TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Idul Adha, Pengelola Masjid di Semarang Potong Sapi Kurban di RPH

RPH sudah antisipasi kerumunan

Ilustrasi sapi kurban. IDN Times/Candra Irawan

Semarang, IDN Times - Dua hari mendekati perayaan Idul Adha, sejumlah pengelola masjid di Kota Semarang memilih menyembelih sapi kurban di lokasi RPH Penggaron. Kepala Unit RPH dan BHP Kota Semarang, Ika Nurawati, mengungkapkan saat ini sudah ada 28 masjid yang meminta bantuan menyembelihkan sapi kurban di RPH.

"Untuk persiapan Idul Adha, kita sudah buka pendaftaran tiga minggu. Sampai hari ini, sudah ada 28 masjid yang minta pemotongan sapi kurban di RPH. Lalu ada juga 15 instansi swasta dan pemerintahan, dan sisanya sekitar 20 lebih dari pihak perorangan," kata Ika, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Ganjar Imbau Warga Jateng Potong Hewan Kurban Iduladha di RPH

1. RPH Penggaron kerahkan delapan tim penyembelihan hewan kurban

IDN Times/Tunggul Kumoro

Menurutnya untuk kesiapan petugasnya, pihaknya akan menerjunkan delapan tim. Masing-masing terdiri dari juru sembelih halal, tukang jagal, tukang kelet, dan beberapa dokter hewan. 

Ia menekankan petugas jagal sudah diperintahkan untuk memotong hewan secara cepat agar tidak menimbulkan kerumunan orang. 

"Dan sekarang banyak masyarakat yang mendaftar penyembelihan sapi kurban. Makanya, untuk mencegah penularan virus Corona, kita juga sediakan tambahan tempat cuci tangan serta halaman pemotongan hewan dikondisikan agar tidak ada yang berkerumun," paparnya. 

2. Permintaan masyarakat naik setelah ada imbauan dari Ganjar dan Kementan

Dok. Humas Pemprov Jateng

Sampai saat ini, katanya permintaan masyarakat untuk memotong sapi kurban naik dua kali lipat ketimbang tahun lalu. 

Peningkatan karena ada imbauan dari Gubernur Jawa Tengah sekaligus surat edaran dari Kementan yang ditujukan bagi setiap daerah.

Baca Juga: Iduladha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di Solo

Berita Terkini Lainnya