TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan Corona

Padahal kasus virus corona (COVID-19) di Jateng tinggi

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Semarang, IDN Times - Pada Senin (17/8/2020) seluruh warga Indonesia memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaannya kali ini ditengah pandemik virus corona (COVID-19) yang masih melanda Tanah Air.

Beberapa momen perayaan digelar warga juga pejabat. Hanya saja banyak yang tak mengindahkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya mencegah atau memutus mata rantai virus corona. Berikut 10 potret perayaan HUT ke-75 RI di Jawa Tengah yang diadakan tetapi tak mematuhi protokol kesehatan. Jangan ditiru!

1. Acara apel kebangsaan di Temanggung, Jawa Tengah

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sejumlah penggemar sepeda onthel mengikuti apel kebangsaan memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di taman Pancasila Kota Temanggung, Jawa Tengah, pada Minggu (16/8/2020). Dalam apel tersebut mereka tampak tak kompak mengenakan masker dan mengabaikan physical distancing atau menjaga jarak.

Malahan puluhan penggemar sepeda Onthel yang tergabung dalam MAOSS (Maniak Sepeda Onthel Sindoro-Sumbing) tersebut melakukan aksi bersepeda keliling kota Temanggung dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

2. Upacara bendera pedagang dan pembeli di pasar tradisional Klaten

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pedagang dan pembeli mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pasar Nglondo, Tibayan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Beberapa dari mereka sudah mengenakan masker, tetapi belum menjaga jarak antarsesama. Apalagi di lingkungan pasar tradisional yang notabene banyak bermunculan klaster-klaster baru COVID-19.

3. Upacara bendera warga di Temanggung

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Lagi-lagi di Temanggung, Jawa Tengah. Sejumlah warga mengikuti upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia di Curug Tarung kawasan lereng gunung Prahu Dusun Gunung Wuluh, Canggal, Candiroto, Selasa (18/8/2020). Upacara yang dilaksanakan di lokasi jalur perjuangan Pangeran Diponegoro tersebut tampak diikuti beberapa anak yang tak memakai masker dan berdekatan, menghiraukan untuk menjaga jarak.

Baca Juga: Sehari Pasien Positif Virus Corona di Jawa Tengah Tambah 232 Orang

4. Upacara bendera warga dan anak-anak di Pati

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Sejumlah warga Pati, Jawa Tengah juga menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pegunungan Kendeng, Kedumulyo, Senin (17/8/2020). Anak-anak yang mengikuti acara itu juga tak padu memakai masker seperti halnya orang dewasa lainnya. 

5. Upacara bendera di lingkungan pasar tradisional di Klaten

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Upacara ini diikuti para pedagang dan pembeli di Pasar Nglondo, Tibayan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Tampak mereka berkerumun dan tak menerapkan physical distancing di lingkungan pasar tradisional ketika mengikuti kegiatan.

6. Kirab Merah Putih di Kota Tegal

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sejumlah pelajar membawa bendera merah putih saat Kirab Merah Putih di Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020) malam. Kirab itu mengundang kerumunan warga dan tampak peserta kirab juga tak mengindahkan memakai masker dengan baik dan benar

7. Aksi bersih-bersih monumen pahlawan di Temanggung

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Beberapa warga yang membersihkan monumen pahlawan kemerdekaan Bambang Soegeng di Gumuk Godheg, Madureso, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (16/8/2020) juga terlihat tak memakai masker. Ironisnya kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat di kabupaten tersebut.

8. Lomba balap karung di Surakarta (Kota Solo)

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kali ini Tim Search and Rescue (SAR) Kota Surakarta menggelar lomba balap karung di Sungai Kali Anyar, Solo, Jawa Tengah, Selasa (18/8/2020). Hanya saja mereka para peserta lomba mengabaikan protokol kesehatan virus corona (COVID-19) dengan tak memakai masker.

9. Peresmian uang baru Rp75 ribu oleh Wali Kota Tegal

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menunjukkan uang baru pecahan Rp75.000 saat Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Pendapa Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Saat pengambilan foto terlihat Dedy tak memakai masker sesuai protokol kesehatan virus corona (COVID-19). Padahal beberapa tamu yang ada di belakangnya mengenakan masker.

Baca Juga: Ingat! Pasien Positif Virus Corona di Jateng Sudah Tembus 11.793 Orang

Berita Terkini Lainnya