Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis Solo

Eks pemain Persipura Jayapura

Intinya Sih...

  • Persis Solo mendatangkan pemain baru, Marcell Mambenuk Rumkabu, 19 tahun asal Papua, untuk Liga 1 Indonesia 2024/2025.
  • Marcell memiliki pengalaman di Liga Indonesia junior dan regional, serta pernah bergabung dengan Persipura Jayapura di Liga 2 2023/2024.
  • Setelah dilepas oleh Persipura Jayapura, Marcell direkrut oleh Persis Solo dan berharap bisa tumbuh bersama tim tersebut untuk mencapai impian membela Timnas Indonesia.

Persis Solo terus menambah amunisi jelang bergulirnya Liga 1 Indonesia 2024/2025. Itu terbukti setelah mereka kembali mendatangkan pemain baru yang bernama Marcell Mambenuk Rumkabu. Ia adalah talenta muda berusia 19 tahun asal Papua.

Marcell Rumkabu merupakan pemain yang minim jam terbang di atas rumput hijau. Ia diketahui baru memiliki pengalaman karier di kompetisi junior Liga Indonesia hingga regional. Meski demikian, Marcell sempat menjadi bagian dari Persipura Jayapura ketika mengarungi Liga 2 2023/2024.

Mari berkenalan lebih dalam dengan sosok Marcell Rumkabu, yuk!

1. Karier junior Marcell Rumkabu berawal di PSM Makassar U-18

Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis SoloMarcell Rumkabu (instagram.com/persisofficial)

Marcell Rumkabu memiliki keterampilan sebagai pemain sayap kiri atau bek kiri di atas lapangan. Ia merupakan pemain jebolan tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Batik Papua. Namun, Marcell sempat merantau ke Sulawesi untuk meniti karier bersama PSM Makassar U-18 pada 2022.

Tak lama kemudian, pemain muda kelahiran 9 Februari 2005 ini kembali pulang ke tanah kelahirannya. Marcell Rumkabu lalu membela Tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada Januari 2023. Akan tetapi, kiprahnya di sana pun berlangsung singkat hingga September 2023.

Baca Juga: Ripal Wahyudi, Pemain Muda yang Jadi Rekrutan Persis Solo

2. Membela Persipura Jayapura pada 2023/2024

Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis SoloMarcell Rumkabu (instagram.com/persisofficial)

Perjalanan karier Marcell Rumkabu ternyata tidak berhenti sampai di Tim PON Papua. Ini karena berikutnya ia bergabung dengan Persipura Jayapura. Bersama tim berjuluk Mutiara Hitam itu, Marcell terikat kontrak untuk mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024.

Kepiawaian Marcell Rumkabu cukup diandalkan Persipura selama mentas di Liga 2 2023/2024. Ini bisa dibuktikan usai sang pemain membukukan 8 penampilan dengan rekor 368 menit bermain. Meski belum optimal, tetapi catatan itu sudah menjadi ukuran yang positif bagi pemain muda seperti Marcell.

3. Gabung Persis Solo, Marcell Rumkabu bakal debut di Liga 1

Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis SoloMarcell Rumkabu (instagram.com/persisofficial)

Marcell Rumkabu ternyata menjalani kiprah yang tidak berlangsung lama di Persipura Jayapura. Ini karena ia resmi dilepas pada akhir Liga 2 2023/2024. Sang pemain hanya menetap selama 1 musim kompetisi bersama Tim Mutiara Hitam.

Menariknya, talenta besarnya langsung tercium oleh beberapa klub selepas memperkuat Persipura. Itu terbukti setelah Marcell Rumkabu direkrut serta diperkenalkan Persis Solo pada Rabu (10/7/2024). Dengan begini, untuk kali pertama, sang pemain bakal debut di kasta tertinggi Liga 1 Indonesia 2024/2025 sepanjang kariernya.

4. Punya satu mimpi di Persis Solo

Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis SoloMarcell Rumkabu (instagram.com/persisofficial)

Marcell Rumkabu tentu senang bisa menjadi bagian dari Persis Solo. Bahkan, dirinya mempunyai mimpi bersama tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut. Marcell ingin menjadikan Persis sebagai batu loncatan untuk membela Timnas Indonesia.

Marcell Rumkabu tidak segan untuk mengutarakan impiannya kepada publik. Apalagi, ia memiliki panutan dua pemain timnas di Persis, yakni Ramadhan Sananta dan Arkhan Kaka. Marcell justru ingin menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari kedua pemain tersebut.

“Di Persis, saya melihat beberapa pemain yang membela Timnas Indonesia seperti Ramadhan Sananta dan Arkhan Kaka yang seumuran. Tentu, mereka memiliki pengalaman yang cukup baik dan saya mau belajar dari mereka,” jelas Marcell di situs resmi Persis Solo.

Marcell Rumkabu bakal melakoni debutnya bersama Persis Solo di Liga 1 Indonesia 2024/2025 mendatang. Ini tentu membuka kesempatan bagi dirinya untuk bertumbuh kembang demi menggapai impian.

Baca Juga: Profil Karim Rossi, Bomber Persis Solo Berdarah Eropa

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya