TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dikunjungi Presiden Jokowi, Candi Borobudur Tetap Buka untuk Umum

Diawali dengan bersepeda pagi bersama Ibu Negara

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Magelang, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan dengan bersepeda bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Jumat (30/8) pagi, di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mereka bersepeda dari Hotel Manohara hingga pintu Kenari, yang jaraknya sekitar 1,7 kilometer.

Baca Juga: Konser Westlife di Borobudur, Penonton Harus Beli Tiket Masuk Candi

1. Outfitnya serasi

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sejumlah menteri dan pejabat terkait ikut dalam kegiatan bersepeda pagi itu. Di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Jokowi mengenakan jaket warna merah dipadu dengan celana hitam. Sedangkan Ibu Negara mengenakan jaket bermotif bergaris, dengan warna merah tua dengan celana panjang putih.

2. Menaiki candi dengan berjalan kaki

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sesampainya di pintu masuk Kenari, Jokowi dan rombongan memarkir sepeda, kemudian naik ke halaman candi sisi barat dengan berjalan kaki.

Jokowi kemudian naik Candi Borobudur, dari tangga sisi utara dan turun dari sisi barat. Saat Presiden dan rombongan menaiki candi, kawasan tersebut juga terbuka untuk wisatawan umum.

Dari Kenari, Presiden beserta rombongan langsung naik mobil menuju Hotel Plataran.

3. Borobudur masuk dalam kokus penataan destinasi wisata prioritas

borobudurpark.com

Di sela-sela mengunjungi candi, Jokowi menyatakan menginginkan penataan empat destinasi wisata prioritas yang mencakup Labuan Bajo, Toba, Mandalika, dan Borobudur, agar tuntas akhir tahun 2020.

"Semua nanti diselesaikan, empat destinasi itu kita harapkan selesai di akhir 2020. Kalau di sini (Candi Borobudur), kalau airport Yogyakarta itu Maret sudah selesai di sini juga selesai, baru jalan promosinya," kata Jokowi sebagaimana dikutip IDN Times dari kantor berita Antara, Jumat (30/8).

4. Sebelumnya sudah melihat tempat lain

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Presiden menuturkan bahwa sebelum mengunjungi Borobudur dia telah melihat kondisi Labuan Bajo, Toba, dan Mandalika.

"Ini yang terakhir. Kita ingin memastikan yang berkaitan dengan Borobudur, karena nanti akan di-link-kan dengan selesainya Bandara Baru Yogyakarta. Begitu bandara selesai, ada slot besar pesawat bisa masuk," imbuh Jokowi.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Candi Borobudur, Beberapa Arca Asli berada di Thailand 

Berita Terkini Lainnya