yang dicetak Marc Klok lewat penalti pada menit ke-92 itu kembali membuat suasana ricuh antar suporter di tribun barat sisi selatan usai laga. Ditambah, dua pemain PSIS, yakni Luthfi Kamal dan Adi Satryo mendapat kartu merah sehingga sampai akhir pertandingan Mahesa Jenar bermain dengan 9 pemain.

Sejumlah suporter Persib menjadi sasaran amuk pendukung PSIS, bahkan ada yang terpelanting hingga terjatuh dari tribun. Atas kejadian itu, belasan suporter Persib mengalami luka-luka dan mendapatkan perawatan medis.

Pihak keamanan dan korlap dari suporter PSIS membantu mengevakuasi pendukung Persib Bandung keluar stadion. Sejumlah orang pun ditangkap oleh panitia pelaksana lantaran diduga menjadi provokator kerusuhan.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius mengaku, pertandingan kali ini sangat sulit tapi ia bangga timnya sudah bekerja keras.

3. Pelatih PSIS akui pertandingan sangat sulit

Penyebab Kerusuhan Suporter saat Laga PSIS Semarang Vs Persib BandungPelatih kepala PSIS Semarang, Gilbert Agius bersama pemain PSIS, Wahyu Prasetyo dalam jumpa pers sebelum laga lawan Persita Tangerang (dok. PSIS)

“Sangat sulit untuk berbicara soal pertandingan. Tapi saya bangga kepada pemain karena mereka mencoba bermain dengan sepenuh hati meski hasil tidak bagus. Ada beberapa insiden kami kena penalti yang membuat kami kalah,” ungkapnya saat jumpa pers usai laga, Minggu (21/8/2023).

Sementara menanggapi kejadian itu CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi tidak mau bicara terkait keputusan wasit yang memberikan dua kartu merah kepada PSIS dan dua hukuman penalti.

Ia menilai para pemain PSIS telah berjuang dengan baik dan memang ada catatan dari laga semalam.

"Terkait keputusan wasit tidak komentar karena sudah ada penilai wasit. Justru kami mengapresiasi para pemain PSIS yang tetap bermain baik walaupun dua pemain kartu merah dan memiliki daya juang yang tinggi di lapangan," tuturnya, Senin (21/8/2023).

4. Manajemen PSIS akan evaluasi pemain

Penyebab Kerusuhan Suporter saat Laga PSIS Semarang Vs Persib BandungPertandingan PSIS Semarang melawan Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat (28/7/2023). (dok. PSIS)

Selanjutnya, manajemen PSIS akan melakukan evaluasi pada para pemain agar laga ke depan lebih baik lagi.

"Dan kami juga akan melakukan evaluasi terkait emosi para pemain di laga malam hari ini. Harusnya pemain lebih sabar dan ke depan akan kami tekankan untuk bisa menahan emosi. Setelah ini kami fokus untuk laga berikutnya melawan Persik dan semoga apa hasil evaluasi kami berbuah positif," tandasnya.

Baca Juga: PSIS Semarang Kalah Lawan Persib Bandung Skor Akhir 1-2

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya