TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Semarang Wajibkan Penumpang Dari 3 Negara Ini Bawa Surat Sehat

Jika ditemukan suspect akan dideportasi

Ratusan penumpang rute domestik mengantre saat menjalani pemeriksaa thermal guns. IDN Times/Fariz Fardianto

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mewajibkan para penumpang dari tiga negara yang masuk ke Semarang untuk membawa surat keterangan kesehatan dari negara asalnya.

Aturan yang baru dibuat bulan ini untuk menindaklanjuti upaya pencegahan wabah virus Corona atau Covid-19.

 

Baca Juga: Terdampak Virus Corona, Bandara Ahmad Yani Semarang Rugi Rp9 Miliar

1. Kedatangan penumpang pesawat dari Italia, Korsel dan Iran dibatasi

Health.harvard.edu

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengaku ketiga negara yang terkena aturan tersebut yakni dari Italia, Korea Selatan dan Iran.

"Untuk mengatasi maraknya virus Corona, di bandara kita ada aturan khusus bagi para penumpang international. Ada tiga negara yang kita batasi. Kita deportasi jika ada penumpang dari Iran, Korsel dan Italia yang terkena Corona," ujar Hardi, Kamis (12/3).

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan tim Bea Cukai dan Imigrasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap para penumpang rute internasional. 

2. Penumpang asing wajib bawa surat kesehatan

IDN Times/Fariz Fardianto

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa penumpang pesawat dari tiga negara itu wajib mengantongi surat keterangan kesehatan bila ingin masuk ke Semarang. Surat kesehatan, katanya bisa didapatkan dari masing-masing kantor kesehatan negara asalnya. 

"Wisatawan asing maupun penumpang dari Iran, Italia dan Korsel harus punya surat kesehatan dari negara setempat. Itu jadi dasar kita bisa menerima kedatangan mereka," bebernya. 

Baca Juga: Virus Corona, Pengunjung Klenteng Sam Poo Kong Semarang Turun Drastis

Berita Terkini Lainnya