TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lonjakan COVID-19 di Jateng, 62 Persen Ruang ICU di Rumah Sakit Terisi

Dinkes klaim jumlah tes COVID-19 melebihi standar WHO

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Semarang, IDN Times - Peningkatan kasus penularan virus Corona di Jawa Tengah menyebabkan tingkat keterisian ruang ICU khusus pasien COVID-19 sudah mencapai 62 persen. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengungkapkan untuk saat ini sudah ada 62,9 persen atau sebanyak 253 ruang ICU yang telah dipakai untuk perawatan pasien COVID-19.

"Yang kita laporkan kepada pak gubernur bahwa untuk keterisian tempat tidur dan isolasi sudah diatas 60 persen. Atau dari total 402 ICU, yang sudah diisi pasien COVID-19 ada 253 ruangan," kata Yulianto dari rekaman resmi yang didapat IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Gawat! Ruang Isolasi di RSUD Semarang Sudah Penuh, Kasus Corona Naik

1. Ruang isolasi COVID-19 kini terisi 75,9 persen

Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ia menjelaskan untuk ketersediaan ruang isolasi pasien COVID-19, yang saat ini sudah dipakai ada 3.889 ruangan atau prosentasenya 75,9 persen.

Lebih lanjut, pihaknya mengklaim kini pihak rumah sakit telah berupaya menambah jumlah tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19. Di minggu ini saja, kata Yulianto ada penambahan 508 tempat tidur.

Sedangkan untuk tempat tidur di ruang isolasi COVID-19 juga ditambah 68 unit. "Kita tambah terus setiap hari. Sebenarnya kita masih aman, tapi kita secepatnya melakukan antisipasi lonjakan kasus lagi," bebernya.

2. Dinkes sebut semua hotel milik pemerintah sudah dipakai sebagai tempat isolasi

Sebuah hotel tutup sementara akibat wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Lebih jauh, pihaknya menyatakan semua hotel milik pemerintah dan tempat-tempat balai diklat sekarang sudah difungsikan sebagai lokasi karantina para pasien COVID-19. Termasuk memanfaatkan hotel milik Pemprov, dua balai Diklat di Ungaran dan Wonosobo sebagai tempat isolasi pasien COVID-19.

Baca Juga: Pilkada 2020, KPU Jateng Wajibkan Setiap Paslon Jalani Tes Swab

Berita Terkini Lainnya