Mahfud MD Masuk Radar Nasdem jadi Cawapres Anies Baswedan: Saleh

Anis dan Mahfud sama-sama KAHMI

Semarang, IDN Times - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) melirik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD untuk diproyeksikan menjadi calon wakil presiden (cawapres), mendampingi Anies Baswedan. Nasdem menilai, Mahfud MD merupakan sosok yang berintegritas baik.

1. Mahfud MD kandidat cawapres untuk Anies

Mahfud MD Masuk Radar Nasdem jadi Cawapres Anies Baswedan: SalehKetua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 3 Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto (IDN Times/Dhana Kencana)

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 3 Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto mengatakan, nama Mahfud MD menjadi satu dari lima kandidat bakal cawapres untuk Anies Baswedan. 

"Saya kenal baik dengan Mahfud MD. Salah satu tokoh yang masuk radar kami (Nasdem). Punya pengalaman empirik, sejak zaman Gus Dur, dekat dengan kalangan kampus, religius karena NU (Nahdlatul Ulama), kredibel, ahli hukum dan tata negara. Mahfud MD punya integritas sangat baik. Dia soleh dan punya kapasitas luar biasa," katanya di Semarang, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga: Demokrat Gerakkan Massa Grassroot Biar Anies Baswedan Ngetop di Jateng

2. Mahfud MD dan Anis sesama KAHMI

Mahfud MD Masuk Radar Nasdem jadi Cawapres Anies Baswedan: SalehMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Untuk diketahui, nama Mahfud MD menguat menjadi bakal cawapres setelah ramai diperbincangkan di internal Partai Nasdem.

Selain faktor elektoral yang menaik saat ini, pertimbangan lain sosok Mahfud MD adalah kesamaan latar bekalang dengan Anies Baswedan. Yaitu, mereka sama-sama sebagai tokoh senior di Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

3. Mahfud MD belum mengerucut

Mahfud MD Masuk Radar Nasdem jadi Cawapres Anies Baswedan: SalehKetua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 3 Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto (kiri) saat di Semarang (IDN Times/Dhana Kencana)

Meski demikian, Sugeng enggan menyebutkan dari kelima nama kandidat cawapres untuk Anies telah mengerucut pada nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008–2013 itu.

Ia bersama dengan PKS dan Partai Demokrat di Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah mensyaratkan jika cawapres yang akan berpasangan dengan Anies harus mampu menyumbangkan 10–18 persen suara untuk kemenangan pasangan.

"Syarat lain cawapres adalah harus punya chemistry dengan capres (Anies), sehingga dwi tunggal. Kemudian menyumbangkan elektabilitas suara dan harmonis dalam menjaga keberimbangan politik ke depan, mempunyai hubungan baik dengan parlemen, tata pemerintahan, dan pemangku kepentingan negara, serta mampu bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan, saling menopang," imbuh Sugeng.

4. Koalisi roadshow tentukan cawapres

Mahfud MD Masuk Radar Nasdem jadi Cawapres Anies Baswedan: SalehDoc. Humas Prov Jatim

Selain Mahfud MD, kelima nama yang masuk daftar Koalisi Perubahan untuk Persatuan menjadi pasangan Anies Baswedan, antara lain Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Sandiaga Uno.

Adapun, Sugeng merinci, pihaknya akan menggelar roadshow untuk menanyakan kapasitas dan kemampuan dari para kandidat cawapres.

"Orang-orang (kandidat cawapres Anies) tersebut mau didiskusikan. Kami akan roadshow meminta pendapat para tokoh masyarakat, baik yang formal maupun nonformal, akademisi, pengusaha, mahasiswa, kalangan Muhammadiyah dan NU. Kami ingin melibatkan masyarakat untuk penjaringan cawapres (Anies)," pungkas Sugeng.

Baca Juga: Elite Demokrat Sebut Moeldoko Berusaha Jegal Pencapresan Anies Baswedan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya