PSIS Semarang Raih Lisensi AFC, Bisa Berlaga di Level Asia

Siap mengarungi kompetisi Liga 1 2024/2025

Intinya Sih...

  • PSIS Semarang berhasil meraih lisensi AFC untuk berkompetisi di level Asia, Liga 1 dan Liga 2.
  • Klub ini memenuhi syarat di tingkat AFC Challenge League dan kompetisi Liga 1 untuk pertama kalinya.
  • Aspek penilaian lisensi klub meliputi sporting criteria, infrastructure criteria, personnel and administrative criteria, legal criteria, dan financial criteria.

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang berhasil meraih lisensi Asian Football Confederation (AFC). Dengan demikian, klub sepak bola asal Kota Semarang ini bisa berkompetisi di level Asia, Liga 1 dan Liga 2. 

1. Lolos untuk pertama kali

PSIS Semarang Raih Lisensi AFC, Bisa Berlaga di Level AsiaPertandingan PSIS Semarang melawan PSM Makassar di BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa (16/4/2024). (dok. PSIS)

Kabar tersebut disampaikan oleh Club Licensing Committee PSSI Semarang, Kamis (16/5/2024). Laskar Mahesa Jenar dinyatakan lolos dan memenuhi syarat di tingkat AFC Challenge League dan kompetisi Liga 1 untuk yang pertama kali.

Adapun, aspek penilaian dalam club licensing tersebut, yakni sporting criteria, infrastructure criteria, personnel and administrative criteria, legal criteria, dan financial criteria.

Baca Juga: 4 Klub Sepak Bola Siap Duel di Laga Internasional, PSIS Semarang Hadir

2. PSIS memenuhi kriteria dan persyaratan AFC

PSIS Semarang Raih Lisensi AFC, Bisa Berlaga di Level AsiaPertandingan PSIS Semarang melawan Persikabo 1973 di laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (26/4/2024). (dok. PSIS)

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengatakan, hasil yang didapat merupakan kerja keras elemen tim selama ini untuk terus mengelola klub secara profesional.

"Alhamdulillah setelah sekian lama, PSIS semalam dinyatakan memenuhi syarat dan masuk sebagai klub yang memenuhi kriteria untuk tingkat AFC Challenge League dan Liga 1. Ini artinya PSIS dinyatakan sebagai klub profesional dan memenuhi syarat-syarat yang ada," ungkapnya di Semarang, Kamis (16/5/2024).

Yoyok mengapresiasi seluruh jajaran manajemen PSIS yang terlibat, terlebih untuk team licensing PSIS serta personel lainnya mulai dari personel administrasi, legal, dan finance.

3. Daftar klub sepak bola yang lolos lisensi AFC

PSIS Semarang Raih Lisensi AFC, Bisa Berlaga di Level AsiaPSIS Semarang dalam laga menghadapi Persija Jakarta pada pekan ke-34 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/psisfcofficial)

Sementara, hasil club licensing 2023/2024 secara lengkap sebagai berikut:

Regulasi AFC Champions League 2 :

- Granted : Bali United FC, Borneo FC Samarinda dan Persik Kediri

- Granted with Sanction : Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Persija Jakarta

Regulasi AFC Challenge League :

- Granted : Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri dan Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 1 :

- Granted : Bali United FC, Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang dan Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 2 :

- Granted with Sanction : Deltras FC

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar PSIS Semarang Sepanjang Gelaran Liga 1 2023/2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya