Comscore Tracker

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohong

Gelagatnya saja tampak tidak tenang

Apakah kamu pernah merasa aneh ketika sedang asyik berbicara dengan seseorang? Penyebabnya karena pembicaraan seseorang tersebut semakin lama semakin terdengar tidak masuk akal.

Jika saja kamu mau menelaah lebih dalam, mungkin kamu akan menarik kesimpulan bahwa dia sedang berbohong. Terlebih lagi saat dilihat dari gelagatnya saja tampak tidak tenang.

Untuk mengetahui lebih jelas apakah seseorang sedang berbohong padamu atau tidak saat mereka berbicara, yuk simak lima tandanya sebagai berikut! Pahami penjelasannya sampai selesai, ya.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terkenal Jujur, Gak Bisa Bohong

1. Gaya berbicaranya terlalu tinggi

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohongilustrasi pasangan makan bersama (pexels.com/Mikhail Nilov)

Secara otomatis, insting kita pasti akan langsung mengatakan bahwa lawan bicara kita sedang berbohong atau mengada-ada saat gaya berbicaranya terlalu tinggi. Setiap perkataan yang dia utarakan terdengar tidak masuk akal di telinga.

Karena terkesan halu, kamu pun jadi sangat sulit mempercayainya. Sebagai orang yang baik, tidak ada salahnya apabila kamu mengingatkan padanya untuk berbicara apa adanya saja.

Atau jika ingin cara yang lebih halus, kamu bisa coba meminta bukti-bukti yang mendukung kebenaran dari perkataannya tersebut.

2. Gestur tubuhnya tampak sangat gelisah

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohongilustrasi pasangan jalan bersama (pexels.com/Budgeron Bach)

Tanda paling menonjol berikutnya yang mengindikasikan seseorang sedang berbohong adalah gestur tubuhnya terlihat sangat gelisah.

Tidak tampak adanya ketenangan sama sekali. Baik dilihat dari ekspresi wajah maupun intonasi kalimat yang dikeluarkan.

Apa lagi alasannya kalau dia memang tidak sedang berbicara jujur. Maka dari itu, kecemasan selalu menyelimuti dirinya saat berbicara.

Ada rasa takut kamu akan langsung menyadari kalau dia memang sedang berbohong.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Ingin terlihat sempurna di hadapanmu

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohongilustrasi makan bersama teman di kafe (pexels.com/Mikhail Nilov)

Orang yang sedang berbohong cenderung berhati-hati dalam bersikap. Jika kamu perhatikan dengan saksama, semuanya tampak sudah dipersiapkan dengan rapih.

Tidak tampak natural sama sekali. Alih-alih percaya, kamu justru akan merasa aneh dengan sikapnya, bukan?

Dalam berbicara, dia selalu menceritakan hal-hal baik tentang dirinya sendiri sampai tidak ada batasnya.

Padahal jika ingin dianggap hebat, kita tidak perlu sampai melakukan hal buruk seperti itu. Karena jika memang kita berkualitas, orang lain juga akan memuji dengan sendirinya.

4. Bersikap defensif saat kamu mencurigai kebohongannya

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohongilustrasi makan di restoran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat mengetahui ada yang tidak beres dengan apa yang dibicarakan lawan bicaramu, secara otomatis kamu akan berusaha memancing atau mendesaknya. Saat itu lah, coba perhatikan bagaimana reaksinya.

Bukannya meminta maaf, orang yang sedang berbohong biasanya akan lebih marah dan menantangmu. Dia tidak mau dianggap salah dan tidak mau kalah.

5. Cara berbicaranya tidak konsisten

5 Tanda Paling Menonjol yang Terlihat Saat Seseorang Sedang Berbohongilustrasi makan dengan rekan kerja (pexels.com/August de Richelieu)

Tidak konsisten atau plin plan dengan apa yang dia bicarakan juga bisa mengindikasikan seseorang sedang berbohong padamu. Awalnya dia berkata A, beberapa waktu kemudian berkata B.

Bisa jadi dia melakukan ini karena ingin berada di situasi yang aman saja. Perkataannya tak ada yang bisa dipegang. Wajar jika akhirnya banyak orang kesal dengannya.

Guys, berhati-hati lah saat kamu berhadapan dengan tipe orang yang seperti itu. Jika memungkinkan, segera jauhi dia. Tujuannya agar kamu tidak mengalami kerugian karena menjadi korban kebohongannya.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Bisa Jaga Rahasia, Dapat Dipercaya, lho!

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya