Jos! Persis Solo Terkam Barito Putera 2-1 di Stadion Manahan

Gol Althaf Indie menjadi pembeda

Surakarta, IDN Times - Persis Solo mampu mengamankan poin penuh dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menjamu Barito Putera di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/3/2024) 19.00 WIB, Tim Laskar Sambernyawa menang dengan kedudukan akhir 2-1.

Kemenangan ini berhasil mendongkrak posisi Persis di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Kini, mereka naik ke posisi ke-8 dengan torehan 38 poin. Capaian itu membawa Laskar Sambernyawa melesat jauh usai sebelumnya menempati peringkat ke-11 dengan kumpulan 35 poin.

Persis mengerahkan permainan solid sejak kick-off dimulai. Buktinya, mereka tiada henti meneror tembok pertahanan yang dibangun Barito Putera. Bahkan, saat laga memasuki menit ke-16, Laskar Sambernyawa berhasil membuka keran gol lewat tendangan penalti Alexis Messidoro. Hadiah penalti itu diberikan setelah winger Persis, Sho Yamamoto, dilanggar saat melakukan akselerasi di kotak terlarang. Untuk sementara, tuan rumah memimpin jalannya laga dengan kedudukan 1-0.

Setelah kecolongan, Barito Putera langsung merespons dengan meningkatkan tingkat agresivitas permainan. Mereka sempat menciptakan peluang apik melalui Mike Rigoberto Ott meski akhirnya gagal berbuah gol pada menit ke-26. Akan tetapi, Gustavo Tocantins sukses membuat perbedaan pada menit ke-29. Striker asal Brasil itu mampu merobek jala Persis lewat tembakan mendatarnya yang akurat sekaligus bikin skor menjadi imbang 1-1 saat ini.

Tak sampai di situ, kali ini situasi berbalik setelah Barito Putera mencetak gol penyama kedudukan. Mereka terus menggempur lini pertahanan Persis melalui sejumlah peluang berbahaya. Namun, untungnya, sektor pertahanan Laskar Sambernyawa yang dikomandoi Gianluca Claudio Pandeynuwu berhasil menghalau seluruh peluang yang dibukukan Barito Putera tersebut hingga 45 menit pertama tuntas.

Tempo permainan Persis versus Barito Putera belum menurun saat memasuki paruh kedua. Mereka saling melakukan permainan counter to counter demi menambah pundi-pundi gol yang ada. Hanya saja, saking alotnya, Persis dan Barito Putera tetap gagal mencetak gol kedua hingga pertandingan berlangsung 65 menit. Kedudukan kedua kesebelasan masih sama kuat sejauh itu.

Kejutan terjadi melalui pemain pengganti Persis, Althaf Indie Alrizky, pada menit ke-68. Bermula dari umpan manja Messidoro, winger gesit berusia 21 tahun itu akhirnya menjebol jala Barito Putera untuk kedua kalinya melalui sontekan berkelas. Praktis, Tim Laskar Sambernyawa unggul 2-1 saat ini.

Masuknya Althaf Indie benar-benar memberikan perubahan besar bagi Persis pada babak kedua. Mereka kian trengginas dalam melakukan taktik menyerang. Bermula dari pergerakan Althaf di sektor sayap kiri, Persis terus memorak-porandakan lini pertahanan Barito Putera hingga wasit meniup peluit panjang. Itu sekaligus menjadi pertanda Persis berhasil memenangi pertandingan ini dengan skor 2-1 pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: Jadwal Maret 2024, Persis Solo Tatap 4 Laga Krusial Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya