TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penjualan Rumah Harga Rp1 Miliar di Semarang Tinggi saat Pandemik 

Kebijakan insentif PPN dorong penjualan naik

Ilustrasi memilih rumah (dok. Citragrand Semarang)

Semarang, IDN Times - Pengembang perumahan yang menyasar segmen menengah ke atas tidak terdampak pandemik COVID-19. Sebab, permintaan rumah seharga lebih dari Rp1 miliar laris manis terjual.

Baca Juga: Penjualan Rumah di Semarang Anjlok hingga 60 Persen Saat PPKM 

1. Penjualan rumah tumbuh 35 persen

General manager Citragrand Semarang, Berlian Febriana menyampaikan pertumbuhan properti di acara media gathering secara virtual. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

General manager Citragrand Semarang, Berlian Febriana mengatakan, animo konsumen yang membeli rumah diatas satu miliaran diklaim tinggi saat pandemik. Sebab, segmen menengah ke atas tersebut tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi saat ini.

‘’Mereka lebih memilih membeli properti daripada menginvestasikan uangnya di deposito,’’ ungkapnya saat media gathering secara virtual, Sabtu (11/9/2021).

Dari catatan Citragrand, penjualan rumah pada triwulan II tahun 2021 tumbuh 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

2. Program insentif PPN berdampak positif terhadap penjualan rumah

Ilustrasi rumah millennial (dok. Citragrand Semarang)

Pertumbuhan positif tersebut juga didorong kebijakan insentif atau pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) yang berlaku sejak Maret hingga Agustus 2021.

‘’Kami pun yakin jika penjualan rumah hingga akhir tahun pun akan kembali mengalami peningkatan seiring perpanjangan program insentif PPN hingga Desember mendatang,’’ tuturnya.

Adapun, nilai investasi properti di Citragrand dalam tiga tahun terakhir tercatat mengalami kenaikan rata-rata 15 persen. Ada kenaikan hampir 10 persen pada tahun ini dibandingkan 2020. Hal itu seiring dengan penambahan fasilitas-fasilitas baru yang dikembangkan seperti kawasan bisnis, fasilitas pendidikan, masjid, club house dan danau yang saat ini dalam tahap pembangunan.

Baca Juga: Rumah Sehat di Semarang Dibandrol Mulai Rp800 Jutaan 

Berita Terkini Lainnya