Profil Mojtaba Lotfi, Bek Kawakan Persijap Jepara asal Iran

Bek senior yang memiliki jam terbang tinggi

Persijap Jepara merupakan salah satu klub yang tak bisa dipandang sebelah mata di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Itu tak lain karena komposisi kedalaman skuad mereka yang bisa dikatakan menggiurkan. Persijap diperkuat oleh beberapa pemain berkualitas musim ini.

Untuk pemain asing, Persijap memiliki dua pemain yang kapasitasnya bisa diperhitungkan. Salah satunya adalah Mojtaba Lotfi Jalise, pemain kelahiran 18 Maret 1989 (34 tahun) asal Iran. Ia dikenal sebagai stopper alias bek tengah yang memiliki daya jelajah tinggi ketika merumput di atas lapangan.

Intip profil singkat Mojtaba Lotfi lewat uraian berikut.

1. Seorang bek berpengalaman di Liga Iran

Profil Mojtaba Lotfi, Bek Kawakan Persijap Jepara asal IranMojtaba Lotfi (instagram.com/persijap_jepara)

Mojtaba Lotfi merupakan pemain bertahan yang mengantongi jam terbang tinggi di Liga Iran. Buktinya, bek setinggi 186 sentimeter itu sudah menghabiskan periode kurang lebih 9 tahun berkarier di negara sendiri. Lotfi melakukannya pada medio 2015—2023. 

Selama itu, Lotfi tercatat setidaknya telah memperkuat tujuh klub Iran. Mereka adalah Golreyhan Alborz FC, Pars Jonoubi Jam, Saipa FC, Shahin Bushehr FC, Naft Masjed Soleyman FC, Esteghlal Khuzestan, dan Kheybar Khorramabad FC. Hanya saja, Lotfi selama itu menjalani kiprahnya bukan di kasta teratas Liga Iran.

Baca Juga: Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024

2. Acap berkiprah di kasta kedua Liga Iran

Profil Mojtaba Lotfi, Bek Kawakan Persijap Jepara asal IranMojtaba Lotfi (instagram.com/persijap_jepara)

Mojtaba Lotfi acapkali berkiprah bukan di level tertinggi Liga Iran dalam kariernya. Melainkan lebih sering berkarier di Azadegan League atau kompetisi kasta kedua Liga Iran. Bahkan, Lotfi hampir menghabiskan seluruh masa kariernya selama 7 tahun di sana.

Lotfi diketahui pernah bermain untuk empat tim level kedua di Liga Iran, seperti Pars Jonoubi Jam, Saipa FC, Naft Masjed Soleyman FC, dan Kheybar Khorramabad FC. Bahkan, ia juga pernah bermain di kompetisi kasta ketiga Liga Iran pada musim 2020/2021. Lotfi kala itu memperkuat Shahin Bushehr FC dan hanya bertahan selama setengah musim.

3. Pernah ciamik di Persian Gulf Pro League Iran 2021/2022

Profil Mojtaba Lotfi, Bek Kawakan Persijap Jepara asal IranMojtaba Lotfi (instagram.com/persijap_jepara)

Kendati demikian, Mojtaba Lotfi pun pernah merasakan atmosfer sengitnya kompetisi tertinggi Liga Iran alias Persian Gulf Pro League. Ia melakukannya bersama Esteghlal Khuzestan, klub yang mengoleksi satu trofi Liga Iran. Lotfi melakukan itu pada musim kompetisi 2021/2022.

Hebatnya lagi, Lotfi tak berperan sebagai figuran saja selama di sana. Ia justru menjadi salah satu bek tengah yang diandalkan. Buktinya, Lotfi telah membukukan 15 penampilan dengan 1.328 menit bermain bersama Esteghlal Khuzestan di Persian Gulf Pro League Iran pada 2021/2022.

4. Gabung Persijap, baru pertama kali merantau ke negeri orang

Profil Mojtaba Lotfi, Bek Kawakan Persijap Jepara asal IranMojtaba Lotfi (instagram.com/persijap_jepara)

Mojtaba Lotfi bikin keputusan besar dalam hidupnya pada 2023. Ia memilih merantau ke Indonesia untuk membela Persijap Jepara. Itu terjadi usai kontrak Lotfi tak diperpanjang oleh klub lamanya, Kheybar Khorramabad FC, pada 2022/2023.

Lotfi pun menjadi bek andalan Persijap ketika mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Benar saja, berkat jam terbangnya, penampilannya langsung flop dengan statistik 360 menit tampil dalam 4 laga bareng Persijap. Lotfi selalu bermain penuh sejauh ini.

Kedatangan Mojtaba Lotfi rupanya memberikan dampak cukup positif bagi Persijap Jepara. Dikatakan demikian karena lini pertahanan mereka lumayan kokoh dengan catatan 4 kebobolan dari 4 laga di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mampukah Lotfi terus konsisten mengawal tembok pertahanan Persijap? 

Baca Juga: Profil Haru Nakagaki, Pemain Persijap Jepara Berdarah Jepang

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya