Comscore Tracker

Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Lawu, Ada Hamparan Edelweis Indah

Ada tempat para Peziarah Gelar Ritual

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 Mdpl letaknya antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu meliputi tiga Kabupaten, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung api “istirahat” yang ada di Indonesia, diperkirakan meletus pada tanggal 28 November 1998 terakhir kalinya. Dan dinyatakan lama tidak aktif karena vegetasi rapat dan puncak yang tererosi.

Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa Gunung Lawu selalu ramai dikunjungi pendaki menjadi gunung terwajib untuk didaki.

Baca Juga: Macan Tutul Menebar Teror, Waktunya Menjaga Pakan Alami di Gunung Lawu

1. Daya Tarik Gunung Lawu

Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Lawu, Ada Hamparan Edelweis Indahdok.pribadi/ Nasya Aprilia

Gunung terwajib untuk didaki layak sekali dijatuhkan kepada Gunung Lawu. Karena memiliki tiga puncak popular yang wajib dikunjungi para pendaki, dan dua tempat ziarah bagi para peziarah yang datang yaitu di sendang panguripan dan Derajat.

Selain itu masih ada beberapa daya tarik Gunung Lawu:

  • Daya tariknya terletak dari air yang sering dipakai untuk ritual oleh para peziarah. Menurut mereka air tersebut dapat mengobati banyak penyakit.
  • Hamparan bunga Edelweis yang terlihat sepanjang jalur pendakian via candi cetho
  • Panorama Telaga kuning
  • Warna emas dari lautan yang dibiasi sinar matahari terbenam.
  • Fenomena warna bak gulali sebelum matahari terbenam

2. Jalur Pendakian Gunung Lawu

Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Lawu, Ada Hamparan Edelweis Indahcommons.wikimedia.org

Sebagai gunung terwajib untuk didaki. Anda harus mengetahui jalur-jalur pendakian, sebab jalur-jalur pendakian ini memiliki karakteristik yang berbeda.

1. Jalur Pendakian Cemoro Kandang

Jalur ini dikenal sebagai jalur terpanjang sehingga jika anda memilih menggunakan jalur ini waktu yang dibutuhkan akan lama

Karena alasan inilah mengapa jalur cemoro kandang jarang sekali dipilih oleh para pendaki. Perjalanan pendakian via cemoro kandang harus melewati 5 pos, trek jalan yang berada pada jalur ini didominasi jalanan tanah padat, dan hutan rimbun.

2. Jalur pendakian Candi Cetho

Cocok bagi anda pecinta adrenalin. Basecampnya terletak di Kabupaten Karanganyar.

Jalur Pendakian Candi Cetho Jalur satu ini dikenal dengan aura mistisnya. Akan tetapi jalur ini justru jalur yang memiliki rute yang sangat asri, dan bersih dibandingkan jalur lainnya.

Kondisi medan jalannya berupa tanah padat yang memberikan kesan kuat untuk nuansa gunung dan hutannya. Saat musim kemarau jalur ini akan menghasilkan banyak debu di sepanjang perjalanan.

Namun, saat musim hujan kondisi medan menjadi licin dan sulit. Untuk mencapai puncak harus melewati 5 pos.

3. Jalur pendakian Jogorogo

Kebanyakan para pendaki menghindari jalur pendakian ini karena memiliki medan yang berbahaya dan cukup mengancam keselamatan karena adanya binatang buas.

4. Jalur pendakian Cemoro Sewu

Perjalanan menuju puncak Gunung Lawu melalui jalur pendakian cemoro sewu harus melewati 5 pos pendakian. Di jalur ini terdapat 2 sumber mata air yang terletak di pos 1 , dan antar pos 4 dan pos 5.

3. Tips Pendakian Gunung Lawu

Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Lawu, Ada Hamparan Edelweis Indahhttps://twitter.com/hashtag/gununglawu

Seperti halnya mendaki gunung lainnya, untuk mendaki Gunung Lawu yang terkenal sulit trek medannya. Anda harus tetap memiliki beberapa tips pendakian Gunung Lawu agar pendakian anda nyaman dan selamat sampai puncak Gunung Lawu.

  • Lakukan persiapan fisik dan mental
  • Persiapkan diri untuk mendapatkan tantangan di pertengahan pendakian
  • Persiapkan perlengkapan pendakian yang hanya butuhkan

Gunung Lawu merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi sehingga sangat aman untuk dimasukan dalam list gunung yang terwajib untuk didaki. Gunung Lawu juga sering dikaitkan dengan mitos dan hal-hal mistis lainnya.

Oleh karenanya, untuk melakukan pendakian ke Gunung Lawu harus tetap berhati-hati dan sebelum mendaki ke puncaknya harus melakukan olahraga rutin terlebih dahulu.

Baca Juga: Viral! Mbok Yem Pemilik Warung Pecel di Puncak Lawu Turun Gunung

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya