Comscore Tracker

Konsumsi BBM Arus Balik Naik 57 Persen, Paling Banyak di Brebes

Puncak peningkatan konsumsi Avtur pada H-5 Lebaran

Semarang, IDN Times - Kebijakan pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik saat Lebaran 2022, setelah dua tahun pandemik COVID-19 berdampak terhadap peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) mencatat, konsumsi BBM saat arus mudik maupun balik naik mencapai lebih dari 50 persen. 

1. Realisasi konsumsi BBM saat libur Lebaran melampaui target

Konsumsi BBM Arus Balik Naik 57 Persen, Paling Banyak di BrebesPetugas SPBU mengisi BBM di motoris Pertamina. (dok. Pertamina Patra Niaga JBT)

Puncak arus mudik di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadi pada satu hari menjelang Lebaran atau Minggu (1/5/2022). Konsumsi BBM Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) meningkat lebih dari 56 persen dibandingkan kondisi normal. Kenaikan itu lebih tinggi dari estimasi awal yang rata-rata pada masa mudik meningkat 42 persen di hari yang sama.

Lalu, untuk arus balik, konsumsi BBM Gasoline naik lebih dari 57 persen. Adapun, puncak arus balik terjadi empat hari setelah Lebaran atau Jumat (6/5/2022). Realisasi konsumsi BBM saat arus balik juga lebih tinggi dari estimasi awal yakni, 45 persen pada lima hari setelah Lebaran atau Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Konsumsi BBM di Jateng Diprediksi Naik 45 Persen 

2. Konsumsi BBM di Brebes capai 813 KL per hari

Konsumsi BBM Arus Balik Naik 57 Persen, Paling Banyak di BrebesPetugas motoris Pertamina mengisi BBM ke tangki mobil pemudik. (dok. Pertamina Patra Niaga JBT)

Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan, selama arus mudik libur Lebaran pihaknya berupaya melayani secara maksimal dengan menjaga dan terus memonitor ketersediaan stok dan distribusi di SBPU.

‘’Setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik (Lebaran) ini,” katanya, Selasa (10/5/2022).

Konsumsi BBM Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) oleh pemudik paling banyak terjadi pada selama H+3 Lebaran atau Kamis (5/5/2022) hingga H+6 Lebaran Sabtu (7/5/2022).

Untuk wilayah dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120 persen dibandingkan rata-rata normal yang hanya 368 KL/hari.

Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen sebanyak 678 KL per hari atau naik 119 persen dibandingkan kondisi normal 309 KL per hari. Kemudian, disusul Kabupaten Tegal 743 KL per hari atau naik 102 persen dibandingkan kondisi normal di angka 366 KL per hari.

3. Konsumsi Avtur tertinggi di DPPU Adi Soemarmo, Adi Sucipto, dan YIA

Konsumsi BBM Arus Balik Naik 57 Persen, Paling Banyak di BrebesMobil tangki BBM mengisi avtur di pesawat udara. (dok. Pertamina Patra Niaga JBT)

Selain jalur darat, Pertamina juga berhasil memenuhi kebutuhan Avtur untuk pemudik yang menempuh perjalanan dengan moda transportasi udara atau pesawat terbang.

Brasto menyebut, konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang ada di Jawa Tengah dan DIY yang meningkat saat puncak arus mudik jalur udara pada H-5 Lebaran atau Kamis (28/4/2022) sebesar lebih dari 81 persen.

""Sementara, puncak pada masa arus balik terjadi pada H+4 Idulfitri atau Jumat (6/5/2022) dengan peningkatan sebesar lebih dari 58 persen,’’ jelasnya.

Sementara, peningkatan konsumsi tertinggi pada puncak mudik maupun arus balik terjadi di DPPU Adi Soemarmo, DPPU Adi Sucipto dan DPPU Yogyakarta International Airport (YIA).

4. Dukungan banyak pihak untuk kelancaran layanan energi

Konsumsi BBM Arus Balik Naik 57 Persen, Paling Banyak di BrebesIlustrasi aktivitas di SPBU milik PT Pertamina (Persero). (Dok. IDN Times/bt)

Brasto mengapresiasi kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY beserta jajarannya, serta kepolisian, TNI, Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, Telkom, perbankan dan seluruh pihak yang terlibat mendukung kelancaran operasional dan menyukseskan layanan energi oleh Pertamina sepanjang masa Ramadan dan Idulfitri 2022.

“Seluruh kelancaran layanan Pertamina tidak akan terwujud tanpa koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak yang terkait. Terima kasih sudah mendukung kelancaran penyaluran BBM dan Avtur, bersama-sama kita berhasil mengamankan kebutuhan energi masyarakat dan pemudik sepanjang arus mudik, arus balik, dan saat Hari Raya Idulfitri 2022,” pungkasnya.

Baca Juga: Stok BBM di Fuel Terminal Jateng Bisa untuk 12,6 Hari, Cukup Buat Arus Balik

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya