Gus Miftah Ajak Gibran Mondok di Ponpes Jateng dan Jatim Kumpul Kiai

Menjadi program serap aspirasi

Surakarta, IDN Times - Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Gus Miftah menemui calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Rabu (29/11/2023). Pertemuan tersebut membahas soal program kunjungan ke kiai kampung dan rencana mengajak Gibran bermalam di pondok pesantren.

1. Hanya sekedar mampir

Gus Miftah Ajak Gibran Mondok di Ponpes Jateng dan Jatim Kumpul KiaiGus Miftah temui Gibran Rakabuming di Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai kunjungan, Gus Miftah menjelaskan ikhwal kedatangannya ke Kota Solo hanya sekedar mampir lantaran sebelumnya Gus Miftah melaksanakan agenda di Boyolali, Jawa Tengah.

"Saya semalem ada kegiatan di Boyolali. Jadi salah satu tugas saya itukan komunikasi dengan Para masyaikh, para kiai, termasuk saya punya gerakan kiai kampung. Jadi setiap zona saya kumpulkan 1.000 kiai untuk silaturahim. Ini jauh hari sebelum ajakan Pilpres itu. Artinya memang kegiatan saya itu," ujarnya.

Baca Juga: Hari Pertama Kampanye, Gibran Pilih Masuk Kantor

2. Ajak Gibran nginap di pondok-pondok

Gus Miftah Ajak Gibran Mondok di Ponpes Jateng dan Jatim Kumpul KiaiGus Miftah temui Gibran Rakabuming di Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ia juga mengungkapkan pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran mempunyai perhatian terhadap kiai, terutama kepada kiai kampung. Hal itu yang membuat programnya selaras dengan pasangan nomor urut 2 itu.

"Hla kebetulan bisa kita komunikasikan dengan mas gibran. Karena salah satu program Mas Prabowo dan Mas Gibran ini kan lebih memberikan perhatian lebih kepada para kiai-kiai termasuk para kiai kampung yang selama ini jarang tersentuh," jelasnya.

Gus Miftah juga mengajak Gibran bertemu secara langsung dengan para kiai dan bermalam bersama di pondok pesantren.

"Iya. Termasuk kita punya program untuk beliau itu sambang santren serap aspirasi santri. Kita ingin beliau minimal merasakan untuk menyerap aspirasi pesantren itu mondok semalam saya temenin mondok dimana bagaimana sih pesantren aspirasi apa yang dikehendaki hla pesantren di era modern seperti apa sih hla itu kan harus merasakan," kata Gus Miftah.

3. Ponpes di Jateng dan Jatim jadi sasaran

Gus Miftah Ajak Gibran Mondok di Ponpes Jateng dan Jatim Kumpul KiaiGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Pihaknya menyebut dirinya dan cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berencana menyambangi pondok pesantren di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Jawa Tengah dan Jawa Timur kita pilih karena dua daerah tersebut paling banyak pondok pesantrennya," ungkap Gus Miftah.

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka irit bicara saat ditanya soal kedatangan Gus Miftah. Ia mengaku jika kedatangan ustaz kondang tersebut hanya hanya silaturahmi.

"Cuma silaturahmi saja," jawab Gibran.

Baca Juga: Kepala Dusun Sragen Deklarasi Prabowo-Gibran, Sekda Jateng: Sanksinya Pecat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya