Piala AFF U-16, Nova Sebut Pemain Indonesia Punya Mental Luar Biasa

10 pemain Indonesia mampu imbangi Australia

Surakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Australia pada semifinal Piala AFF U-16 yang dilangsungkan di Stadion Manahan, Senin (1/7/2024). Pada laga tersebut Indonesia kalah dengan skor 3-5, dua gol Muhammad Zahaby Gholy di menit 4, 47 dan gol Josh Holong Junior di menit 93 tak mampu membawa Indonesia meraih kemenangan. Sementara gol Australia dicetak oleh Amlani Tatu menit 24 dan 66, gol Quin Macnicol Menit 46, kemudian Antoni Stipe Didulica di menit 71 dan menit 86.

Baca Juga: Erick Thohir Nonton Semifinal Piala AFF U-16 Indonesia Vs Australia

1. Gholiy cetak dua gol

Piala AFF U-16, Nova Sebut Pemain Indonesia Punya Mental Luar BiasaSemifinal Piala AFF U-16, Indinesia vs Australia di Stadion Manahan, Senin (1/7/2024). (IDN Times/Larasati Rey)

Pada babak pertama Indonesia bermain dan Australia bermain imbang 2-2, Indonesia unggul lebih dulu melalui gol Muhammad Zahaby Gholy. Menerima umpan lambung dari sisi kiri sundulan penyerang bernomor punggung 7 ini tak mampu dihalau oleh Jal Ajanovic. Australia mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Amlani Tatu di menit ke 24. Di menit 30 Indonesia terpaksa harus bermain dengan 10 pemain setelah Raihan Apriansyah mendapat kartu kuning kedua. Kalah jumlah pemain Indonesia sempat tertinggal melalui gol Quin Macninol di waktu tambahan yakni menit 46, jelang akhir babak pertama sepakan Gholiy dari luar kotak penalti menyamakan kedudukan 2-2.

Di babak kedua Australia kembali menekan, hasilnya di menit ke 66 Amlani Tatu kembali menggetarkan gawang Nur Ichsan, memanfaatkan kesalahan sundulan bola pemain belakang Indonesia, Amlani melakukan sepakan terarah ke pojok kiri gawang Indonesia skor 3-2. Australia kembali menambah pundi-pundi gol dari pemain pengganti Antoni Stipe Didulica, di pertandingan ini Antoni mencetak brace masing-masing di menit 71 dan 86, jelang akhir laga Indonesia mampu memperkecil kedudukan melalui sundulan striker Josh Holong Junior di menit 93.     

2. Nova Arianto bangga dengan mentalitas Timnas U-16

Piala AFF U-16, Nova Sebut Pemain Indonesia Punya Mental Luar BiasaSemifinal Piala AFF U-16, Indonesia vs Australia di Stadion Manahan, Senin (1/7/2024). (IDN Times/Larasati Rey)

Meski kalah dari Australia pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto mengaku bangga dengan perjuangan para pemainnya di lapangan. Meski bermain dengan sepuluh pemain, Timnas Indonesia U-16 mampu mengimbangi permainan Australia. Nova mengucapkan pujian kepada para pemainnya, "Saya terima kasih kepada pemain saya yang berjuang secara maksimal bermain dan 10 orang bisa meladeni Australia dan kami bisa mencetak gol, Daya juang pemain saya, secara mental sangat luar biasa, pelajaran yang berharga," kata Nova usai pertandingan semifinal Indonesia melawan Australia di Solo, Jawa Tengah, Senin malam.

Diakuinya kartu merah di babak pertama mengubah jalannya pertandingan. "Kartu merah itu membuat jalannya pertandingan sedikit berbeda, itu membuat kami kesulitan untuk keluar dari pressing lawan," katanya. Meski begitu menurutnya ini menjadi pelajaran bagi timnya untuk menghindari blunder atau kesalahan yang tidak perlu yang berujung gol maupun pelanggaran.

Pada laga semifinal ini Nova Arianto memasang formasi 4-3-3. Susunan pemain Indonesia Penjaga Gawang Muhammad Nur Ichsan, bek I Putu Panji Apriawan, Mathew Ryan Baker, Fabio Azkairawan, Raihan Priamsyah Sudrajat, di lini tengah Evandra Florasta, Nazriel Alfaro Syahdan di lini depan Nova Arianto menurunkan tiga penyerang yakni Muhammad Zahaby Gholy, Muhammad Mierza Firjatullah dan Fadly Alberto Hengga.

Sementara pelatih Australia Bradley John Maloney menurunkan formasi 3-5-2, susunan pemain yakni penjaga gawang Jai Ajanovic, bek yakni Jayden Peter Necovski, Christian David Pullella di posisi gelandang Malual Kuir Malual, Alexander Jesse Bolton, Nickolas Gustavo Alvaro, Jay Noah Maltz, Quinn Macninol di posisi penyerang Jordan Graoroski dan Amlani Tatu.

 

3. Indonesia bakal berhadapan dengan Vietnam untuk perbutan tempat ketiga

Piala AFF U-16, Nova Sebut Pemain Indonesia Punya Mental Luar BiasaGaleri

Laga semifinal dipimpin wasit Koji Tanaka asal Jepang, asisten wasit Faisal Nasser Alqahtani dari Arab Saudi. Pada laga semifinal Piala AFF U-16 juga menggunakan VAR.  Laga semifinal antara Indonesia U-16 vs Australia U-16 juga dihadiri Ketum PSSI Erick Thohir, Erick dengan sejumlah pengurus PSSI di duduk di bangku VIP Stadion Manahan. Tak hanya Erick Thohir, di bangku VIP terlihat juga Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Ketua Asprov PSSI Jateng Yoyok Sukawi.

Dengan hasil ini Australia dipastikan bakal berhadapan dengan Thailand U-16 di partai final, Thailand sebelumnnya telah memastikan satu tempat di final setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor akhir 2-1. Gol Vietnam dicetak oleh Dau Hong Phong. Sementara gol Thailand dicetak oleh Phuriphan Phothong dan Chaiwat Ngernma. Sementara itu Indonesia bakal berhadapan dengan Vietnam di laga perebutan posisi ketiga Piala AFF U-16 2024. 

Baca Juga: Babak Pertama Semifinal AFF U-16 Indonesia vs Australia Imbang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya