Comscore Tracker

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh 

Resep kopi hitam enak dan menyehatkan tubuh

Dibalik rasanya yang pahit, kopi hitam menjadi salah satu minuman yang paling dicari di seluruh dunia. Berbagai olahan kopi hitam untuk menciptakan varian rasa baru tak jarang memanfaatkan bahan-bahan sintetis. Bahan-bahan sintetis ini tentu aman dikonsumsi jika tidak berlebihan. 

Namun demikian, bahan-bahan alam akan jauh lebih aman bagi tubuh jika dibandingkan bahan sintetis. Sebagaimana bahan sintetis, bahan-bahan alam ini juga dapat menciptakan banyak varian rasa yang enak. Bagaimanakah resep serta manfaatnya bagi tubuh? Yuk simak penjelasannya.

1. Kopi hitam dengan kayu manis

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh pexels/Cristian Rojas

Menambahkan kayu manis yang kaya antioksidan  ke dalam kopi hitam akan memberikan aroma rempah-rempah yang kuat.

Juga memberi rasa manis  sebagai pengganti gula pasir. Namun, pilihlah kayu manis jenis cassia yang berasal dari Indonesia karena rasa manisnya yang paling dominan dibandingkan kayu manis negara lain.

Resep ini cocok bagi penderita diabetes karena kayu manis bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Selain itu, kayu manis juga bermanfaat memperbaiki sirkulasi darah dan menurunkan kolesterol.

Untuk menjaga gula darah tetap normal, anda dapat menambahkan gula aren jika dirasa kurang manis. 

2. Menambahkan buah vanilla ke dalam kopi

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh pexels/cottonbro

Vanilla bubuk instan sebagai penambah rasa aneka kue terinspirasi dari bahan alam buah vanilla. Buah vanilla rasanya manis, bentuknya mirip kacang polong.

Pada beberapa cafe, menambahkan buah vanilla bukan hal asing. Dengan demikian, penikmat kopi dapat menggantikan gula pasir dengan buah vanilla untuk mendapatkan rasa manis. 

Seperti yang dilansir dari doktersehat.com bahwa salah satu manfaat buah vanilla untuk mencegah jerawat yang disebabkan bakteri Propionibacterium acnes. Juga, buah vanilla bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kekuatan rambut.

Karena kopi bermanfaat untuk menaikkan kinerja otak, maka perpaduan kopi dan vanilla menjadikan penikmatnya pintar dan rupawan. 

3. Kopi hitam dengan gula aren

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh pexels/Victor Freitas

Gula aren dapat menjadi pengganti gula pasir menemani momen menyeruput kopi. Nilai indeks glikemik gula pasir 100 lebih cepat menaikkan gula darah daripada nilai indeks glikemik gula aren 35.

Itulah sebabnya, gula aren sangat cocok dinikmati penderita diabetes. Selain itu, kandungan kalium dalam gula aren baik bagi tubuh, diantaranya menurunkan resiko batu ginjal dan mencegah osteoporosis.

4. Mencampurkan minyak kelapa ke dalam kopi hitam

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh pexels/Jonathan Borba

Bagi penikmat kopi  warkop pinggir jalan, barangkali ini terdengar aneh. Namun, praktek ini bukan hal baru di kafe-kafe modern. Bukan sembarang minyak kelapa yang dicampurkan, melainkan MCT oil (Medium Chain Triglycerides), hasil ekstrasi minyak kelapa. 

Selain MCT oil, juga ada tambahan mentega organik yang bukan sembarang merek. Campuran kopi, MCT oil dan mentega organik sangat baik untuk kinerja otak. Selain itu, kombinasi ini memberi cita rasa kopi hitam yang tidak terlalu pahit dan lembut seperti krimer.

Dikutip dari PikiranRakyat-Tasikmalaya.com, MCT oil merupakan sumber energi yang baik. Juga, membantu mengurangi laktat dan karenanya sering dikonsumsi para atlet untuk meningkatkan performa.  Dengan demikian, resep kopi hitam minyak MCT oil ini akan menjadikan cita rasa kopi yang sedikit pahit, lembut dan berdampak menaikkan tingkat energi. 

5. Kopi hitam susu

5 Resep Kopi ala Kafe yang Enak dan Menyehatkan Tubuh pexels/Denys Gromov

Kopi hitam latte yang biasa dipromosikan di kafe-kafe merupakan campuran susu sehingga memberi cita rasa yang khas dan manis. Penikmat kopi juga dapat membuat kopi hitam latte sendiri di rumah dengan pemanis gula aren dan susu pilihan yang lebih menyehatkan.

Pilihlah susu yang rendah lemak dan tinggi protein seperti susu skim, susu almond dan susu lainnya. Dilansir dari aladokter.com protein dalam susu bermanfaat untuk menambah massa otot, menambah kekuatan dan menghilangkan lemak. 

Nah, jika sudah tahu resepnya, bagaimana jika buat kopi hitam ala kafe di rumah dengan bahan yang lebih alami? Bahan-bahan alami mengandung banyak antioksidan. Karena itulah, penggunaan bahan-bahan alami akan memberi dampak yang lebih menyehatkan.

Baca Juga: 5 Resep Bakso Rumahan, Simpel dan Mudah Ditiru

Sari rachmah Photo Community Writer Sari rachmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya