5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!

Hanya ada satu pemain asing

PSIS Semarang menjadi salah satu klub yang memiliki lini pertahanan terbaik di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Buktinya, mereka baru kebobolan 24 gol dari 22 pertandingan. Hasil itu untuk sementara mengantarkan PSIS bersaing di zona lima besar klasemen sampai jeda kompetisi.

Pencapaian positif PSIS itu tentu tidak luput dari kontribusi para pemainnya di atas lapangan, terutama pemain bertahan. Mereka solid sehingga membuat tembok pertahanan Laskar Mahesa Jenar kokoh sejauh ini. Setidaknya, ada lima pemain bertahan yang sudah memberikan sumbangsih paling dominan bagi PSIS sampai jeda Liga 1 2023/2024.

1. Lucas Gama menjadi pilar utama di jantung pertahanan PSIS

5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!Lucas Gama (instagram.com/psisfcofficial)

Lucas Gama alias Lucao merupakan pemain asing yang baru didatangkan PSIS Semarang pada musim 2023/2024 ini. Stopper berusia 30 tahun itu baru diboyong dari Persikabo 1973 dengan status bebas transfer. Menariknya, Sang Pemain langsung menunjukkan keterampilan terbaiknya bersama PSIS meski berstatus penggawa baru.

Lucao sudah membukukan 21 penampilan dengan 1.890 menit bermain bagi Laskar Mahesa Jenar di Liga 1 2023/2024. Perannya dominan usai baru sekali absen. Bahkan, hebatnya, Lucao turut menjelma sebagai center back PSIS yang produktif dengan rekor 3 gol dan 1 assist hingga jeda kompetisi sejauh ini.

2. Jadi tandem Lucao, Wahyu Prasetyo impresif sampai dipanggil untuk membela timnas

5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!Wahyu Prasetyo (instagram.com/psisfcofficial)

Wahyu Prasetyo menjadi tandem Lucao untuk mengawal lini pertahanan PSIS Semarang di Liga 1 2023/2024. Sejauh ini, penampilan bek muda 25 tahun itu turut mendominasi. Wahyu berhasil menorehkan catatan 21 penampilan (1.686 menit bermain) dengan 1 assist untuk Laskar Mahesa Jenar hingga jeda kompetisi.

Catatan apik tersebut rupanya ikut memengaruhi perkembangan karier Sang Pemain. Bukan tanpa alasan, buktinya, Wahyu sudah dipercaya masuk dalam skuad Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong saat ini. Ia melakoni itu sejak 8 September 2023.

Baca Juga: Profil Gali Freitas, Pemain PSIS Semarang yang Mencuri Perhatian

3. Alfeandra Dewangga adalah langganan timnas yang ciamik pula bersama PSIS

5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!Alfeandra Dewangga (instagram.com/psisfcofficial)

Selanjutnya, ada Alfeandra Dewangga (22 tahun). Performa pemain langganan Timnas Indonesia ini tidak kalah hebatnya pula. Ia konsisten dalam mengawal lini pertahanan PSIS Semarang ketika mengarungi Liga 1 2023/2024.

Dewangga adalah pemain yang piawai dalam mengisi sektor bek kiri Laskar Mahesa Jenar. Hebatnya lagi, ia juga bisa bermain di sektor lain, yaitu bek tengah dan gelandang bertahan. Dewangga menjadi pemain serbabisa yang dimiliki PSIS.

Untuk statistik, Dewangga sudah melakukannya dengan catatan yang lumayan positif. Ia sudah membukukan 16 penampilan dengan 1.343 menit bermain. Catatan penampilan Sang Pemain terbilang tidak mencolok karena sering absen untuk membela timnas sejauh ini.

4. Giovani Numberi dikenal sebagai bek sayap yang memiliki kecepatan

5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!Giovani Numberi (instagram.com/psisfcofficial)

PSIS Semarang memiliki tiga pemain yang agresif di sektor bek sayap hingga jeda Liga 1 2023/2024. Selain Alfeandra Dewangga, salah satunya ada Giovani Numberi. Peran penggawa eks Persipura Jayapura itu juga terlihat menonjol di sektor bek kiri.

Giovani telah menorehkan statistik 20 penampilan dengan 1.560 menit bermain sejauh ini. Ia hampir tidak tergantikan setelah baru absen dalam dua pertandingan. Bahkan, lebih hebatnya, Sang Pemain juga membukukan catatan 1 gol 1 assist bagi PSIS di Liga 1 2023/2024.

5. Fredyan Wahyu menjadi andalan di sektor bek kanan PSIS

5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!Fredyan Wahyu (instagram.com/psisfcofficial)

Fredyan Wahyu menempati urutan terakhir. Ia merupakan pemain muda berusia 25 tahun yang biasa diandalkan di sektor bek kanan. Kontribusi Sang Pemuda juga lumayan dominan bersama PSIS Semarang hingga jeda Liga 1 2023/2024.

Hal tersebut didukung dengan statistik penampilan Fredyan yang positif bersama Laskar Mahesa Jenar. Ia berhasil mengukir catatan 17 penampilan dengan 1.343 menit bermain. Di sisi lain, Fredyan juga menyumbang 1 gol dan 1 assist bagi Laskar Mahesa Jenar.

Perjalanan karier semua pemain PSIS Semarang di atas masih panjang dalam mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Sebab, Kompetisi baru memasuki paruh musim sejauh ini. Mampukah kelimanya membawa Laskar Mahesa Jenar berjaya pada akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Kunci PSIS Semarang di Paruh Musim Liga 1 2023/2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya