TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Aman Dipakai, RS Tugurejo Semarang Pastikan Tak Ada Vaksin Kedaluarsa

RS Tugurejo jamin tidak ada vaksin Sinovac kedaluwarsa

ilustrasi vaksin (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Semarang, IDN Times - Pemberian vaksinasi COVID-19 yang disebut telah kedaluwarsa mendapat reaksi beragam dari tim vaksinasi yang ada di daerah. Di Kota Semarang, pihak vaksinator dari RSUD Tugurejo memastikan vaksin Sinovac yang tersedia saat ini masih tergolong layak dipakai. 

Baca Juga: 50 Nakes dan ASN Jateng Batuk dan Mual-mual Setelah Vaksinasi COVID-19

1. Ketua Vaksinasi RSUD Tugurejo jamin tak ada vaksin kedaluwarsa

Dok. Humas Pemprov Jateng

Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 di RSUD Tugurejo dr.PI Nugroho Sp.P mengungkapkan di rumah sakitnya saat ini jumlah vaksin masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Semarang. 

"Saya jamin tidak ada yang kedaluwarsa. Stok vaksinnya akan kita habiskan akhir Maret ini. Dan itu pasti habis karena sasarannya sangat banyak. Terutama untuk para ASN dan lansia," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Rabu (17/3/2021). 

2. Sudah ada 6.362 orang yang divaksin oleh petugas RS Tugurejo

Ilustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan informasi dari RSUD Tugurejo, total yang sudah vaksin untuk tahap 1 dan tahap  2 (periode 1) adalah 6.362 orang. Sampai saat ini prosesnya masih berlangsung.

3. Masih ada sisa vaksin ratusan vial. Nantinya akan dihabiskan sampai akhir Maret

Ilustrasi/Vaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Dengan pelaksanaan yang dikerjakan selama ini, maka jumlah vial singledose terpakai ada sekitar 592 vial. Untuk barang yang rusak ada empat.

Untuk sisa stok vaksin multidose ada sebanyak 97 vial sedangkan sisa stok vaksin singledose ada 198 vial. "Tentu saja kalau ada sisa stoknya nanti akan dikembalikan ke Dinkes untuk memenuhi kebutuhan di tempat lainnya," paparnya. 

Lebih jauh, ia mengaku stok vaksin di rumah sakitnya masih bisa dipakai sampai akhir Maret. Sisa vaksin yang tersedia sekarang, akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi selama dua hari dengan jumlah sasaran 300-400 orang," imbuhnya.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Vaksin Sinovac Belum Kedaluwarsa

Berita Terkini Lainnya