Resep Miso Udon Zosui, Sup Nasi Kuah Miso Ala Jepang yang Lezat

Bubur ala Jepang yang dibumbui seperti udon!

Tahukah kamu bahwa zosui merupakan hidangan yang juga lezat? Dengan kombinasi dari kaldu miso dan kelembutan nasi, sup ini memberikan pengalaman kuliner yang baru dari masakan Jepang. Hidangan ini dibumbui dengan teknik seperti membuat udon.

Kali ini resep miso zosui, yang merupakan sup hangat dengan rasa miso, bisa kamu nikmati di rumah. Selain bahan, cara pembuatannya juga gampang, kok. Yuk, simak resepnya di sini!

Baca Juga: Resep Miso Soup Kepala Ikan Salmon, Hidangan ala Jepang

Bahan Membuat Miso Udon Zosui

Resep Miso Udon Zosui, Sup Nasi Kuah Miso Ala Jepang yang Lezatilustrasi membuat miso udon zosui (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. 100 gr nasi
  2. 60 gr ayam
  3. Sejumput garam dan lada
  4. 30 gr wortel
  5. 20 gr kucai
  6. 20 gr jamur shimeji
  7. 2-3 iris kamaboko atau kue ikan rebus
  8. 1/2 lembar tahu goreng tipis (aburaage)
  9. 1 telur
  10. 1/2 sdt minyak
  11. 300 ml air
  12. 1 sdm pasta miso
  13. 1 sdm sake
  14. 1 sdm mirin
  15. 1-2 sdt gula
  16. Sejumput bubuk dashi
  17. Sejumput garam

Cara Membuat Miso Udon Zosui

Resep Miso Udon Zosui, Sup Nasi Kuah Miso Ala Jepang yang Lezatilustrasi penambahan bumbu pada zosui (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Pertama-tama, persiapkan semua bahan yang diperlukan dan potonglah mereka menjadi potongan kecil sesuai dengan ukuran gigitan. Pastikan ayam dipotong menjadi ukuran yang sesuai dan wortel diiris tipis agar dapat dimasak dengan cepat dan merata.
  2. Setelah itu, panaskan sedikit minyak di wajan atau panci besar dengan api sedang. Tumis potongan ayam yang sudah dipersiapkan hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.
  3. Saat tumisan ayam mulai berubah warna, tambahkan sedikit garam dan lada sesuai selera untuk memberikan rasa pada ayam yang sedang dimasak. Pastikan untuk terus mengaduk agar ayam matang merata dan tidak gosong.
  4. Begitu ayam telah matang dan berwarna kecokelatan, tambahkan potongan wortel ke dalam wajan atau panci. Tumis bersama ayam selama beberapa saat hingga wortel mulai lunak tetapi masih tetap renyah. Proses ini membantu mengembangkan rasa dan aroma bahan-bahan sebelum ditambahkan ke dalam sup zosui.
  5. Selanjutnya, setelah ayam dan wortel telah sedikit dimasak, tambahkan nasi matang ke dalam wajan atau panci. Tambahkan juga potongan jamur, tahu goreng, dan air ke dalam campuran di wajan atau panci.
  6. Aduk semua bahan secara merata agar tercampur dengan baik dan biarkan mereka mendidih bersama-sama. Proses ini memungkinkan semua rasa dan bahan untuk bercampur dan menciptakan sup yang kaya dan lezat.
  7. Kemudian, setelah campuran nasi dan bahan lainnya mulai mendidih, tambahkan bumbu-bumbu seperti miso, sake, mirin, gula, bubuk dashi, dan garam sesuai dengan selera dan preferensi rasa. Tambahkan bahan-bahan ini secara bertahap sambil mencicipi sup untuk memastikan rasa yang diinginkan tercapai.
  8. Biarkan sup mendidih dan bumbui selama beberapa saat lagi agar semua rasa tercampur dengan baik. Ketika sup sudah matang dan rasa sudah sesuai dengan yang diinginkan, tambahkan potongan kucai ke dalam sup sebagai pelengkap yang segar.
  9. Terakhir, pecahkan telur ke dalam sup secara perlahan agar telur bisa matang dengan sempurna. Biarkan telur matang sesuai dengan konsistensi yang diinginkan, apakah itu setengah matang atau matang sempurna.
  10. Setelah semua langkah selesai, sup zosui siap disajikan dengan hangat dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat menikmati!

Tips Membuat Miso Udon Zosui

Resep Miso Udon Zosui, Sup Nasi Kuah Miso Ala Jepang yang Lezatilustrasi penambahan telur (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Potong semua bahan dengan ukuran yang seragam agar bisa matang secara merata. Hal ini agar setiap gigitan sup memiliki kombinasi bahan yang sempurna.
  2. Setelah sup selesai dimasak, pastikan untuk menjaga suhu sup tetap hangat saat disajikan. Hal ini agar sup tetap lezat dan nikmat saat kamu menyantapnya.
  3. Pecahkan telur ke dalam sup secara perlahan dan perhatikan konsistensinya. Kamu dapat memilih untuk membiarkan telur setengah matang atau matang sepenuhnya tergantung pada preferensi pribadi.
  4. Tambahkan topping tambahan sesuai selera untuk meningkatkan rasa dan tekstur sup. Kamu bisa mencoba tambahan seperti irisan bawang hijau, potongan nori, atau potongan daging panggang untuk memperkaya hidangan.

Dengan resep ini, kamu dapat menciptakan miso udon zosui yang lezat dan autentik. Cita rasanya sangat kaya dengan kenikmatan kuliner ala Jepang. Selamat mencoba memasak dan menikmati hidangan ini bersama orang-orang tersayang!

Baca Juga: Resep Chicken Mushroom Donkkaseu, Nasi Katsu Ayam Hidangan Korea

Porcelain Photo Community Writer Porcelain

・ʚ gastronomi, every recipe has tips ɞ・ ・ʚ ig/tt/t: nndf_prcl ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya