Comscore Tracker

Wellness Tourism, Kini Solo Punya Pusat Kebugaran dan Fisioterapi

Jadi solusi pengobatan pasca cidera

Suakarta, IDN Times - Untuk mendorong program wellness tourism di Kota Solo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bersama Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menghadiri launching Maha Bodhi Health And Fitness Center di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 68 Mangkubumen, Solo, Kamis (28/10/21).

Pusat fisioterapi dan kebugaran Maha Bodhi ini menghadirkan one stop solution untuk kebugaran dan penanganan pasca cedera olahraga. 

Baca Juga: Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga Sport

1. Sejalan dengan program pemerintah

Wellness Tourism, Kini Solo Punya Pusat Kebugaran dan FisioterapiWalikota Solo Gibran Rakabuming meninjau Maha Bodhi. IDNTimes/Larasati Rey

Adanya pusat kebugaran tersebut, menurut Gibran sejalan dengan program pemerintah Kota Solo, dimana Kota Solo sedang mengadakan wellness tourism dengan menjadi tuan rumah Liga 1 dan Liga 2 ini merupakan sebuah opportunity tersendiri untuk Kota Solo. 

“Solo membutuhkan tempat seperti ini di tengah pandemik ini menjadi waktu yang sangat pas sekali untuk usaha kebugaran dan kesehatan, karena orang-orang akan lebih konsen dengan masalah kesehatan dan akan lebih care dengan healthy mereka, dan saya yakin peminatnya akan banyak sekali mulai dari professional, ibu-ibu rumah tangga, dan anak-anak muda. Semoga ke depannya bisa lebih bersinergi dengan program-program Pemerintah Kota Surakarta,” katanya.

2. Layanan one stop solution

Wellness Tourism, Kini Solo Punya Pusat Kebugaran dan FisioterapiPusat kebugaran & fisioterapi Maha Bodhi di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Bukan sembarang pusat kebugaran, di lokasi tersebut juga dilengkapi dengan fisioterapi yang terukur dan representative di Solo masih sangat dibutuhkan. Cedera olahraga (sport injury) yang mungkin terjadi memerlukan perawatan ataupun rehabilitasi agar terhindar dari risiko cacat fisik. 

Di luar hal tersebut, treatment fisioterapi ternyata juga memiliki banyak manfaat dalam pemulihan pasca Long Covid. Proses pemulihan ini dapat dilakukan melalui terapi manual dan latihan fisik di pusat kebugaran. 

Pusat fisioterapi dan kebugaran tersebut didukung dengan hadirnya terapis - terapis terbaik yang telah bersertifikat serta peralatan terapi fisioterapi yang canggih, salah satunya Curapuls 970, mesin Short Wave Diathermy (SWD) yang dapat memproduksi gelombang elektromagnetik, memiliki efek terapeutik merelaksasi otot dan jaringan lunak di area yang dikeluhkan, seperti nyeri persendian, nyeri ngilu yang menjalar, keterbatasan gerak, otot spasm dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat beragam kelas dapat diikuti oleh pecinta olahraga seperti, Yoga, Zumba, Pound Fit, MB Tabata, MB Circuit Training, MB Boxing, MB Body Shape, MB Core Blast

3. Menangani rehabilitasi pasca cidera

Wellness Tourism, Kini Solo Punya Pusat Kebugaran dan FisioterapiWalikota Solo Gibran Rakabuming meninjau Maha Bodhi. IDNTimes/Larasati Rey

Owner Maha Bodhi, Tanu Krismanto menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi sebagai atlet dan pelatih, kasus cedera pada atlet ternyata membutuhkan satu terapi panjang dan bila tidak segera diatasi bisa berakibat fatal hingga menyebabkan cacat fisik. 

“Kami melihat di Solo ini sudah banyak fitnes center, tapi yang mempunyai konsep lebih representatif itu belum ada. Ini menjadi awal pemikiran kami dengan menggabungkan kebugaran (fitnes center) dan fisioterapi,” ungkapnya.

Tanu mengungkapkan, Maha Bodhi hadir di tengah pandemi ini juga sebagai solusi penanganan otot-otot tubuh bagi mereka yang terkena long covid. 

“Saya sendiri penyintas, tahu bagaimana rasanya otot-otot melemah karena covid. Dengan adanya fisioterapi di Maha Bodhi ini diharapkan dapat membantu memulihkan kembali otot-otot agar dapat bekerja dengan baik seperti semula dan menjadikan tubuh bugar," tutupnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Wellness di Jawa Tengah Menurut Kemenparekraf

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya