Cukur RANS 2-1, PSIS Semarang Jaga Asa ke Championship Series

Sempat diwarnai dua kartu merah

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang mengemas hasil positif pada pertandingan penutup pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka berhasil mengempaskan RANS Nusantara 2-1 saat bentrok di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (22/4/2024) 19.00 WIB.

Hasil kemenangan ini tetap menjaga harapan PSIS untuk bisa menembus zona Championship Series Liga 1. Itu disebabkan posisi mereka langsung naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan torehan 50 poin. PSIS hanya tertinggal tiga poin dari Madura United yang sedang menempati peringkat ke-4.

PSIS tampil spartan sejak peluit tanda dimulainya pertandingan kontra RANS. Turun dengan beberapa pemain andalan, mereka tampil garang dengan terus menekan lini pertahanan lawan. Bahkan, sepanjang 10 menit awal, PSIS yang dimotori duet Taisei Marukawa dan Gali Freitas ini tiada henti menggempur tembok pertahanan RANS.

Gol pembuka keunggulan pun terjadi dalam pertandingan ini. Pada menit ke-13, PSIS akhirnya membuka skor lewat Gian Zola usai memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang lawan. Dengan ketenangannya, Zola mampu menjebol jala RANS melalui sontekan mendatarnya yang terukur dan akurat ke sisi kiri gawang. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSIS sementara ini.

Setelah itu, PSIS masih mencoba untuk menekan lini pertahanan RANS demi menggandakan keunggulan. Mereka sempat menciptakan dua peluang berbahaya lewat Gian Zola (26), Alfeandra Dewangga (39'). Namun, dua kesempatan itu masih gagal mengubah angka di papan skor hingga babak pertama bubaran.

Usai jeda, PSIS kembali mengusung pola permainan agresif dari RANS. Benar saja, tak disangka, mereka kembali mencetak gol kedua melalui finishing Gali Freitas pada awal babak kedua. Lebih tepatnya pada menit ke-51, pemain asal Timor Leste itu mencetak gol usai melakukan akselerasi menawan dari sisi kanan lapangan. Kini, kedudukan pun menjauh 2-0 untuk kemenangan PSIS.

Sialnya, petaka menghampiri PSIS pada menit ke-59. Ini karena pemain muda andalan mereka, Alfeandra Dewangga, mesti mandi lebih cepat lantaran diberi ganjaran kartu merah tidak langsung pasca melakukan tekel keras kepada pemain RANS. Praktis, Laskar Mahesa Jenar hanya bermain dengan sepuluh orang sejak saat itu.

Namun, tidak berselang lama, wasit kembali mengambil keputusan tegas dengan mengeluarkan kartu merah kedua dalam pertandingan ini. Hukuman itu diberikan kepada pemain RANS, Taufik Hidayat, usai melakukan pelanggaran kepada Gali Freitas pada menit ke-68. Kali ini, kedua kesebelasan pun kompak bermain dengan jumlah yang sama di atas lapangan.

Ganjaran dua kartu merah dari wasit membuat PSIS dan RANS tampil sama-sama solid ketika mengarungi sisa pertandingan babak kedua. Hanya saja, tim tamu sempat memperkecil kedudukan lewat gol, pada menit tambahan 90+5. Walau demikian, gol itu tetap gagal menyelamatkan RANS dari kekalahan usai dibungkam PSIS 1-2 hingga laga berakhir.

Baca Juga: Daftar 3 Pemain PSIS Semarang yang Main untuk Timnas Piala Asia U-23

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya