FIFA Inspeksi Stadion di Solo, 2 Lapangan Disiapkan Piala Dunia U-17

Akan lakukan koordinasi dengan kabupaten lain.

Surakarta, IDN Times - FIFA mensidak sejumlah stadion dan lapangan yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (1/8/2023). Inspeksi dilakukan untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023 yang akan dihelat di Indonesia.

1. Tim inspeksi FIFA

FIFA Inspeksi Stadion di Solo, 2 Lapangan Disiapkan Piala Dunia U-17FIFA lakukan inspeksi stadion di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Tim inspeksi yang datang di antaranya dari FIFA, PSSI, Kementrian PUPR, dan Kementrian Pemuda dan Olahraga. Tiba di Kota Solo, FIFA dan tim mengecek Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Sriwaru, Lapangan Banyuanyar, Stadion UNS, dan Lapangan Blulukan.

Stadion dan lapangan tersebut nantinya akan menjadi lokasi stadion utama penyelenggaran pertandingan dan stadion pendamping sebagai latihan.

Baca Juga: Sah! Stadion Manahan Solo Lokasi Final dan Semifinal Piala Dunia U-17

2. Ada dua lapangan tambahan

FIFA Inspeksi Stadion di Solo, 2 Lapangan Disiapkan Piala Dunia U-17Stadion UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuning Raka mengatakan dalam pengecekan tersebut, FIFA juga melakukan pengecekan lapangan tambahan yakni di Stadion UNS dan Lapangan Blulukan di Colomadu, Karanganyar.

Sedangkan sisanya merupakan lapangan yang sudah dipersiapkan sejak rencana Piala Dunja U-20 lalu. Sementara untuk lapangan Kampung Sewu yang sempat diusulkan, tidak diinspeksi oleh FIFA lantaran dinilai kurang memadai oleh Gibran.

"Tambahan lapangan dua saja. Tapi belum pasti juga yang dua itu," kata Gibran usai mendampingi tim FIFA di Stadion Sriwedari Solo, Selasa (1/8/2023).

Gibran mengatakan adanya penambahan dua lapangan latihan tersebut seiring dengan jumlah tim yang akan bertanding di Kota Solo.

"Dua saja cukup. Nunggu kepastian, yang penting kami siapkan dulu," ucapnya.

Piala Dunia U-17 bakal berlangsung pada 15 November--2 Desember 2023. Total, ada 24 tim yang sudah dipastikan ikut dalam ajang bergengsi tersebut.

3. Koordinasi dengan kabupaten sebelah

FIFA Inspeksi Stadion di Solo, 2 Lapangan Disiapkan Piala Dunia U-17FIFA lakukan inspeksi stadion di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan dalam inspeksi kali ini, tim FIFA melakukan pengecekan sejumlah fasilitas penunjang dan juga kualitas rumput di setiap stadion.

"Kalau yang untuk U-20 sudah oke. Tinggal yang dua tadi lapangan tambahan akan kami kejar. Banyak, rumput segala macam akan kami tambahi. Masih ada waktu," kata Gibran.

Tak hanya itu, Gibran juga akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar terkair penggunaan lapangan Blulukan.

Baca Juga: Profil Moussa Sidibe, Playmaker Anyar Persis Solo yang Impresif

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya