TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kader Gerindra Jateng Mulai Gencarkan Prabowo Subianto Capres 2024

Pengin usung kader sendiri di Pilkada biar gak kecolongan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Semarang, IDN Times - Partai Gerindra Jateng memastikan untuk mengusung kader dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Selain itu, Gerindra juga memprioritaskan untuk mencalonkan kader internal dalam pemilihan wali kota dan bupati di tahun yang sama tesebut.

Baca Juga: Dua Kali Diterpa Isu Korupsi, Gibran Pede Elektabilitas Tetap Tinggi

1. Gerindra susun strategi untuk kader internal

Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid (kelima kanan) saat di acara HUT ke-14 Partai Gerindra di kantor DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang (Dok. Gerindra Jateng)

Gerindra tengah memetakan siapa saja tokoh internalnya yang akan diusung. Selain itu juga merancang strategi agar mereka bisa melenggang sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kader Gerindra harus bisa jadi kepala daerah. Sudah banyak pilkada dan Gerindra mengusung (calon bukan kader). Setelah mereka berhasil, mereka tinggalkan partai Gerindra," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid dilansir keterangan resmi saat memberikan arahan dalam acara HUT ke-14 Partai Gerindra di kantor DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang, Minggu (6/2/2022).

2. Pileg 2024 menjadi kunci Gerindra

Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Jawa Tengah juga menjadi langkah kunci Gerindra menuju dua strategi tersebut.

Wachid menyebut, jumlah suara di pileg atau jumlah kursi di DPRD menjadi kunci Gerindra bisa mengusung kadernya sendiri atau harus berkoalisi di Pilkada yang digelar mulai November 2024. Sebab, ketentuan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Wali Kota).

Baca Juga: Akui Jawa Tengah Kandang Banteng, Gerindra Gak Mau Jauh Sama PDIP

Berita Terkini Lainnya