TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ribuan TKI Dari 10 Negara Mudik ke Jateng, Dijemput Petugas Kesehatan

Para TKI juga diperiksa ketat

Para TKI Ilegal yang diamankan TNI AL di Asahan (Istimewa)

Semarang, IDN Times - Selama awal bulan Mei 2020, ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) dipulangkan dari berbagai negara. Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang mencatat per 8 Mei kemarin, sudah ada 1.257 TKI yang dipulangkan via jalur laut dan melalui bandar udara. 

Baca Juga: Ini Strategi Kemlu Cegah COVID-19 Masuk ke RI Melalui Pemulangan TKI

1. Para TKI dipulangkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Semarang dan Yogyakarta

Ilustrasi Secure Bag di Bandara Soekarno-Hatta (Dok. Istimewa)

Kepala BP3TKI Semarang, Abe Rachman menuturkan proses pemulangan para pejuang devisa itu dilakukan dari tiga daerah sekaligus. Yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Semarang dan Yogyakarta. 

"Pemulangan TKI per sudah ada 1.257 orang. Mereka ada yang dari Amerika Serikat, Italia, Maladewa, Timor Leste, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Spanyol dan Korea Selatan," kata Abe kepada IDN Times, Kamis (14/5).

2. TKI yang dipulangkan via pesawat mayoritas tujuannya ke Jateng

Ratusan penumpang rute domestik mengantre saat menjalani pemeriksaa thermal guns. IDN Times/Fariz Fardianto

Tahap pemulangan TKI dari jalur laut, tambahnya dikerjakan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Saat ini mayoritas TKI yang sudah balik berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Yang naik kapal biasanya berasal dari daerah-daerah di Jatim. Kalau yang naik pesawat mayoritas dari kabupaten/kota di Jateng," paparnya. 

Data manifes para TKI yang pulang tiap pekan selalu dilaporkan kepada Satgas Pencegahan COVID-19. "Data lengkapnya dikumpulkan ke Satgas Covid. Lalu dikoordinir sama KKP untuk dilakukan pemeriksaan ketat di pelabuhan dan Bandara Ahmad Yani juga," jelasnya. 

Baca Juga: 18.000 TKI Dari Malaysia, Filipina Dipulangkan Lewat Bandara Semarang

Berita Terkini Lainnya