Comscore Tracker

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!

Dessert cantik bak kreasi toko kue favorit

Salah satu kue nikmat yang pesonanya sulit ditolak adalah bolu gulung. Kue yang memiliki tekstur super lembut dengan beragam varian tersebut, sangat memanjakan selera tiap orang.

Salah satu kreasi bolu yang patut dicoba adalah bolu gulung bunga telang. Dibanding membeli bolu gulung di toko kue yang harga dan rasanya tidak sesuai. Alangkah lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat bolu gulung bunga telang? Kamu bisa simak resep bolu gulung bunga telang berikut ini.

1. Bahan-bahan membuat bolu gulung bunga telang

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!ilustrasi bunga telang (instagram.com/man0po)

Bahan kue: 

  • 60 gram susu bubuk 
  • 40 gram tepung terigu
  • 10 gram tepung beras 
  • 45 gram minyak sayur 
  • 20 gram gula pasir 
  • 4 buah putih telur 
  • 35 gram gula pasir 
  • 2 sdt air perasan lemon 
  • 1/4 sdt ekstrak vanila.

Bahan isian: 

  • 200 ml air rebusan bunga telang
  • 100 ml whipping cream
  • 1 sdm gula halus.

2. Kocok putih telur sampai bentuknya kaku

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!ilustrasi mengocok whipping cream (Unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Masukkan susu bubuk, ekstrak vanila, gula, tepung terigu, tepung beras, dan minyak sayur ke dalam wadah. Aduk rata, jika sudah tercampur sisihkan.

Ambil mangkuk kaca, kocok 4 buah putih telur bersuhu ruang. Mikser dengan kecepatan rendah. Saat mulai berbusa, naikkan kecepatan mikser sedikit demi sedikit. Selanjutnya tambahkan air perasaan lemon. 

Apabila sudah muncul banyak gelembung, tambahkan 35 gram gula pasir. Tuang gula secara bertahap sembari terus dikocok. Saat putih telur sudah mengembang dan kokoh, matikan mikser. 

Baca Juga: 6 Resep Kue Bolu khas Indonesia, Cocok Jadi Camilan untuk Jamuan

3. Campur kocokan telur dan tepung

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!ilustrasi mencampur bahan (Pexels.com/Roman Odintsov)

Tips supaya adonan tercampur dengan sempurna. Tuang separuh kocokan putih telur ke dalam campuran tepung. Aduk rata dengan perlahan hingga semuanya tercampur. Setelah itu baru tambahkan sisa putih telur tadi ke dalam adonan.

Tuang adonan ke dalam loyang yang dilapisi baking paper. Ratakan adonan, lalu banting loyang perlahan, supaya gelembung udara yang terperangkap menghilang.

4. Panggang bolu hingga matang

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!ilustrasi memanggang bolu (Pexels.com/Ron Lach)

Panaskan oven dengan suku 163 derajat Celsius. Jika oven sudah benar-benar panas, masukkan loyang dan panggang adonan selama 12--15 menit. 

Keluarkan bolu yang sudah matang dari oven. Balik loyang dengan hati-hati agar kue tidak rusak. Biarkan suhunya dingin kurang lebih 20 menit.

Selanjutnya mikser whipping cream, air rebusan bunga telang, dan gula bubuk. Kocok hingga bentuknya kaku dan mengembang.

5. Gulung bolu dan sajikan dengan suhu dingin

Resep Bolu Gulung Bunga Telang, Tekstur Lembut di Setiap Gigitan!ilustrasi bolu gulung bunga telang (Instagram.com/tabemanda)

Oleskan krim isian ke permukaan bolu. Gulung bolu dengan hati-hati. Untuk mengencangkan, gulung dengan agak sedikit ditekan. Bungkus dengan plastik, lalu dinginkan di kulkas sekitar 6 jam atau lebih.

Saat hendak disajikan, keluarkan bolu dari kulkas. Potong sesuai selera dan hidangkan dalam keadaan dingin. Tada! Bolu gulung bunga telang siap dinikmati.

Kue ini cocok disantap sebagai kudapan di segala kesempatan. Bentuknya cantik dan teksturnya yang lembut, bisa jadi dessert acara spesial atau ide hantaran khusus untuk kerabat. Tertarik untuk mencoba bolu gulung bunga telang? Langsung aja buat sekarang, yuk!

Baca Juga: 5 Resep Kue Bolu Gulung, Cocok untuk Pemanis Segala Acara

Firda Widi Astuti Photo Community Writer Firda Widi Astuti

Seorang insan yang berharap keberadaannya punya manfaat untuk sesama. | Instagram: @firdaus_wa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya