7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi Presiden

Tak kalah sukses dengan karier sepak bolanya

Saat para pemain sepak bola memilih untuk mengakhiri karier, mereka memiliki sejumlah pilihan untuk melanjutkan hidup. Mayoritas dari mereka memilih untuk tetap terlibat di dunia sepak bola karena pengalaman mereka sebelumnya sebagai pemain. Namun ada juga yang memilih menjalani karier di dunia politik dan pemerintahan.

Pilihan menjadi politisi memang terdengar tak lazim bagi mantan pesepak bola, mengingat banyak penggemar bola tak ingin mencampuradukkan antara politik dan olahraga kulit bundar tersebut. Di sisi lain, terdapat nama-nama legenda yang kini berada di lingkungan kekuasaan negara mereka masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut 7 mantan pesepak bola yang melanjutkan karier menjadi politisi.

1. Lilian Thuram menjadi aktivis yang gencar melawan rasisme

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenLilian Thuram (kiri) bersalaman dengan Nelson Mandela (kanan). (instagram.com/lilianthuramofficiel)

Lilian Thuram adalah mantan pemain sepak bola asal Prancis yang pernah meraih juara pada Piala Dunia 1998 Prancis. Setelah kariernya yang cemerlang bersama klub-klub seperti Juventus dan Barcelona, ia bertransisi dari lapangan ke dunia politik. Thuram terjun ke politik untuk memerangi diskrimasi ras dan mendorong pendidikan bagi kaum kulit hitam di Prancis. 

Karier sepak bola Thuram yang diwarnai insiden rasisme mendorongnya untuk berkomitmen untuk memerangi masalah tersebut setelah pensiun. Bahkan ketika ia terjun ke dunia politik, ia mendirikan Lilian Thuram Foundation untuk mengedukasi masyarakat tentang bias rasial. Pada 2018, dia pernah tanpa ragu-ragu mengkritik Donald Trump mengenai ujaran rasial yang sering dilontarkan mantan presiden Amerika Serikat tersebut di berbagai kesempatan.

2. George Weah kini menjadi Presiden Liberia

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenGeorge Weah (twitter.com/GeorgeWeahOff)

George Weah adalah mantan pesepak bola yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di benua Afrika. Perjalanan sepak bola Weah telah membawanya ke klub-klub besar Eropa, seperti AS Monaco, Paris Saint-Germain, dan AC Milan. Ia mencapai puncak kariernya saat meraih gelar Ballon d’Or pada tahun 1995.

Setelah menjalani kariernya sepak bolanya yang sukses, ia kini juga meraih kesuksesan di dunia politik dengan menjadi presiden Liberia sejak Januari 2018. Karier politiknya dimulai pada tahun 2003 saat menjadi salah satu duta besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Liberia. Sebelum menjadi presiden, Ia juga pernah mencalonkan diri dalam pemilihan umum di Liberia pada tahun 2005 dan 2011.

3. Andriy Shevchenko sempat mencalonkan diri sebagai anggota parlemen Ukraina

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenAndriy Shevchenko (kanan) bersama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (kiri). (instagram.com/andriyshevchenko)

Legenda sepak bola Ukraina, Andriy Shevchenko beralih ke dunia politik setelah pensiun. Mantan penyerang AC Milan ini mengakhiri karir sepakbolanya selama 17 tahun dan bergabung dengan Partai Sosial-Demokratik. Shevchenko ingin berkontribusi pada pembangunan negaranya dengan berbagi pengalamannya selama melanglang buana di Eropa. 

Dirinya sendiri sudah berkecimpung dalam dunia politik saat masih aktif menjadi pesepak bola dan mendukung Partai Sosial-Demokratik Ukraina. Kemudian pada 2004, ia secara terang-terangan mendukung kandidat Presiden Viktor Yanukovych. Setelah pensiun pada 2012, Shevchenko mencalonkan dirinya sebagai anggota parlemen, tetapi gagal. Ia kemudian kembali ke dunia sepak bola dan melatih Timnas Ukraina pada Euro 2020.

4. Kakhaber Kaladze pernah ditunjuk sebagai wakil perdana menteri, kini menjadi wali kota

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenKakhaber Kaladze (instagram.com/kakhakaladze)

Mantan rekan satu tim Andriy Shevchenko di AC Milan, Kakhaber Kaladze juga bertransisi dari sepak bola menjadi politisi di Georgia. Namun, ia memulai karier politiknya beberapa bulan sebelum memutuskan pensiun pada Mei 2012. Dirinya bergabung dengan Partai Dream-Democratic Georgia di bulan Februari dan kemudian menjadi anggota parlemen pada bulan Oktober.

Hanya dua minggu setelah terpilih sebagai anggota parlemen, ia langsung ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi. Sontak, ia mendapatkan kritik dari banyak pihak karena terdapat indikasi kepentingan perusahaan miliknya yang bergerak di bidang sumber daya energi. Saat ini, ia menjabat sebagai Wali Kota Tbilisi sejak November 2017.

5. Hakan Sukur terusir dari negaranya karena afiliasi politiknya

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenHakan Sukur (instagram.com/hakansukur9)

Legenda sepak bola Turki, Hakan Sukur, telah mengalami perjalanan hidup yang tak terduga sejak pensiun pada tahun 2008. Ia menjadi sosok pahlawan bagi masyarakat Turki setelah mengantarkan negaranya meraih peringkat 3 di Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan mencatatkan gol tercepat sepanjang sejarah. Setelah pensiun, ia terjun ke dunia politik dan memenangkan kursi di Parlemen Turki pada tahun 2011. 

Namun, afiliasi politiknya menimbulkan dugaan keterkaitannya dengan Fethullah Gulen, oposisi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, setelah percobaan kudeta tahun 2016. Ia langsung diusir dari Turki, aset-asetnya dilaporkan disita oleh pemerintah, dan menerima berbagai ancaman pembunuhan. Dirinya kini dikabarkan tinggal di Amerika Serikat menjadi supir Uber dan menjual buku untuk menyambung hidup.

6. Andrey Arshavin hampir menjadi anggota dewan regional partai

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenAndrey Arshavin (instagram.com/andrey.arshavin10)

Andrey Arshavin adalah mantan penyerang Zenit St. Petersburg dan Arsenal yang juga pernah menjabat sebagai kapten Timnas Rusia. Bagi fans Arsenal, ia menjadi salah satu pemain tak terlupakan saat mencetak 4 gol melawan Liverpool pada April 2009. Ia sendiri telah pensiun dari dunia sepak bola pada 2019.

Pada 2007, Arshavin pernah mencalonkan diri sebagai anggota dewan regional Rusia Bersatu pimpinan Vladimir Putin. Namun, sebelum pemungutan suara selesai, ia memilih mengundurkan diri karena ingin fokus pada karier sepak bolanya. Justru, rekan tim nasionalnya, Roman Pavlyuchenko, berhasil memenangkan kursi anggota dewan di tahun yang sama.

7. Roman Pavlyuchenko dituduh hanya mencari uang saat memutuskan untuk berpolitik

7 Mantan Pemain Bola yang Masuk Dunia Politik, Ada yang Jadi PresidenRoman Pavlyuchenko (instagram.com/pavlyuchenko_1981)

Striker asal Rusia tersebut pernah bermain untuk Tottenham Hotspurs pada tahun 2008 hingga 2012. Selama bersama The Spurs, ia telah mencetak 21 gol dalam 78 penampilannya selama 4 tahun. Namun, tidak banyak pemain bola aktif yang mampu mengimbangi karier di luar sepak bola seperti Roman Pavlyuchenko.

Pada tahun 2007, ia berhasil memperoleh kursi anggota dewan regional Partai Rusia Bersatu setahun sebelum ia bergabung dengan Tottenham Hotspurs. Dirinya menjabat sebagai anggota dewan di kota kelahirannya, Stavropol. Hal tersebut membuatnya mendapatkan komentar negatif karena dianggap hanya mencari pendapatan tambahan di di luar sepak bola saat krisis global melanda pada tahun itu.

Dunia olahraga dan politik memang dua hal yang saling bertolak belakang. Meskipun begitu, perjalanan para mantan pemain sepak bola yang menjadi politisi ini merupakan bukti dari beragamnya jalan yang dapat ditempuh oleh individu setelah berkarier di lapangan.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Al-Hilal Pada Musim Panas 2023, Banyak Pemain Bintang!

Widyo Andana Pradiptha Photo Community Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya