Juara Grup A, Ini Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16

Pelatih Nova Arianto fokus untuk semifinal

Surakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 memastikan satu tiket melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2024 usai melibas Laos 6-1 dalam pertandingan yabg digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis (27/6/2024) pukul 19.30 WIB.

1. Pertandingan Indonesia vs Laos

Juara Grup A, Ini Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16Indonesia U16 vs Laos U16 di Piala AFF U16 di Stadion Manahan, Solo. (Dok/PSSI LOC Asean U-16 Boys' Championship 2024)

Petandingan babak penyisihan Piala AFF U-16 grub A tersebut bertabur goal dari Timnas Indonesia. Diawal pertandingan Timnas Indonesia sempat diganjar pinalti oleh wasit.

Laos U-16 mendapat penalti usai Mathew Ryan Baker melakukan pelanggaran keras di kotak terlarang dengan menjatuhkan pemain Laos U-16. Skor awal 0-1 untuk Laos.

Namun, punggawa Garuda muda tak menyerah usai diganjar pinalti permainan Indonesia U-16 semakin intens. Berkat permainan yang disiplin oleh para pemain, babak pertama Indonesia U-16 unggul dengan skor 4-1. Gol dicetak oleh Gholy, Sayavvath, Josh Holong, dan Putu Panji.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 semakin menambah keunggulan lewat goal yang dicetak oleh Josh Holong dan Mierza. Skor akhir 6-1 untuk Indonesia.

Atas kemenangan tersebut, Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto mengatakan gol dari Laos di menit awal membuat semua pemain kaget. Tetapi hal ini tidak meruntuhkan mental pemain.

"Bersyukur mental pemain kuat dan kita bisa buat gol dan gol lagi. Enam gol ini membuat pemain lebih percaya diri di semifinal nanti," kata Nova.

2. Indonesia U-16 juara Grup A

Juara Grup A, Ini Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16Indonesia U16 di laga Piala AFF U16 di Stadion Manahan, Solo. (Dok/PSSI LOC Asean U-16 Boys' Championship 2024)

Usai melibas Laos U-16, Timnas Indonesia U-16 dipastikan menjadi juara Grup A. Dan memastikan tiga poin dan tiket lolos ke babak empat besar turnamen Piala AFF U-16.

Indonesia meraih sembilan poin dari tiga laga, unggul tiga poin dari Laos yang berada di posisi kedua. Sementara pada laga lain Grup A yang juga digelar bersamaan di Stadion Sriwedari, Singapura membenamkan Filipina 4-0.

Singapura berada di posisi ketiga, dengan tiga poin. Sedangkan, Filipina finis sebagai juru kunci klasemen Grup A Piala AFF U-16 2024 dengan poin nol.

Klasemen Grup A

1. Indonesia 9 poin
2. Laos 6 poin
3. Singapura 3 poin
4. Filipina 0 poin

3. Akan menghadapi juara Grup C

Juara Grup A, Ini Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16Indonesia U16 vs Laos U16 di Piala AFF U16 di Stadion Manahan, Solo. (Dok/PSSI LOC Asean U-16 Boys' Championship 2024)

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni pertandingan semifinal pada tanggal 1 Juli 2024, di Stadion Manahan Solo, pukul 19.30 WIB.

Indonesia U-16 akan menghadapi juara Grup C di pertandingan semifinal tersebut.

Menghadapi babak semifinal, Pelatih Nova meminta ke pemain untuk melupakan euforia kemenangan ini. Dan fokus untuk ke pertandingan semifinal, siapapun lawannya nanti.

Baca Juga: Indosat Tambah Kapasitas Jaringan saat Piala AFF U-16 di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya