Profil Arapenta Poerba, Gelandang Supersub Persis Solo

Membela Persis dari nol

Persis Solo dihiasi banyak pemain berkualitas saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Namun, sayangnya, itu belum memberikan dampak positif yang signifikan bagi klub. Dikatakan demikian lantaran Persis meraih hasil di bawah harapan hingga paruh musim kompetisi.

Meski demikian, Persis masih memiliki harapan besar untuk bangkit. Itu karena sebagian besar komposisi skuad mereka dihuni pemain yang mempunyai kapasitas mumpuni.

Salah satunya adalah Arapenta Lingka Poerba. Pemuda berusia 25 tahun itu merupakan pemain yang biasa bermain di sektor gelandang Persis. Perannya cukup diperhitungkan sejauh ini.

Kenalan lebih dalam dengan sosok Arapenta Lingka Poerba, yuk!

Baca Juga: 4 Pemain Kunci Persis Solo di Paruh Liga 1, Ada Eky Taufik

1. Pemain orbitan akademi Bali United

Profil Arapenta Poerba, Gelandang Supersub Persis SoloArapenta Lingka Poerba (instagram.com/persisofficial)

Arapenta Poerba adalah sosok yang menggemari sepak bola sedari kecil. Itu terbukti usai ia bergabung bersama sekolah sepak bola (SSB) Putra Harapan pada 2008. Bahkan, Arapenta juga pernah memperdalam ilmu di Diklat Ragunan pada medio 2014--2017.

Bakat menonjol sang pemain mulai dilirik setelah itu. Buktinya, Arapenta dipercaya masuk dalam skuad Bali United U-19 pada Maret 2017. Bukan main-main, tidak berselang lama, dirinya pun menembus tim senior Bali United pada Januari 2018.

2. Menjadi bagian Bali United saat menjuarai Liga 1 2018/2019

Profil Arapenta Poerba, Gelandang Supersub Persis SoloArapenta Lingka Poerba (instagram.com/persisofficial)

Arapenta Poerba pernah meraih sebuah prestasi saat memperkuat Bali United. Ia menjadi salah satu bagian klub berjuluk Serdadu Tridatu ini ketika menjuarai Liga 1 Indonesia pada 2018/2019. Itu menjadi gelar juara pertama sepanjang karier profesional sang pemain.

Hanya saja, Arapenta gagal memberikan kontribusi yang menonjol untuk Bali United pada saat itu. Dikatakan demikian karena ia membukukan statistik 5 penampilan saja dengan 168 menit bermain di Liga 1 2018/2019. Keberadaan Arapenta belum diperhitungkan lantaran statusnya sebagai pemain yang minim pengalaman.

3. Berjasa membawa Persis promosi ke Liga 1 2022/2023

Profil Arapenta Poerba, Gelandang Supersub Persis SoloArapenta Lingka Poerba (instagram.com/persisofficial)

Arapenta Poerba menyadari akan kepentingan kariernya. Ia benar-benar memperoleh kesempatan merumput yang minim bersama Bali United. Alhasil, kemudian sang pemain memilih hengkang ke Persis Solo sejak 2021.

Menariknya, Arapenta pertama kali membela Persis saat masih berkiprah di Liga 2 Indonesia 2021/2022.

Bahkan, lebih hebatnya, ia langsung membawa tim berjuluk Laskar Sambernyawa ini juara pada musim debutnya. Arapenta pun berjasa mengantarkan Persis naik ke kasta tertinggi,  Liga 1, pada musim 2022/2023.

4. Arapenta Poerba jadi supersub Persis pada 2023/2024

Profil Arapenta Poerba, Gelandang Supersub Persis SoloArapenta Lingka Poerba (instagram.com/persisofficial)

Setelah promosi ke Liga 1, Arapenta Poerba kemudian menjadi pemain penting Persis. Ini terbukti usai keberadaan sang pemain cukup diperhitungkan pada musim selanjutnya. Ia mulai berkembang dengan catatan 15 penampilan dengan 343 menit tampil bersama Persis di Liga 1 2022/2023.

Tidak hanya itu, karier Arapenta menanjak lagi pada 2023/2024. Ia menjadi pemain supersub Persis dengan rekor 1 gol dari 20 penampilan (639 menit bermain) di Liga 1. Arapenta benar-benar diperhitungkan setelah mampu beradaptasi dengan pemain-pemain top Persis musim ini, seperti Alexis Messidoro, Moussa Sidibe, Sutanto Tan, hingga Ramadhan Sananta.

Arapenta Poerba memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan diri bersama Persis Solo ke depannya. Hal itu tidak mustahil bakal menjadikan dirinya sebagai idola baru Laskar sambernyawa kelak.

Baca Juga: Menonjol! 4 Gelandang Ini Jadi Andalan Persis Solo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya