TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Resmikan Tol Solo-Jogja Sesi 1 Sejauh 22,3 KM

Ini 8 Manfaat Jalan Tol Solo-Jogja.

Tol Jogja-Solo. (Instagram @jasamargajogjasolo_official)

Intinya Sih...

  • Jalan tol Jogja-Solo tahap 1 akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, mempersingkat waktu tempuh Yogyakarta dengan kota sekitarnya.
  • Jalur bebas hambatan tersebut diharapkan bisa menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di jalur nasional.
  • Manfaat jalan tol Jogja-Solo antara lain meningkatkan konektivitas, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan memperlancar distribusi barang dan jasa di wilayah sekitar.

Boyolali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana akan meresmikan jalan tol Jogja-Solo tahap 1 segmen Kartasura- Klaten sepanjang 22,3 kilometer. Peresmian akan berlangsung di gerbang tol Banyudono, Boyolali, Kamis 18 September 2024.

Jalur bebas hambatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan konektivitas dan mempersingkat waktu tempuh Yogyakarta dengan kota kota sekitarnya, khususnya Surakarta, Klaten dan sekitarnya.

1. Solusi kemacetan tol Solo-Jogja

Tol Jogja-Solo. (Instagram @jasamargajogjasolo_official)

Jalan tol tersebut digadang-gadang menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di jalur nasional, seperti di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Dengan rute sejauh 22,3 kilometer, jalur tol ini memiliki waktu tempuh dari Klaten ke Gerbang Tol Colomadu bisa dipangkas menjadi hanya 25 menit.

"Tol ini akan mempercepat perjalanan antara Yogyakarta dan Klaten, mempermudah akses ke berbagai wilayah, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sepanjang koridor tol," ujar Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Ribuan Warga Berebut Gunungan Sekaten di Grebeg Maulud Keraton Solo

2. Pernah dioperasikan saat lebaran

Ilustrasi Jalan Tol (IDN Times/istimewa)

Sebelumnya, Jalan Tol Jogja-Solo juga berperan penting selama periode mudik dan balik Lebaran 2024.

Pada momen tersebut lebih dari 109.000 kendaraan memanfaatkan jalur fungsional tol. Dengan volume lalu lintas tertinggi mencapai 15.237 kendaraan dalam satu hari.

"Dengan terus melakukan sosialisasi berbagai manfaat dari proyek strategis seperti jalan tol Jogja-Solo, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan solusi inovatif bagi masyarakat sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia," jelas Rudy.

Diketahui proyek ini dimulai pada tahun 2018 dan usai peresmian segmen 1 Kartasura-Klaten, pembangunan segman 2 masih terus dikerjakan hingga selesai di Kulon Progo, Yogyakarta.

Berita Terkini Lainnya