4 Fakta Temur Masharipov, Bek Asing PSCS Cilacap

Sayang, debutnya berjalan tak mulus di PSCS

PSCS Cilacap mengusung tekad besar di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Dikatakan seperti itu karena mereka mendatangkan banyak pemain baru demi membuat komposisi tim yang kuat. PSCS berupaya melakukannya untuk membuka kans naik kasta ke Liga 1 2024/2025.

Diketahui, PSCS sudah memboyong 15 pemain lebih musim ini. Dari semuanya, ada satu pemain yang menarik perhatian. Ia adalah Temur Masharipov, pemain berusia 27 tahun asal Uzbekistan. Sang pemain biasa bermain sebagai center back alias bek tengah ketika merumput di atas lapangan hijau.

Berikut profil singkat Temur Masharipov. Kenalan, yuk!

1. Mengawali Karier profesional di Liga Uzbekistan

4 Fakta Temur Masharipov, Bek Asing PSCS CilacapTemur Masharipov (instagram.com/pscscilacap.official)

Temur Masharipov memulai karier di Uzbekistan pada 2015. Ia kala itu memperkuat Mash'al Mubarek, klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Uzbekistan pada 2023. Namun, karena usianya masih muda, Temur jarang mendapatkan kesempatan tampil pada saat itu.

Temur selanjutnya hijrah ke klub kasta kedua Liga Uzbekistan lainnya pada 2017. Ia kemudian memperkuat Xorazm Urganch, klub yang bermarkas di Xorazm Sport majmuasi. Hanya saja, lagi-lagi kariernya belum berkembang di sana.

Karier Temur bersama Xorazm sendiri mulai meningkat pada 2020. Ia mengemas 18 penampilan (1.574 menit) kala itu. Bahkan, statistik apiknya kembali berlanjut pada tahun berikutnya. Temur membukukan 18 penampilan (1.304 menit) dengan 1 assist pada 2021.

Sayang, sang pemain memilih berpisah dengan Xorazm pada 2022. Ia lalu meneruskan kariernya bareng Aral Samali. Selama di sana, Temur berhasil meraup statistik 17 penampilan dengan 1.012 menit bermain di liga kasta kedua Uzbekistan 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain PSCS Cilacap yang Diboyong dari Klub Liga 1, Kawakan!

2. Sempat merumput di liga utama Tajikistan 2022/2023

4 Fakta Temur Masharipov, Bek Asing PSCS CilacapTemur Masharipov (instagram.com/pscscilacap.official)

Usai merumput di negara sendiri, Temur Masharipov selanjutnya merantau ke negeri orang sejak awal 2023. Ia memilih berkarier di divisi teratas Liga Tajikistan 2022/2023. Temur melakukannya bersama FK Kuktosh. 

Namun, celakanya, karier Temur justru menurun di sana. Ia hanya tampil dalam 1 laga dengan 90 menit bermain di Liga Tajikistan 2022/2023. Karena tak berkembang, kiprah Temur pun berlangsung singkat di FK Kuktosh. Sang pemain lalu diputus kontrak pada akhir kompetisi.

3. Harga pasar Temur Masharipov menurun!

4 Fakta Temur Masharipov, Bek Asing PSCS CilacapTemur Masharipov (instagram.com/pscscilacap.official)

Penurunan karier Temur Masharipov rupanya memengaruhi harga pasarnya di pasar transfer pemain pada 2023. Kini, harga pasarnya benar-benar anjlok sampai di bawah Rp250 juta. Padahal, sebelumnya, harga pasar Temur masih menembus angka Rp1,3 miliar pada November 2022.

Penurunan itu jelas ada sangkut pautnya terhadap perjalanan karier Temur di Liga Tajikistan pada 2022/2023 lalu. Sebab, statistik performanya menurun drastis selama di sana. Hal itu tentu menandakan karier Temur sedang berada dalam kondisi yang tak baik-baik saja saat ini.

4. Nasib Temur berjalan tragis di Liga 2 Indonesia 2023/2024

4 Fakta Temur Masharipov, Bek Asing PSCS CilacapTemur Masharipov (instagram.com/pscscilacap.official)

Pada masa terpuruknya, Temur Masharipov pun mencari peruntungan di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Ia memilih bergabung bersama PSCS Cilacap sejak 22 Agustus 2023. Hanya saja, debut karier Temur tak berjalan mulus saat baru menginjakkan kaki di Indonesia.

Temur sendiri belum debut bersama PSCS di kompetisi resmi pada 2023/2024. Itu terjadi setelah sang pemain mengalami cedera lutut dan harus menjalani operasi. Temur mengalami cedera itu ketika menjalani sesi latihan jelang menatap laga perdana kontra Deltras Sidoarjo di Liga 2 musim ini.

Alhasil, Temur harus absen lama. Ia sudah melewatkan empat pertandingan bersama PSCS di Liga 2 2023/2024. Itu terjadi karena Temur harus pulang ke Uzbekistan untuk menjalani penyembuhan. Sang pemain sendiri baru membela tim berjuluk Hiu Selatan itu pada pertandingan pramusim 2023 sebelumnya.

PSCS bermain kurang optimal sejak tak diperkuat Temur Masharipov. Buktinya, Tim Hiu Selatan itu hanya membukukan 3 hasil seri dan 1 hasil kalah dalam 4 pertandingan awal di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Apakah performa tidak maksimal PSCS itu benar-benar didasari karena absennya Temur?

Baca Juga: Profil Rafael Rodrigues, Bomber Haus Gol PSCS Cilacap Eks America FC

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya