5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah 

Ada dua pemain yang direkrut dari Real Madrid

AC Milan kembali bertekad untuk meraih gelar juara Serie A Italia pada musim 2023/2024 ini. Pada bursa transfer musim panas 2023, klub berjuluk I Rossoneri mendatangkan sejumlah pemain agar bisa bersaing di Serie A Italia. Salah satu rekrutan anyar mereka adalah Yunus Musah, gelandang tengah asal Amerika Serikat.

Musah didatangkan AC Milan untuk memperkuat lini tengah sepeninggal Sandro Tonali. Ia merupakan pemain muda yang menjanjikan. AC Milan membelinya dari Valencia seharga 20 juta euro atau sekitar Rp329 miliar pada Agustus 2023.

Selama menjadi penggawa Valencia, Musah telah terlibat dalam 108 penampilan dengan koleksi 5 gol dan 3 assist di berbagai kompetisi. Musah bukan satu-satunya rekrutan AC Milan dari klub LaLiga Spanyol. Sebelum Musah, inilah lima pemain yang direkrut AC Milan dari klub LaLiga Spanyol.

1. Samuel Chukwueze direkrut dari Villarreal

5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah potret Samuel Chukwueze (acmilan.com)

Sama seperti Yunus Musah, Samuel Chukwueze juga didatangkan AC Milan pada musim panas 2023. Ia direkrut dari Villarreal pada Juli 2023 seharga 20 juta euro atau sekitar Rp329 miliar. Chukwueze merupakan winger kanan asal Nigeria.

Chukwueze merupakan salah satu winger yang tampil impresif di LaLiga Spanyol. Ia bisa mencetak gol dan piawai dalam menggiring bola. Saat masih bersama Villarreal, ia kerap berperan sebagai winger kanan.

Bersama Villarreal, Chukwueze terlibat 207 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia menyumbang 37 gol dan 31 assist. Musim 2020/2021, Chukwueze sukses mengantarkan Villarreal meraih gelar juara UEFA Europa League (UEL) usai mengalahkan Manchester United di partai final.

2. Sergino Dest dipinjam dari Barcelona

5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah potret Sergino Dest (acmilan.com)

Sergino Dest merapat ke AC Milan pada September 2022. Ia direkrut AC Milan dari Barcelona dengan status pinjaman. Bek kanan asal Amerika Serikat itu dipinjam AC Milan selama satu musim.

Sayangnya, Dest gagal memenuhi ekspektasi pihak AC Milan. Kinerjanya dinilai tak mengesankan. AC Milan pun tak berminat untuk memermanenkannya. Selama bekerja di AC Milan, Dest bermain sebanyak 14 kali.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi Presiden

3. Brahim Diaz dipinjam dari Real Madrid

5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah potret Brahim Diaz (acmilan.com)

Brahim Diaz didatangkan AC Milan pada September 2020. Kala itu, ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Diaz cukup berjaya bersama AC Milan. Ia mampu menjadi andalan dan berhasil membawa AC Milan meraih gelar juara Serie A Italia pada musim 2021/2022.

Diaz sendiri menjadi pemain pinjaman di AC Milan selama tiga musim. Pada musim 2020/2021, ia mencatatkan 39 penampilan dengan torehan 7 gol dan 4 assist. Selanjutnya, pada musim 2021/2022, ia terlibat dalam 40 pertandingan, mencetak 4 gol, dan menyumbang 4 assist. Terakhir, pada musim 2022/2023, ia mencetak 7 gol dan 7 assist dalam 45 pertandingan. Kini, Diaz sudah kembali ke pangkuan Real Madrid.

4. Theo Hernandez dibeli dari Real Madrid

5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah potret Theo Hernandez (acmilan.com)

AC Milan merekrut Theo Hernandez dari Real Madrid pada Juli 2019. Bek kiri asal Prancis itu ditebus dengan mahar sebesar 22,8 juta euro atau sekitar Rp375 miliar. Bersama AC Milan, Hernandez menemukan kebahagiaannya. Ia tampil begitu apik dan menjadi salah satu bek terbaik di Eropa.

Sejauh ini bersama AC Milan, Hernandez telah tampil sebanyak 170 pertandingan dengan raihan 25 gol dan 28 assist di berbagai kompetisi. Sebelumnya, saat bermain di Real Madrid, ia hanya tampil 23 kali dengan torehan 3 assist. Ia juga menjadi bagian dari skuad AC Milan saat menjuarai Serie A Italia pada musim 2021/2022. Hernandez masih terikat kontrak dengan AC Milan hingga Juni 2026.

5. Simon Kjaer diboyong dari Sevilla

5 Pemain AC Milan yang Direkrut dari Klub LaLiga sebelum Yunus Musah potret Simon Kjaer (acmilan.com)

Simon Kjaer direkrut AC Milan pada Januari 2020. Kala itu, ia berstatus pemain pinjaman dari Sevilla. AC Milan juga diberi opsi pembelian jika ingin memermanenkan Kjaer. Selama menjadi pemain pinjaman di AC Milan, Kjaer mampu tampil cemerlang. Duetnya bersama Alessio Romagnoli membuat pertahanan AC Milan menjadi kuat dan sulit ditembus lawan.

Pada September 2020, AC Milan memutuskan untuk mengaktifkan opsi pembelian untuk Kjaer. AC Milan akhirnya berhasil memermanenkan Kjaer dengan membayar dana senilai 3,68 juta euro atau sekitar Rp60 miliar kepada Sevilla. Sejauh ini, Kjaer sudah mencatatkan 98 penampilan bersama AC Milan di berbagai kompetisi. Ia sudah mencetak 1 gol dan 2 assist.

Satu gelar juara Serie A Italia juga sudah Kjaer dapat bersama AC Milan, yakni pada musim 2021/2022. Namun, kontraknya bersama AC Milan akan berakhir pada Juni 2024. Kemungkinan besar ia akan dilepas secara gratis musim depan.

Dari daftar pemain pemain di atas, ada tiga pemain yang mampu meraih gelar juara Serie A Italia bersama AC Milan. Mereka adalah Simon Kjaer, Theo Hernandez , dan Brahim Diaz. Sergino Dest menjadi salah satu rekrutan gagal AC Milan. Penampilannya dinilai tak memuaskan. Sedangkan Samuel Chukwueze dan Yunus Musah masih baru bergabung pada musim panas 2023. Keduanya masih ditunggu pembuktiannya. Menurutmu, mampukah Samuel Chukwueze dan Yunus Musah tampil cemerlang bersama AC Milan pada 2023/2024?

Baca Juga: 7 Pemain yang Didatangkan Las Palmas saat Musim Panas 2023 LaLiga

Royan Wijayanto Photo Community Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya