10 Warganya Pulang Karantina Virus Corona, Ganjar: Jangan Dikucilkan!

Pemprov Jateng akan membantu proses pemulangan mereka

Semarang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menanggung kepulangan warga Jawa Tengah yang telah selesai dikarantina di Natuna terkait virus Corona (COVID-19). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan kepada para keluarga untuk tidak merisaukan apalagi mengucilkan, karena mereka telah dipastikan sehat.

Baca Juga: Ganjar Semprit Pemda Karanganyar Soal Pembukaan Lahan di Lereng Lawu

1. Akan dijemput 3 pesawat TNI AU

10 Warganya Pulang Karantina Virus Corona, Ganjar: Jangan Dikucilkan!WNI yang jalani observasi di Natuna. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Untuk diketahui, pada Sabtu (15/2), sebanyak 238 warga yang telah dikarantina di Natuna selama 14 hari akan dipulangkan. Mereka bakal dijemput dan diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pesawat TNI AU.

Rencananya jam 7.00 WIB pagi dari Jakarta menuju Natuna akan diberangkatkan tiga pesawat TNI AU, yang terdiri atas dua pesawat Boeing 737 dan satu hercules.

Selanjutnya dari bandara mereka dipersilakan pulang menuju rumah masing-masing.

2. Pemprov Jateng siapkan bantuan untuk warganya

10 Warganya Pulang Karantina Virus Corona, Ganjar: Jangan Dikucilkan!ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI

Data sementara yang diperoleh Ganjar, dari 238 orang terdapat 10 orang berasal dari Jawa Tengah. Untuk mereka warga Jawa Tengah, Ganjar mengatakan telah menyiapkan bantuan untuk mereka sampai di rumah masing-masing.

"Kita siapkan bantuan mereka sampai rumah masing masing. Nanti mendarat di Jakarta, penghubung (Badan Penghubung Pemprov Jateng) kami siap untuk membantu. Sementara itu, detailnya belum," kata Ganjar, saat menghadiri penganugrahan gelar Doktor Honoris Causa Puan Maharani di Undip Semarang, Jumat (14/2).

3. Ganjar berpesan agar tak mengucilkan mereka

10 Warganya Pulang Karantina Virus Corona, Ganjar: Jangan Dikucilkan!Dok. Humas Pemprov Jateng

Warga yang menjalani karantina di Natuna, lanjut Ganjar telah dipastikan kesehatannya. Ia berharap keluarga, kerabat maupun tetangga tidak perlu mengkhawatirkan apalagi sampai mengucilkan.

"Titip pesan saja, masyarakat menerima dengan baik agar tidak mengucilkan. Sudah dicek sudah sehat, tidak usah takut," katanya.

4. Jika tak enak badan bisa langsung ke dokter lagi

10 Warganya Pulang Karantina Virus Corona, Ganjar: Jangan Dikucilkan!ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI

Jika suatu waktu warga yang menjalani karantina itu merasa tidak enak badan, imbuh Ganjar, mereka dapat langsung konsultasi ke dokter atau melaporkan ke dinas kesehatan setempat.

"Kalau nanti pada keluarga dan bersangkutan kerasa tidak enak badan, periksa ke dokter kita dari Dinkes siap memantau," tandas Ganjar dalam keterangan resmi kepada IDN Times.

Baca Juga: 3 Orang di Jateng Diisolasi, Diduga Virus Corona, Ini Respon Ganjar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya