Comscore Tracker

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatas

Bergaya dengan hemat, guys

Buat kamu yang bekerja menggunakan seragam setiap hari, tentu tak pernah dipusingkan dengan urusan memilih outfit ke kantor atau untuk bekerja. Tetapi kalau kamu bekerja di kantor yang tidak mengharuskan berseragam, pastinya setiap hari perlu mempersiapkan pakaian untuk dikenakan saat bekerja.

Walau banyak orang yang merasa senang dengan kebebasan dalam berseragam, ada juga yang justru mengalami kesulitan dalam memadupadankan OOTD kantor setiap harinya. Apalagi jika anggaran keuangan kamu cukup terbatas.

Jangan khawatir, berikut cara mudah dan tips trik agar OOTD kamu gak mati gaya dengan biaya yang tidak besar.

1. Outfit dasar

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatasilustrasi rok (Pexels.com/ Polina Tankilevitch)

Ini bisa berupa bawahan atau atasan berwarna netral. Kamu bisa memadukannya dengan banyak pakaian dengan style dan warna yang beragam. Ini akan memberi kamu banyak alternatif tampilan  yang berbeda-beda setiap harinya sehingga tak membosankan. Kamu bisa mencoba-coba kombinasi pakaian  dan memeriksa kecocokannya.

Semakin sering kamu melakukan hal ini, maka kemampuan kamu dalam mix and match akan makin terasah.

2. Pilih kualitas dibandingkan tren

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatasilustrasi memilih pakaian (pexels,com/ Ron Lach)

Barang-barang berkualitas bagus  tidak mudah rusak walaupun sering dipergunakan. Jika anggaran kamu terbatas, utamakan  kekuatan  atau kualitas dibandingkan dengan tren. Karena tren yang cepat berubah akan membuat item milikmu yang sudah tidak up to date tidak mudah dikombinasikan dengan outfit kamu yang lain.

Item yang tergolong sering dipergunakan antara lain adalah sepatu, tas, ikat pinggang, dan lain-lain. Kamu bisa memilih model klasik yang timeless agar daya pakainya lebih lama.

3. Aksesori

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatasilustrasi jam tangan (Pexels.com/ Marta Branco)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Kamu bisa memanfaatkan aksesori yang tidak mahal namun cukup efektif untuk menambah nilai tambah outfit kamu. Misalnya saja sebuah bros cantik dapat membuat blazer kamu yang tadinya polos menjadi terlihat manis saat dikenakan.

Kamu juga bisa menambahkan scarf dengan motif yang serasi dengan kemeja atau blus kamu. Dengan sering mencoba, kamu akan  terbiasa memilih motif atau warna scarf yang sesuai dengan outfit kamu.

Untuk aksesori seperti perhiasan, pakai seperlunya saja dan sebaiknya kamu memakai jenis yang memiliki daya fungsi lebih dari sekadar aksesori, seperti jam tangan, yang selain dapat mempercantik juga dapat berfungsi sebagai penunjuk waktu

4. Cerdas memanfaatkan diskon

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatasilustrasi belanja diskon (Pexels.com/ Gustavo Fring)

Kamu bisa memperoleh barang berkualitas bagus dengan harga miring pada saat ada program diskon. Manfaatkan program diskon yang diadakan oleh brand ternama yang sudah terkenal akan kualitasnya sebagai produsen barang yang berkualitas super. Kamu memperoleh keuntungan mendapatkan barang bagus sekaligus melakukan penghematan.

Hindari barang obral yang disebabkan oleh adanya kerusakan, karena itu artinya nilai barang tersebut sudah turun dan bukan murah. Kamu hanya akan membuang-buang uang jika membeli barang yang sudah rusak karena tak akan dapat dipergunakan secara maksimal.

5. Manfaatkan pakaian lama

5 Tips Trik Agar OOTD Kantor Gak Mati Gaya dengan Anggaran Terbatasilustrasi lemari baju (Pexels.com/ Anastasia Shuraeva)

Kadang-kadang mode pakaian kembali ke mode di masa lalu. Kamu bisa memanfaatkan baju lama yang mungkin kamu miliki asalkan kondisinya masih bagus. Dengan sedikit sentuhan, maka pakaian kamu akan terlihat berbeda dan up to date. Kamu mesti pintar-pintar memperhatikan mode yang sedang in dan memaksimalkan aset yang kamu punya. Saatnya kamu memainkan kreativitas kamu dalam berpakaian. Kamu bisa juga mencari referensi dari majalah atau pun media sosial yang menampilkan artikel fashion terkini, khususnya fashion kantor.

Tak ada salahnya jika kamu melakukan permak terhadap pakaian lama kamu agar menjadi terlihat seperti pakaian kekinian.

Apa pun gaya berpakaian yang kamu pilih, tetaplah menjadi diri sendiri. Tak perlu memaksakan diri untuk selalu mengikuti mode yang sedang tren. Sesuaikan pakaian dengan kepribadian kamu dan pastikan kamu merasa nyaman saat mengenakannya.

Perhatikan bahan pakaian dan pilihlah yang menyerap keringat dan terasa lembut di kulit karena kamu memakainya berjam-jam selama bekerja. Hindari style yang menyulitkan kamu bergerak. Kenyamanan bahan dan model pakaian yang tak membatasi gerak akan banyak membantumu agar lebih produktif dalam bekerja.

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya