Comscore Tracker

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!

Dijamin nyaman, deh

Selain lekat dengan wisata sejarah, budaya, dan kuliner tradisionalnya, Kota Surakarta atau populer dengan nama Solo juga memiliki banyak tempat nongkrong yang nyaman untuk sekadar bersantai atau mengerjakan tugas.

Kalau kamu sedang berkunjung di Solo bisa mengeksplorasi tempat-tempat nongkrong di kota tersebut, yang tak kalah menariknya. Biar gak bingung, yuk simak ulasan 7 rekomendasi tempat nongkrong di Kota Solo berikut ini.

1. Lana Cafe: Seduh dan Singgah

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Tricolor Taco, salah satu menu yang dijual di Lana Cafe. (Instagram.com/lana.soloid)

Terletak tak jauh dari Stasiun Purwosari tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Nomor 440 Purwosari, Solo, Lana adalah salah satu hidden gems yang dimiliki Kota Solo.

Interior kafe ini juga cukup aesthetic buat kamu yang suka berfoto-foto dan diunggah di media sosial. Walau di tengah kota, ambience yang diberikan kafe ini sangat tenang sehingga asik dijadikan tempat untuk bersantai sendirian atau nongkrong dengan teman-teman.

Kelebihan dari kafe ini terletak pada menu yang varian ditawarkan. Kamu bisa menemukan makanan mulai dari makanan western seperti Fish Meunlere dari Perancis hingga Tahu Kupat di sini.

Dengan harga mulai dari Rp10 ribu sampai Rp50 ribu, kamu sudah bisa menikmati berbagai menu di Lana Seduh dan Singgah yang buka mulai pukul 09:00--21:00 WIB.

2. Helveteaca

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Salah satu menu mixology Helveteaca. (instagram.com/helveteaca)

Bosan dengan coffee shop, kamu bisa mencoba tea shop yang satu ini.

Helveteaca terletak tak jauh dari Lana Cafe tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 31, Purwosari, Laweyan, Solo. Kafe tersebut buka mulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Yang spesial dari tempat ini adalah mereka menjual berbagai jenis teh seperti teh melati, teh vanila, teh hitam dan teh hijau dari berbagai merek terkenal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Tong Tji dari Tegal, Tambi dari Wonosobo, Teh Naga dari Malang, dan Kepala Djenggot dari Solo. Bahkan kamu bisa meminta untuk mencampur teh pilihanmu.

Selain teh pada umumnya, Helveteaca juga menyajikan menu teh tisan dari berbagai bunga. Kalau berkunjung di sini kamu wajib mencicipi menu mixology dari mereka yang menyegarkan.

Menu di Helveteaca dapat kamu beli mulai dari Rp10 ribu sampai Rp25 ribu saja.

3. Cendhono Coffee

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Salah satu sudut favorit untuk nongkrong sambil melihat suasana Pasar Gede dari atas. (Instagram.com/Cendhonocoffee)

Tertarik merasakan sensasi ngopi di pasar? Tempat ini bisa jadi rekomendasi coffee shop yang patut dicoba.

Kafe ini terletak di Pasar Gede, salah satu pasar yang terkenal di Solo, tepatnya di lantai dua bangunan sebelah barat. Tempat ini memiliki desain interior yang klasik selaras dengan Pasar Gede dan cukup luas untuk tempat nongkrong yang memerlukan tempat yang besar. 

Jika mengunjungi Cendhono Coffee, kamu harus merasakan segarnya Teh Kampul khas Solo. Teh Kampul sendiri adalah teh yang diberi irisan jeruk nipis atau peras khas Solo. Berbeda dengan tempat lainnya, Cendhono Coffee menggunakan irisan lemon untuk campuran Teh Kampulnya.

Kamu cukup menyiapkan uang Rp8 ribu sampai Rp30 ribu untuk menikmati menu yang disajikan Cendhono Coffee.Tempat ini mulai buka pukul 09:00 WIB dan tutup pukul 24.00 WIB.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong Estetik di Semarang, Nyaman Abis!

4. Mommilk

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Salah satu varian yang dijual di Mommilk (instagram.com/mommilk_solo)

Mommilk adalah salah satu tempat nongkrong legendaris di Kota Solo. Bagaimana tidak? Tempat ini baru merayakan satu dekadenya pada 2021. Artinya, sudah 10 tahun Mommilk menemani anak-anak Solo.

Tempat ini menjual susu dengan berbagai varian rasa. Mulai dari rasa buah-buahan seperti nangka, durian dan markisa hingga rasa seperti oatmilk, hazelnut dan bubblegum ada di sini.

Mommilk berlokasi di dekat dengan Stadion Manahan tepatnya di Jalan Adi Sucipto Nomor 4, Manahan, Banjarsari, Solo. Tempatnya berkonsep garden cafe dan cukup luas untuk nongkrong bareng teman-teman.

Harga di Mommilk berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp40 ribu dan buka pukul 11.00--22.00 WIB.

5. Unknown Coffee

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Momen ketika Okin mengisi acara live music di Unknown Coffee. (Intagram.com/unknown.coffee_)

Sedikit keluar dari Solo, Unknown Coffee adalah salah satu coffee shop ternyaman di Solo. Kafe yang beralamat di Jalan Raya Baturan, Klemburan, Baturan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar ini belakangan terkenal karena sering mengadakan give away dan mengundang Okin untuk mengisi live music di sana.

Bagi kamu yang suka berfoto-foto, kafe ini sangat cocok untuk kamu karena desainnya yang instagramable. Tempatnya pun nyaman baik untuk menyendiri atau nongkrong dengan teman-temanmu.

Dengan banyak pilihan, harga menu di sini berkisar dari Rp15 ribu sampai Rp35 ribu. Jangan lupa, jam bukanya mulai pukul 08.00--24.00 WIB.

6. Honky Tonk Pizza Bar

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Salah satu varian pizza di Honky Tonk Pizza Bar. (instagram.com/honkytonkpizzabar)

Honky Tonk adalah salah satu kedai pizza New York Style pertama di Solo yang bertempat di Jalan Ir Sutami Nomor 46, Sekarpace, Jebres, Solo.

Tempat ini menjual lima pilihan pizza yang menarik untuk dicoba. Dua dari lima varian pizza yang dijual memiliki nama yang unik yaitu Burgerkilled dan Red Hot Chicken Paper. Terasa tidak asing bukan? Itu karena kedua nama itu diambil dari nama band terkenal yaitu Burgerkill dan Red Hot Chili Peppers.

Kamu bisa membeli per potong atau satu loyang penuh. Untuk setiap potongnya, harga di sini berkisar antara Rp23 ribu--Rp27 ribu. Sedangkan satu loyang di Honky Tonk Pizza Bar harganya mulai Rp150 ribu sampai Rp185 ribu.

Pizza di sini terasa spesial karena mayones mereka yang memiliki rasa berbeda dari tempat lain karena diberi potongan lemon sehingga membuat rasanya menjadi unik.

Honky Tonk Pizza Bar buka pada pukul 10.00--22.00 WIB.

7. Makan Daging

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo, Gak Cuma buat Ngopi, Cozy!Salah satu menu burger di Makan Daging. (Instagram.com/makandaging.id)

Tempat satu ini menjadi rujukan bagi warga Solo yang ingin menyantap burger lezat sekaligus mencari tempat untuk bersantai.

Burgerbar yang beralamat di Jalan Dr Rajiman Nomot 234, Kemlayan, Serengan, Solo ini menyajikan berbagai varian burger mulai dari burger ayam hingga burger daging sapi dengan resep khas mereka.

Menu di sini akan terasa lebih spesial ketika mereka sedang melakukan kolaborasi dengan restoran lain untuk membuat menu spesial yang dijual hanya untuk beberapa waktu saja.

Harga burger di Makan Daging berkisar antara Rp25 ribu sampai Rp60 ribu. Makan Daging buka pada pukul12.00--22.30 WIB.

Itulah 7 rekomendasi tempat nongkrong yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Solo. Masih banyak tempat nongkrong yang bisa kamu jelajahi baik sendirian atau bersama teman-teman. Dari ketujuh tempat nongkrong tadi, apakah kamu tertarik mencoba salah satunya?

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kafe di Pati, Cocok buat Nongkrong dan Minum Susu, Nagih

Bintang Laksana Photo Community Writer Bintang Laksana

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya