Comscore Tracker

Integrasi BaaS BCA Digital dengan BinusMaya, Bikin Mahasiswa Jago

Mahasiswa bisa tahu soal pengelolaan dan literasi keuangan

Semarang, IDN Times - Bina Nusantara melalui Binus University terus berinovasi dalam langkah transformasi digital kepada para mahasiswanya. Inovasi yang dilakukan salah satunya adalah mengeluarkan produk dan layanan baru berupa payment solution (solusi pembayaran).

1. Kolaborasi dengan BCA untuk melayani 42 ribu mahasiswa

Integrasi BaaS BCA Digital dengan BinusMaya, Bikin Mahasiswa JagoGedung Bank BCA (Website/bca.co.id)

Inovasi tersebut merupakan kolaborasi Binus University dengan bank BCA. Rektor Binus University, Harjanto Prabowo mengatakan, hal tersebut menjadi komitmen kampusnya untuk selalu menghadirkan layanan digital yang terdepan.

“Ini selaras dengan Binus, yang terus berinovasi dan beradaptasi sesuai dengan perkembangan, terutama di era digital saat ini. Kolaborasi dengan blu by BCA Digital ini dapat mendukung transformasi digital di Binus dengan penyediaan fasilitas dan teknologi yang akan memberi kemudahan dan kenyamanan bagi 42 ribu Binusian (para mahasiswa Binus) selama berkuliah,” ujarnya dilansir keterangan resmi, Rabu (10/8/2022).

2. Layanan terintegrasi aplikasi BinusMaya Mobile

Integrasi BaaS BCA Digital dengan BinusMaya, Bikin Mahasiswa JagoIlustrasi perkuliahan di kampus. (Unsplash.com/javotrueba)

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati menjelaskan, layanan bank as a service (BaaS) dari blu by BCA Digital tersebut akan terintegrasi di dalam platform digital BinusMaya.

Integrasi BaaS memungkinkan mahasiswa Binus mengakses berbagai layanan perbankan blu dari aplikasi BinusMaya Mobile. Seperti pembukaan rekening blu, transfer, tarik atau setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, top-up E-Money, dan mengirim bluGift.

“Kolaborasi ini adalah bagian dari roadmap (peta jalan) BCA Digital untuk membangun ekosistem digital berkelanjutan di Indonesia. Setelah BaaS terintegrasi dengan e-commerce dan telekomunikasi, BCA Digital menjadi bank digital pertama yang menerapkan BaaS di bidang pendidikan. Per 29 Juni 2022, layanan blu sudah bisa diakses langsung dari aplikasi BinusMaya Mobile,” ujarnya.

Menurut Lanny, hadirnya blu di aplikasi BinusMaya dapat menjadi sahabat finansial mahasiswa yang tidak hanya mempermudah pembayaran kuliah, tapi juga membantu mengelola keuangan, sekaligus meningkatkan literasi keuangan mereka.

3. Mahasiswa Binus bisa belajar literasi keuangan

Integrasi BaaS BCA Digital dengan BinusMaya, Bikin Mahasiswa JagoCEO of Bina Nusantara, Bernard Gunawan (kiri) dan Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati (kanan) saat peluncuran digital payment ecosystem. (Dok. Bank BCA)

BinusMaya merupakan aplikasi pembelanjaran yang dibuat untuk mempermudah proses belajar mahasiswa Binus University dengan berbagai fitur yang tersedia. Mahasiswa dan dosen dapat mengecek jadwal kuliah, mengakses sumber materi pembelajaran, mengerjakan tugas, urusan administrasi perkuliahan, hingga diskusi interaktif melalui online forum.

Kolaborasi tersebut tidak hanya berhenti pada di integrasi antaraplikasi. Para mahasiswa juga bisa mengikuti kelas pengelolaan keuangan yang secara eksklusif diselanggarakan oleh blu by BCA Digital.

Kelas bernama bluAcademy itu bertujuan mengedukasi mahasiswa mengenai literasi keuangan, yang akan menjadi bekal untuk mengatur finansial dalam keseharian mereka.

Menggandeng Finansialku, kelas tersebut membuka pendaftaran hingga maksimal 250 mahasiswa dan akan berjalan selama 2--3 bulan.

Baca Juga: Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya