Mengenal Pemain Muda PSIS Semarang Sandy Ferizal  

Pemain baru PSIS pada 2024

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang banyak mendatangkan pemain baru untuk kebutuhan di Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Setidaknya, ada 12 pemain lebih yang telah dipercaya masuk ke kedalaman skuad Laskar Mahesa Jenar. Salah satunya ada Mochammad Sandy Ferizal yang baru direkrut PSIS pada 2024.

Sandy Ferizal merupakan pemain muda yang memiliki kecepatan. Pemain kelahiran 17 Mei 1999 (25 tahun) ini punya keterampilan sebagai bek kanan, kiri, dan pemain sayap kanan di atas lapangan. Menariknya, Sandy sempat menghabiskan kariernya bersama beberapa klub besar di Indonesia macam Arema FC dan PSM Makassar.

Baca Juga: Kiper PSIS Adi Satryo Perkuat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Jebolan akademi Barito Putera

Mengenal Pemain Muda PSIS Semarang Sandy Ferizal  Sandy Ferizal (instagram.com/psisfcofficial)

Sandy Ferizal merupakan pemain asli kelahiran Malang, Jawa Timur. Namun, pemain dengan postur 178 sentimeter ini memulai kiprah juniornya bersama tim asal Kalimantan, Barito Putera U-19, pada 2017. Selang setahun kemudian, Sandy naik ke Barito Putera U-21 pada 2018.

Hebatnya, di tengah kiprahnya bersama Barito Putera U-21, Sandy Ferizal juga langsung dipromosikan ke tim senior. Ia sempat berseragam Barito Putera saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2018/2019 dengan catatan tiga penampilan. Sialnya, kiprah Sandy tak berlangsung lama di Barito Putera setelah dilepas pada akhir 2018/2019.

2. Eks pemain Arema FC, Persela Lamongan, dan PSM Makassar

Mengenal Pemain Muda PSIS Semarang Sandy Ferizal  Sandy Ferizal (instagram.com/psisfcofficial)

Sandy Ferizal sempat tak memiliki klub setelah dilepas Barito Putera. Akan tetapi, keberuntungan menghampiri sang pemain pada Februari 2021. Sandy akhirnya dipinang klub besar yang berdomisili dari tanah kelahiran sendiri, Arema FC.

Sayang, Sandy Ferizal lebih sering duduk di bangku cadangan selama di Arema. Ia pun kemudian menerima tawaran dari klub lain yang datang kepadanya. Sandy resmi berlabuh ke Persela Lamongan pada Juli 2021.

Di Persela, keberadaan Sandy Ferizal cukup diperhitungkan. Itu karena ia menjadi salah satu pemain pilihan utama. Namun, pada Juli 2023, Sandy berpisah dengan Persela serta kembali hijrah ke PSM Makassar untuk menyongsong Liga 1 2023/2024.

3. Mencatat banyak menit bermain di Persela Lamongan

Mengenal Pemain Muda PSIS Semarang Sandy Ferizal  Sandy Ferizal (instagram.com/sandyferizal)

Sandy Ferizal cukup melebarkan sayap sebagai pemain muda selama berkostum Persela Lamongan. Buktinya, ia berhasil membukukan total 29 penampilan dengan 1 assist. Itu menjadi rekor penampilan terbaik Sandy sepanjang berkiprah di kompetisi profesional.

Sandy Ferizal pernah menjadi andalan Persela saat merumput di Liga 1 Indonesia 2021/2022. Itu terbukti usai ia mencatat 23 penampilan (1.246 menit) dengan 1 assist. Sayang, kontribusi Sandy menurun untuk Persela saat tampil di Liga 2 2022/2023 dengan catatan enam penampilan (540 menit).

Sandy Ferizal kemudian hijrah ke PSM Makassar untuk menyongsong Liga 1 2023/2024. Hanya saja, ia gagal menampilkan performa terbaik karena membukukan satu penampilan dalam 1 musim kompetisi penuh. Setelah itu, Sandy resmi dilepas PSM sebelum akhirnya bergabung ke PSIS Semarang pada 2024.

4. Gabung PSIS Semarang, siap diandalkan di Liga 1 2024/2025

Mengenal Pemain Muda PSIS Semarang Sandy Ferizal  Sandy Ferizal (instagram.com/sandyferizal)

Sandy Ferizal resmi bergabung dengan PSIS Semarang pada 10 Agustus 2024. Ia didatangkan secara gratis setelah kontraknya tak diperpanjang oleh PSM Makassar. Kedatangan Sandy pun diharapkan dapat membantu target PSIS di Liga 1 Indonesia 2024/2025.

"Sandy selama melakukan berlatih PSIS cukup baik. Kami cukup senang dengan dedikasinya dan attitude-nya, punya semangat dan kerja keras sehingga kami kontrak dia. Semoga Sandy Ferizal dapat membantu PSIS di Liga 1," kata pelatih PSIS, Gilbert Agius, dilansir situs resmi klub.

Perekrutan Sandy Ferizal sebenarnya merupakan dampak dari kepergian bek kanan PSIS, Fredyan Wahyu. Namun, keberadaan Sandy di PSIS juga diyakini akan menjadi pemain pelapis saja. Asumsi ini muncul karena Alfeandra Dewangga selalu mengisi bek kanan PSIS pada awal Liga 1 2024/2025.

Sandy Ferizal sejauh ini baru membukukan satu penampilan dengan 13 menit bermain untuk PSIS Semarang di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Akankah sang pemain sanggup menorehkan catatan kontribusi yang lebih meningkat pada akhir kompetisi nanti?

Baca Juga: Menang Lawan PSBS Biak, PSIS Semarang Siapkan Laga Ke Depan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya