Comscore Tracker

Menanti Penerus Raja Mangkunegara IX, Muncul Sosok Calon Raja Baru

Selain Paundra dan Bhre Cakrahutomo ada nama Roy

Surakarta, IDN Times - Publik Kota Solo menanti-nanti, siapa sosok yang akan menggantikan kepemimpinan di Pura Mengkunegaran setelah wafatnya KGPAA Mangkunegara IX. Jika dilihat dari silsilah pergantian Raja Mangkunegara, mulai Mangkunegara II hingga Mamgkunegara IX selalu berubah sesuai dengan situasi.

Baca Juga: 9 Potret Prosesi Pemakaman Raja Mangkunegara IX

1. Suksesi Pura Mangkunegaran

Menanti Penerus Raja Mangkunegara IX, Muncul Sosok Calon Raja BaruPuro Mangkunegaran Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pegiat sejarah dan budaya Soloraya, Surojo mengatakan suksesi Mangkunegaran tidak selalu dipegang atau turun kepada anaknya. Artinya, beberapa keluarga keturuanan Mangkunegara memiliki kesempatan untuk menjadi Raja.

"Dalam suksesi Mangkunegaran tidak mutlak harus putra mahkota dari Mangkunegara sebelumnya," terang dia saat ditemui, Selasa (21/9/2021).

2. Pola penerus tahta situasional

Menanti Penerus Raja Mangkunegara IX, Muncul Sosok Calon Raja BaruPelayat Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Surojo mengatakan jika Mangkunegara merupakan sebuah kerajaan yang demomratis. Hal ini dilihat dari pola suksesi yang terjadi sejak Mangkunegara II hingga Mangmunegara IX. Pemilihan Raja selalu menerapakan pola situasional, sehingga tidak bisa ditebak siapa penerus Raja berikutnya.

"Diawali dari Raja Mangkunegara kedua, itu merupakan cucu Raja Mangkunegara pertama, jadi bukan anaknya langsung. Kemudian Raja Mangkunegara III dan Raja Mangkunegara IV sama-sama cucu dari Raja Mangkunegara II," ungkapnya.

Perubahan pola terjadi di suksesi Raja Mangkunegara V, yang dijabat oleh anak dari Raja Mangkunegara IV.

"Kemudian Raja Mangkunegara VI, yang menjabat adalah adik dari Raja Mangkunegara V, di sini beda lagi polanya. Dan Raja Mangkunegara VII dan Raja Mangkunegara VIII sama-sama anak dari Raja Mangkunegara V. Dan baru Raja Mangkunegara kesembilan merupakan putra dari Raja Mangkunegara kedelapan," jelasnya.

3. Muncul sosok baru

Menanti Penerus Raja Mangkunegara IX, Muncul Sosok Calon Raja BaruPelepasan jenazah KGPAA Mangkunegara IX di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Selain dua nama anak Mangkunegara IX yakni, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara, putra sulung KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri. Dan adiknya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, putra bungsu hasil pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Muncul sosok baru yang juga berpotensi menjadi calon Mangkunegara X, yakni KRMH Roy Rahajasa Yamin.

KRMH Roy Rahajasa Yamin merupakan cucu dari Mohammad Yamin dan cucu KGPAA Mangkunegaran VIII.

Beliau putra dari pasangan Dang Rahadian Sinayangish Yamin dan GRA Retno Satuti yang merupakan putri tertua KGPAA Mangkunegaran VIII.

Pemerhati sejarah Pura Mangkunegara yang dikenal Wahyu Solo, mengatakan mereka semua benar-benar darah dari putra mahkuta Mangkunegaran. Ia juga mengungkapkan jika penerus akan dipilih sesuai dengan sesuai dengan kebutuhan jaman, bukan kebutuhan kelompok.

"Ada beberapa kandidat sebagai penerus tahta Pura Mangkunegara. Mereka adalah Mas Paundra, Gusti Bhre, dan KRMH Roy," ujarnya.

Baca Juga: Viral, Kisah 5 Makam Keturunan Raja Mangkunegara di Dalam Rumah Warga

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya