Comscore Tracker

Idul Adha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di Solo

Berat 2 sapi asal Sukoharjo dan Sragen mencapai 2 ton

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kembali berkurban 2 ekor sapi tahun ini. Dua ekor sapi tersebut nantinya akan diserahkan ke Masjid Agung Keraton Solo dan Masjid Al Wustho, Pura Mangkunegaran.

1. Sapi kurban Jokowi berjenis limousin

Idul Adha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di SoloIDN Times/Larasati Rey

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Surakarta (Solo), Bambang Harjanto mengatakan jika serah terima sapi Presiden dilakukan pada Kamis (27/3/2020). Menurut Bambang, dua sapi Jokowi tersebut berjenis limousin dengan berat masing-masing 1.030 kilogram dan 930 kilogram.

"Penandatanganan berita serah terima dari Presiden dilakukan Kamis pagi. Presiden mewakilkan Adun Rusnawan dari Sekretariat Presiden," jelasnya.

Baca Juga: Tagih Janji Ganjar, Wali Kota Solo Curhat Insentif dan Alkes ke Jokowi

2. Sapi limousin Jokowi berasal dari Sukoharjo dan Sragen

Idul Adha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di SoloIDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan jika dua ekor sapi milik Presiden tersebut berasal dari daerah Polokarto, Sukoharjo dan Sragen. Asal sapi tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya Jokowi memilih sapi asal Boyolali berjenis simental dengan berat 1,5 ton untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Untuk sapi pertama berasal dari Desa Glondongan RT001/RW002 Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, sapi yang berumur 4 tahun 3 bulan seberat 1.030 kilogram nantinya disumbangkan ke Masjid Agung Keraton Solo.

Sedangkan, sapi untuk Masjid Al Wustho berumur diatas 3 tahun, seberat 930 kilogram dari Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

3. Diserahkan setalah salat Idul Adha

Idul Adha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di SoloIDN Times/Larasati Rey

Bambang menambahkan dua ekor sapi milik Jokowi nantinya akan diserahkan ke masjid pada satu hari menjelang hari raya Idul Adha atau pada Kamis (30/72020). Penyerahan sapi sendiri akan digelar secara resmi dari Pemerintah Kota Solo.

"Penyerahan resmi dari Pemkot (Solo) kepada masjid masih diagendakan setelah salat Idul Adha. Lokasi penyembelihan masih dirapatkan, apakah akan disembelih di masjid atau di penjagalan," pungkasnya.

Presiden Jokowi sendiri secara rutin menyerahkan dua ekor sapi ke Masjid Agung Keraton Solo dan Masjid Al Wustho Pura Mangkunegaran setiap menjelang Idul Adha. Sapi yang diberikan kebanyaknya berjenis simental atau limousin dengan berat rata-rata 1 ton.

Baca Juga: Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya