Jurnalis IDN Times Juara PLN Journalist Award 2023, Selamat!

Angkat elektrifikasi pertanian di lereng Gunung Merbabu

Intinya Sih...

  • Dhana Kencana juara ketiga PLN Journalist Award 2023 untuk foto cerita
  • Karyanya tentang elektrifikasi pertanian kebun strawberry di lereng Gunung Merbabu, Magelang
  • Elektrifikasi membantu petani berdikari dengan sistem pengairan hemat biaya operasional

Semarang, IDN Times - Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana menjuarai ajang PLN Journalist Award 2023. Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Darmawan Prasodjo saat malam penghargaan PLN Journalist Awards 2023 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

1. Hemat biaya operasional berkat elektrifikasi

Jurnalis IDN Times Juara PLN Journalist Award 2023, Selamat!Karsih, istri Winarno menunjukkan hasil panen buah strawberry dari kebun strawberry VIA yang berada di dataran tinggi lereng Gunung Merbabu di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Dhana Kencana meraih juara ketiga ajang PLN Journalist Award 2023 untuk kategori foto cerita. Juri yang terdiri dari tiga orang, Arbain Rambey, Oscar Motuloh, dan Adek Berry memilih karyanya yang mengangkat tentang elektrifikasi untuk pertanian kebun strawberry di lereng Gunung Merbabu Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Elektrifikasi untuk pertanian ini membantu para petani berdikari. Mereka menggunakannya untuk sistem pengairan kebun strawberry. Biaya operasionalnya lebih hemat dibandingkan menggunakan mesin pompa diesel,” katanya Kamis (21/3/2024).

2. Total masuk 1.120 karya

Jurnalis IDN Times Juara PLN Journalist Award 2023, Selamat!Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana (kedua kanan) berfoto bersama usai menerima penghargaan yang diberikan Dirut PLN, Darmawan Prasodjo di Jakarta, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Umi Kalsum)

PLN Journalist Awards tahun 2023 mengangkat tema Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan dan Tingkatkan Kesejahteraan. Gelaran tersebut merupakan yang keempat sejak tahun 2020.

Terdapat enam kategori yang dilombakan di ajang tersebut yang mana masing-masing terdiri dari pemenang 1, 2, dan 3. Mulai dari karya tulis hardnews, karya tulis features, hardnews audio visual, features audio visual, foto tunggal, dan foto cerita.

Total yang masuk pada tahun ini di enam kategori tersebut mencapai 1.120 karya dari seluruh jurnalis di Indonesia.

PLN ikut memberikan penghargaan kepada sejumlah pemimpin redaksi media. Salah satunya untuk Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis.

3. Memacu jurnalis membuat karya berkualitas

Jurnalis IDN Times Juara PLN Journalist Award 2023, Selamat!Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memimpin apel siaga kelistrikan Pemilu 2024, Senin (12/2/2024). Foto PLN

Darmawan Prasodjo dalam sambutannya mengatakan, media massa berperan penting dalam menyiarkan pemberitaan PLN, kaitannya dalam upaya mendukung pengembangan transisi energi di Indonesia.

"Seperti rencana pembangunan 47.000 kilometer (km) transmisi hingga tahun 2040 akan menarik jika disertai cerita tentang perjuangan dalam pembangunannya.

"Program (PLN Journalist Award) seperti ini akan bisa memacu teman–teman jurnalis untuk berkarya lebih baik lagi, membuat karya jurnalistik yang lebih berkualitas lagi. Jadi, terima kasih kepada PLN," katanya.

Baca Juga: Founder IDN Media Hadiri Jumenengan Pura Mangkunegaran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya