TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tumis Pare Teri Medan, Lauk Simpel yang Bikin Boros Nasi

Tumis pare lauk rumahan paling favorit

ilustrasi tumis pare teri medan (youtube.com/CR COOK)

Pare dikenal sebagai sayur dengan ciri khasnya memiliki cita rasa pahit. Rasa pahit pare berasal dari senyawa alkaloid bernama momordicine. Meski punya rasa pahit yang melekat, namun sensasi pahit pare bisa diminimalisir dengan pengolahan yang tepat. Sehingga kamu bisa menyajikan sayur pare dengan rasa yang bisa diterima di lidah.

Dengan cara pengolahan yang benar menghasilkan lauk pare yang sedap. Di antaranya, kamu dapat memasak pare dengan cara ditumis. Tumis pare jadi salah satu olahan pare paling familiar karena cara masaknya yang simpel. Tumis pare paling cocok dikombinasikan dengan ikan teri. Nah, resep tumis pare teri medan berikut ini menjadi menu masakan yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Campur Tahu, Praktis dan Enaknya Kebangetan

Bahan Membuat Tumis Pare Teri Medan

ilustrasi pare (freepik.com/jcomp)

Bahan:

  1. 2 buah pare
  2. 50 gram teri medan
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 3 buah cabai merah besar
  6. 2 buah cabai rawit merah
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/2 sdt kaldu bubuk
  9. 1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat

ilustrasi menumis pare (youtube.com/CR COOK)
  1. Siapkan pare di atas talenan kemudian dibelah menjadi dua bagian. Selanjutnya, buang bagian isian pare menggunakan bantuan sendok makan sampai tak tersisa. Sisihkan.
  2. Setelah itu, iris-iris pare dengan ketebalan menurut selera. Hasil irisan pare ini kemudian ditaruh ke dalam wadah. Barulah, masukkan garam secukupnya ke dalam wadah berisi pare lalu diremas sampai layu.
  3. Bila pare sudah layu kemudian diamkan selama 1 jam hingga mengeluarkan air. Sesudah didiamkan, kemudian remas pare kembali hingga seluruh air pare keluar. Barulah, bilas pare hingga benar-benar bersih lalu tiriskan.
  4. Setelah memproses pare, tahap selanjutnya adalah membuat bumbu dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit merah. Setelah bumbu dihaluskan, terlebih dulu menggoreng teri medan sampai berwarna kuning kecokelatan. Tiriskan.
  5. Barulah, tumis bumbu halus sampai harum dan matang tanak. Selanjutnya, masukkan pare ke dalam tumisan bumbu yang sudah matang. Jangan lupa diaduk rata kemudian ditumis pare hingga layu.
  6. Jika pare sudah layu kemudian bumbui dengan garam, kaldu bubuk, serta gula pasir. Diaduk rata lalu koreksi rasa. Bila dirasa sudah pas kemudian lanjut memasak tumis pare sampai matang. 
  7. Sesudah matang lalu matikan api. Selanjutanya, tambahkan teri medan yang sudah digoreng tadi lalu aduk rata. Sisihkan.
  8. Tumis pare teri medan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Daging Nanas Simpel, Solusi Masak Enak dan Cepat

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya