Hadapi PSM Makassar, Laga Ujian PSIS Semarang ke Championship Series

Wajib membawa pulang tiga poin

Intinya Sih...

  • Seluruh klub Liga 1 Indonesia 2023/2024 bersiap untuk pertandingan pekan ke-31, termasuk PSIS Semarang vs PSM Makassar.
  • PSIS dan PSM sama-sama mengalami paceklik kemenangan setelah beberapa pertandingan terakhir di Liga 1.
  • PSIS akan tampil dengan skuad pincang karena beberapa pemain absen, namun tetap memiliki modal positif dari catatan kemenangan sebelumnya melawan PSM.

Usai jeda kompetisi, seluruh klub kontestan Liga 1 Indonesia 2023/2024 siap berjuang lagi dalam waktu dekat. Mereka akan menghadapi pertandingan pada pekan ke-31 Liga 1. Salah satunya PSIS Semarang yang akan melawan PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (16/4/2024) 19.00 WIB.

PSIS dan PSM sama-sama menatap pertandingan penting pada pekan ini. Maklum, keduanya tengah merasakan momentum paceklik setelah menurun dalam beberapa pertandingan terakhir di Liga 1 2023/2024. Pertemuan ini tentu menjadi ajang pembuktian bagi PSIS dan PSM untuk memutus rekor jeblok yang dialami masing-masing kesebelasan.

1. Kompak menurun, PSIS dan PSM berada dalam momen paceklik di Liga 1

Hadapi PSM Makassar, Laga Ujian PSIS Semarang ke Championship SeriesPSIS Semarang dalam laga menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/psisfcofficial)

PSIS Semarang dan PSM Makassar kompak tidak mengantongi bekal mencolok jelang bentrok pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Ini disebabkan grafik penampilan mereka yang sama-sama menurun. PSIS dan PSM meraih hasil yang tidak memuaskan dalam beberapa pertandingan.

Lebih tepatnya, PSIS hanya mampu mengemas rekor 1 menang, 1 imbang, 3 kalah dalam 5 laga terakhir di Liga 1. Sementara itu, PSM juga menorehkan catatan yang tidak berbeda jauh. Mereka diketahui juga membukukan 1 menang, 2 imbang, 2 kalah dari 5 pertandingan berturut-turut.

Teraktual, PSIS gagal menang saat melawan Barito Putera pada pekan ke-30 Liga 1. Mereka hanya imbang 0-0 saat bermain di tempat netral . Di satu sisi, PSM juga gagal menang setelah ditahan imbang Borneo FC 1-1 di Stadion Batakan pada pertandingan terakhir Liga 1.

Baca Juga: Profil 3 Pemain PSIS Semarang yang Bela Timnas di Piala Asia U-23 2024

2. Ketajaman lini serang PSIS kian menurun

Hadapi PSM Makassar, Laga Ujian PSIS Semarang ke Championship SeriesPSIS Semarang dalam laga menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/psisfcofficial)

Ada beberapa faktor yang membuat grafik penampilan PSIS Semarang menurun di Liga 1 2023/2024. Salah satunya adalah tumpulnya ketajaman sektor serang Tim Laskar Mahesa Jenar. Ini jelas menjadi pekerjaan rumah yang wajib dibenahi PSIS jelang melawan PSM Makassar pada pekan ke-31 nanti.

Diketahui, PSIS gagal mencetak sebiji gol pun pada tiga pertandingan terakhir Liga 1. Ini terjadi saat mereka menghadapi Bali United (pekan 28), Persis Solo (pekan 29), dan Barito Putera (pekan 30). Kekurangan itu wajar terjadi mengingat PSIS lebih sering memakai taktik tanpa striker murni semenjak ditinggal bomber andalan, Carlos Fortes, pada paruh musim Liga 1.

"Memang lima laga terakhir kami hanya cetak gol di laga lawan Persik Kediri. Ini kelemahan kami yang memang tidak mudah main tanpa striker murni. Akan tetapi, kami harus terus berjuang, tetap optimis dan berjuang hingga akhir,” kata pelatih PSIS, Gilbert Agius, kepada Liga Indonesia Baru.

3. PSIS kehilangan beberapa pemain penting

Hadapi PSM Makassar, Laga Ujian PSIS Semarang ke Championship SeriesWahyu Prasetyo (instagram.com/psisfcofficial)

Sayangnya, PSIS Semarang akan tampil dengan skuad pincang saat menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Ini karena ada beberapa penggawa Laskar Mahesa Jenar yang dipastikan absen. Mereka adalah Vitinho, Delfin Rumbino, Alfeandra Dewangga, dan Adi Satryo.

Absennya Vitinho dan Rumbino sendiri disebabkan keduanya masih dalam tahap pemulihan cedera pasca operasi lutut. Sementara itu, Dewangga baru saja menyelesaikan operasi kecil. Di sisi lain, Satryo berhalangan membela PSIS lantaran tengah bertugas bersama Timnas Indonesia untuk mentas di Piala Asia U-23 2024.

4. PSIS mengantongi satu modal positif yang bisa dipakai saat menantang PSM

Hadapi PSM Makassar, Laga Ujian PSIS Semarang ke Championship SeriesPSIS Semarang dalam laga menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/psisfcofficial)

Meski dalam kondisi tak diuntungkan, PSIS Semarang tetap memiliki modal positif yang bisa diandalkan saat menantang PSM Makassar pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Mereka membukukan catatan menang dari PSM saat bertanding pada putaran pertama Liga 1. Ketika itu, Laskar Mahesa Jenar unggul usai melibas dengan angka 2-1 di Stadion Jatidiri.

Kemenangan itu pun mengulang catatan PSIS saat meraih kemenangan 4-0 dari PSM pada putaran kedua musim 2022/2023 lalu. Dengan demikian, Mahesa Jenar diketahui selalu unggul rekor head to head dalam dua pertemuan terakhir. Ini jelas menjadi modal penting untuk PSIS saat menghadapi PSM pada putaran kedua di Liga 1 musim ini.

PSIS Semarang diyakini akan berupaya membawa pulang poin dari markas PSM Makassar meski berstatus tim tamu pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu dilakukan karena Tim Laskar Mahesa Jenar masih mempunyai mimpi untuk menembus persaingan Championship Series pada akhir musim nanti.

Baca Juga: Skuat Pincang, PSIS Semarang Tetap Pede Hadapi PSM Makassar 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya