Profil Habil Akbar, Bek Timnas Indonesia yang Digaet PSIS Semarang

Aktif membela Indonesia U-17

PSIS Semarang membuat keputusan penting pada paruh musim Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka secara mengejutkan resmi merekrut satu pemain baru. Ia bernama Habil Abdillah Yafi Prasasti Akbar, pemain muda berusia 17 tahun.

Habil adalah sosok wonderkid yang dianugerahi talenta mumpuni. Pemain kelahiran Sragen itu biasa bermain di posisi bek sayap di atas lapangan. Sejauh ini, Habil merupakan pemain yang aktif memperkuat Timmas Indonesia U-17 di level internasional.

Yuk, kenalan lebih jauh dengan Habil Akbar!

1. Mempunyai bakat menonjol sebagai pemain bertahan

Profil Habil Akbar, Bek Timnas Indonesia yang Digaet PSIS SemarangHabil Akbar (instagram.com/habilakbar_)

Habil Akbar adalah pemain muda yang terampil mengisi sektor pertahanan. Pemain kelahiran 25 Mei 2006 itu biasa bermain sebagai wingback kiri maupun kanan. Namun, bek sayap kiri menjadi posisi yang lebih dikuasai sang pemain sejauh ini.

Habil sendiri memulai karier juniornya bersama PSB Bonansa Solo, sebuah wadah yang menaungi pendidikan sepak bola. Ia diketahui bertahan lama di sana, pada medio 2012—2021. Selepas itu, Habil mulai mencari peruntungan dengan membela tim junior Bhayangkara FC. 

Baca Juga: 5 Bek Tangguh PSIS Semarang hingga Jeda Liga 1, Dominan!

2. Pemain orbitan Bhayangkara FC

Profil Habil Akbar, Bek Timnas Indonesia yang Digaet PSIS SemarangHabil Akbar (instagram.com/habilakbar_)

Tim junior Bhayangkara FC menjadi destinasi berikutnya dalam karier Habil Akbar. Ini terjadi pada Oktober 2021. Ketika itu, sang pemain memilih bergabung bersama Bhayangkara U-16 hingga Juli 2023.

Menariknya, Habil sempat memperkuat Bhayangkara U-18 pula pada 1 Agustus 2023. Hanya saja, ia tak bertahan lama setelah bergabung dengan PPLP Jawa Tengah pada 31 Agustus 2023. Habil bergabung dengan sebuah naungan pembibitan olahragawan pelajar itu sampai awal Januari 2024.

3. Menjadi andalan Timnas Indonesia U-17 di level internasional

Profil Habil Akbar, Bek Timnas Indonesia yang Digaet PSIS SemarangHabil Akbar (instagram.com/habilakbar_)

Habil Akbar memang dikenal sebagai pemain muda yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Anggapan ini didukung seusai ia aktif bermain untuk timnas junior Indonesia. Bahkan, Habil sudah menjadi bagian dari Garuda Muda dalam dua kelompok usia.

Habil diketahui mengawali karier internasional bareng Indonesia U-16 di level timnas. Dirinya memulai itu pada 31 Juli 2022. Sejauh ini, Habil telah berkontribusi dengan catatan empat caps untuk Indonesia U-16.

Di samping itu, Habil juga dipercaya untuk memperkuat Indonesia U-17 sejak 3 Oktober 2022. Talentanya tercium oleh coach Bima Sakti ketika itu. Menariknya, ternyata, Habil sempat menjadi salah satu andalan Garuda Muda saat mentas di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

4. Habil Akbar diboyong PSIS untuk mengarungi Liga 1 2024/2025

Profil Habil Akbar, Bek Timnas Indonesia yang Digaet PSIS SemarangHabil Akbar (instagram.com/yoyok_sukawi)

Karier Habil Akbar mengalami perubahan lagi di level klub pada 2024. Setelah bergabung dengan PPLP Jawa Tengah, kemudian ia direkrut oleh PSIS Semarang. Habil resmi bergabung bersama klub ternama asal Jateng tersebut sejak 23 Januari 2024.

Hanya saja, Habil diketahui tidak masuk dalam skuad PSIS untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024. Dikatakan demikian karena klub baru mendaftarkan namanya di kompetisi musim depan pada 2024/2025. Pernyataan itu bisa dibuktikan melalui laman media sosial resmi PSIS.

PSIS Semarang sepertinya memiliki pandangan tersendiri mengenai Habil Akbar. Mereka melihat ada potensi dari sang pemain yang bisa dikembangkan dalam jangka panjang. PSIS berharap Habil dapat menjadi idola baru bagi fans pada masa yang akan mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya