Comscore Tracker

Sambut Imlek 2020, Pecinan Pasar Gedhe Solo Siapkan 5.000 Lampion

Imlek bakal angkat tema kebhinekaan

Solo, IDN Times - Sambut perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020, kawasan pecinan di Pasar Gedhe Solo, Jawa Tengah akan dihias sebanyak 5.000 lampion dan shio. Kawasan yang terletak di pusat Kota Solo tersebut digadang-gadang bisa menjadi destinasi wisata baru di Solo. 

Puncak perayaan Tahun Baru Imlek di Solo akan digelar pada Sabtu (25/1). 

Baca Juga: Ramalan Cinta Shio Lengkap di 2020, Prediksi Asmara Tahun Tikus Logam

1. Dipasang sejak awal Januari hingga sebulan ke depan

Sambut Imlek 2020, Pecinan Pasar Gedhe Solo Siapkan 5.000 LampionIDN Times / Larasati Rey

Tokoh Tionghoa Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan pemasangan lampion sudah dimulai sejak awal Januari 2020. Sedangkan lampion-lampion tersebut akan dinyalakan pada Rabu (15/1) hingga Sabtu (15/2) mendatang.

Selain memasang 5.000 lampion, panitia juga akan memasang 12 lampion shio, lampion dewa uang, dan enam maskot lampion shio tikus mengingat tahun 2571 merupakan unsur shio tikus.

“ Ini sudah persiapan, termasuk kawat-kawat penyangga juga, dan kita usahakan sebelum tanggal 19 sudah nyala. Karena kita sudah minta listik ke PLN pada tanggal 15 Januari mulai dialiri sampai nanti tanggal 15 Februari,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (7/1).

Pemasangan 12 lampion shio sendiri akan dipasang di tengah jalan Jenderal Sudirman (Jensud) dan sekitar Pasar Gedhe Solo. Pemasangan lampion dan shio selama satu bulan membutuhkan daya listrik sebanyak 6.000 kw.

2. Imlek 2571 bakal mengangkat tema Kebhinnekaan

Sambut Imlek 2020, Pecinan Pasar Gedhe Solo Siapkan 5.000 LampionIDN Times / Larasati Rey

Lebih lanjut, Sumartono menambahkan untuk tema Imlek 2571 mengangkat tema ‘Merajut Kebhinnekaan Memperkokoh NKRI’, tema tersebut sama dengan tema perayaan Imlek tahun lalu. Menurutnya, tema kebhinnekaan masih relevan dengan situasi negara saat ini. Adanya tema ini diharapkan bisa mempersatukan kembali masyarakat yang mulai terpecah belah oleh suku, ras, dan agama.

“Kita mengangkat Kebhinnekaan, karena kalau kita sekarang ini situasi negara ini sering memperjual belikan suka ras agama ini kan tidak pas, marilah kita siapa pun kita kita sama-sama Indonesia, terutama tahun depan ini kan Pilkada, kita berharap sama-sama menjunjung tinggi ketentraman dan situasi yang aman,” ungkapnya.

Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 nantinya bertepatan dengan event  low season yaitu  Solo Great Sale (SGS). Sumartono mengatakan, kemungkinan penyalaan lampion di kawasan itu akan diperpanjang untuk event Solo Great Sale yang digelar pada bulan Februari 2020 mendatang.

3. Kawasan Pecinan jadi destinasi wisata baru di Solo

Sambut Imlek 2020, Pecinan Pasar Gedhe Solo Siapkan 5.000 LampionIDN Times / Larasati Rey

Pemasangan ribuan lampion tersebut, dinilai bisa mendatangakn wisawatan untuk datang ke Kota Solo. Selain bisa menikmati kawasan pecinnan di Kota Solo, para wisatawan juga bisa berswafoto disepanjang lampion tanpa dipungut biaya.

“Bentuk lampion yang dipasang setiap tahun ada perbedaan bentuknya. Supaya pengunjung yang datang untuk  berswafoto tidak merasa bosen," jelas dia. Selain menyambut Imlek, ujarnya.

Perayaan Imlek 2571 di Solo nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara, antara lain bakti sosial donor darah, Solo Imlek Festival, Grebeg Sudiro, panggung musik, lomba foto model fashion show. Kemudian atraksi barongsai, seni kaligrafi Mandarin, lomba karaoke Mandarin, kirab barongsai, lomba foto hobi dan jurnalistik, Solo Imlek Fair, dan perayaan Cap Go Meh.

Baca Juga: Kerap Jadi Santapan Khas Imlek, 6 Fakta Ikan Hiu Ini Wajib Kamu Tahu

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya