Profil Owen Beck, Bek Kiri Berbakat Liverpool The Next Andy Robertson

Bakatnya cukup menjanjikan

Liverpool memanggil kembali Owen Beck dari masa peminjamannya di Dundee United pada Januari 2024. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, membutuhkan tenaganya untuk memperkuat sisi kiri pertahanan untuk paruh kedua 2023/2024. Pasalnya, dua bek kiri utama Liverpool, Andy Robertson dan Kostas Tsimikas, harus absen karena mengalami cedera.

Owen Beck sendiri disebut-sebut sebagai salah satu lulusan akademi Liverpool yang memiliki prospek cerah. Ia bahkan disandingkan dengan Andy Robertson karena memiliki keterampilan dalam membangun serangan dan tangguh dalam bertahan. Sebagian media Inggris menyebutnya sebagai The Next Robertson.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Owen Beck? Setidaknya ada tiga hal unik mengenai bek kiri asal Wales itu. 

Baca Juga: 6 Pemain Baru Nottingham Forest 2023, Ada Wonderkid Chelsea!

1. Mengawali kariernya sebagai seorang striker

Profil Owen Beck, Bek Kiri Berbakat Liverpool The Next Andy RobertsonOwen Beck (liverpoolfc.com)

Owen Beck lahir di Wrexham pada 9 Agustus 2022. Ia memulai perjalanannya sebagai pesepak bola saat bergabung dengan klub lokal, Flint Town United, sebagai seorang striker. Beck bahkan pernah memenangkan penghargaan Flintshire Footballer of the Year, yang diinisiasi oleh legenda Liverpool dan Wales, Ian Rush. 

Ia kemudian masuk ke akademi Tranmere Rovers sebelum pindah menuju Stoke City. Di sanalah Beck mulai mengganti posisinya menjadi bek kiri. Bakat Beck lalu menarik perhatian sejumlah klub termasuk Liverpool. Ia akhirnya bergabung dengan akademi Liverpool sebagai pemain U-13.

Beck menembus tim U-18 pada 2019/2020. Ia juga menjadi bagian dari tim The Reds yang berlaga dalam UEFA Youth League. Beck menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Liverpool pada Juni 2020 dan memperpanjangnya pada Juli 2021. Ia melakoni debutnya di tim utama Liverpool saat melawan Preston North End dalam laga Piala Liga pada Oktober 2021.

2. Menjadi andalan di Timnas Wales U-21 sampai dipanggil ke skuad senior

Profil Owen Beck, Bek Kiri Berbakat Liverpool The Next Andy RobertsonOwen Beck (liverpoolfc.com)

Owen Beck sudah membela Timnas Wales dari level U-15. Ia bermain dalam laga persahabatan melawan Belgia U-15 pada April 2017. Baru sekali tampil, Beck langsung naik ke level U-17.

Ia menjalani debutnya saat pertandingan uji coba melawan Kazakhstan U-17 pada 13 Oktober 2018. Uniknya, Beck bermain sebagai bek kanan selama 72 menit. Baru bermain dalam satu laga bersama Wales U-17, Beck mendapat panggilan untuk memperkuat tim U-21. Beck menjadi andalan manajer Wales U-21, Paul Bodin, sebagai bek kiri dalam 14 pertandingan. Ia menorehkan satu gol saat Wales mengalahkan Gibraltar U-21 dengan skor 7-0.

Ditengah-tengah sesi latihan bersama tim U-21, Beck mendapat kabar bahwa manajer tim senior Wales, Rob Page, memanggilnya untuk bertanding melawan Gibraltar dalam laga Kualifikasi Euro 2024. Sayangnya, Beck tidak dimainkan dalam laga tersebut. Meski begitu, Beck mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang karena bisa mewujudkan mimpinya memperkuat Timnas Wales.

3. Liverpool memulangkannya dari masa peminjaman sebanyak tiga kali

Profil Owen Beck, Bek Kiri Berbakat Liverpool The Next Andy RobertsonOwen Beck (dundeefc.co.uk)

Beck memiliki perjalanan karier yang cukup unik. Ia mencatat 54 penampilan dengan torehan 2 gol dan 11 assist di semua kompetisi bersama Liverpool U-21. The Reds kemudian meminjamkan Beck ke klub asal Portugal, Famalicao, pada 11 Juli 2022. Akan tetapi, baru sebulan di Famalicao, Liverpool memanggilnya kembali pada 30 Agustus 2022. Alasannya, sang pemain tidak mendapat kesempatan bermain di tim utama.

Manajemen The Reds memutuskan meminjamkan Beck ke klub dari League One atau divisi tiga liga Inggris, Bolton Wanderers. Namun, belum sampai setahun, Liverpool lagi-lagi memulangkannya pada 26 Januari 2023. Pasalnya, Beck kesulitan mengembangkan bakatnya setelah hanya tampil dalam 9 pertandingan pada 2022/2023. Liverpool belum menyerah dalam meminjamkan Beck ke klub lain.

The Reds kali ini mencapai kesepakatan dengan klub asal Skotlandia, Dundee United, terkait peminjaman Beck selama setahun pada Juli 2023. Bek kiri asal Wales itu sukses bermain secara reguler dengan mencatat 20 penampilan dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi bersama Dundee United. Namun, krisis bek kiri melanda Liverpool setelah Andy Robertson dan Kostas Tsimikas cedera. Jurgen Klopp memutuskan memulangkan Beck dari masa peminjamannya di Dundee United pada Januari 2024.

Potensi Beck untuk menjadi bek kiri top cukup besar. Ia memiliki kecepatan dan kengototoan dalam adu fisik serta visi dalam memberikan umpan-umpan akurat. Beck mendapat kesempatan untuk membuktikan kepada Klopp soal kualitas dirinya. Akankah ia mampu merebut posisi bek kiri utama dari Robertson dan Tsimikas? Patut dinanti.

Baca Juga: 10 Fakta Rico Lewis, Wonderkid Manchester City yang 'Mendepak' Cancelo

Audi Rahmantio Photo Community Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya